SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI-HOTLINE BANSOS COVID-19-WA : 0812 2683 9099-Email: dissosdiy.bansoscovid19@jogjaprov.go.id

SESAGEM DAN NYADRAN

(Last Updated On: 28 Maret 2021)

Menjelang lanjut usia (lansia), manusia mengalami penurunan kondisi fisik dan psikologis secara bertahap. Penurunan kondisi tersebut dapat menimbulkan stres pada sebagian lansia. Masalah psikososial pada lansia dapat berupa stres, ansietas (kecemasan) dan depresi. Masalah tersebut bersumber dari beberapa aspek, diantaranya perubahan aspek fisik, psikologis dan sosial. Gejala yang terlihat pada lansia yang mengalaminya dapat berupa emosi labil, mudah tersinggung, mudah merasa dilecehkan, kecewa, tidak bahagia, perasaan kehilangan, dan perasaan tidak berguna (Hurlock, 2004).

BRTPD melalui seksi Rehabilitasi Medik mempunyai program berupa Sesagem, program ini ditujukan kepada PPKS Werdha. Sesagem merupakan solusi dari kami untuk mencegah stres pada lansia. Sesuai dengan namanya, Sesagem yang merupakan akronim dari Selasa Sabtu Gembira ini dilaksanakan seminggu dua kali di hari Selasa dan Sabtu. Perawat dan pramu rukti selalu setia mendampingi PPKS Werdha dalam kegiatan yang dipimpin oleh Bapak Ari Winarto sebagai instruktur. Kegiatan ini dilaksanakan sebelum dimulainya makan siang, yakni jam 11.00 – 12.00. Bersama perawat dan pramu rukti, PPKS Werdha sangat semangat dan gembira dalam kegiatan yang diisi dengan berdendang bersama ini.

Klik untuk baca selengkapnya

Sumber: brtpd.jogjaprov.go.id

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar