SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

SERTIFIKASI ALUMNI PSKW YOGYAKARTA TAHUN 2013

(Last Updated On: 29 Juli 2013)

PSKW Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Penutupan Sertifikasi Alumni tahun anggaran 2013 pada hari Sabtu tanggal 6 Juli 2013, bertempat di halaman kantor PSKW Yogyakarta. Kegiatan sertifikasi bertujuan untukmemberikan pelatihan ketrampilan yang terstandarisasi.

Jumlah alumni yang mengikuti sertifikasi adalah 20 orang terdiri dari 7 orang peserta ketrampilan Tatarias/Salon, 8 orang peserta ketrampilan Jahit dan 5 orang peserta ketrampilan Olahan Pangan.

Berdasarkan data, jumlah alumni PSKW Yogyakarta tahun 2007 – 2013 adalah 191 orang. Dari data tersebut, diketahui 188 orang atau 81,7 persen telah bekerja, 32 orang atau 16,7 persen membuka usaha mandiri dan 3 orang atau 1,6 persen belum bekerja.

Dari 191 orang alumni tersebut sejumlah 83 orang atau 43,5 persen telah mengikuti program sertifikasi tahun 2007 – 2012, sejumlah 20 orang atau 10,4 persen alumni mengikuti kegiatan sertifikasi tahun ini, sedangkan sisanya belum mengikuti sertifikasi. Alumni yang belum mengikuti sertifikasi memiliki peluang untuk mendaftarkan diri pada kegiatan sertifikasi tahun berikutnya.
Dalam pelaksanaan Sertifikasi Alumni tahun ini, PSKW Yogyakarta bekerjasama dengan LPK yang telah terakreditasi yaitu :
– LPK PAPMI untuk Ketrampilan Jahit
– LPK Asmat Pro untuk Ketrampilan Tatarias
– LPK Budi Mulia Dua untuk Ketrampilan Olahan Pangan

Masing-masing peserta sertifikasi memperoleh bantuan stimulan berupa peralatan sesuai dengan bidang ketrampilan masing-masing. Bantuan stimulan tersebut telah diserahkan secara simbolik oleh Kepala Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta pada rangkaian acara penutupan sertifikasi. Dengan bantuan stimulan tersebut, diharapkan peserta sertifikasi mampu memanfaatkan bantuan yang diberikan untuk meningkatkan produktivitas, membuka usaha mandiri serta mengembangkan lapangan kerja baru dalam masyarakat.
Selain itu PSKW Yogyakarta menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan dalam menyalurkan alumni siap kerja. Berikut adalahjumlah daftar tunggu perusahaan yang membutuhkan alumni siap kerja dari PSKW Yogyakarta :

– Bidang Tatarias/Salon : 21 orang dibutuhkan untuk 11 perusahaan
– Bidang Jahit : 15 orang dibutuhkan untuk 7 perusahaan
– Bidang Olahan Pangan : 12 orang dibutuhkan untuk 6 perusahaan

Untuk meningkatkan kerjasama dengan pihak swasta, maka PSKW Yogyakarta menjalin kerjasama dengan PT. Rudy Hadisuwarno yaitu perusahaan yang bergerak dalam bidang Salon. Adapun penandatanganan MoU terkait kerjasama tersebut telah dilaksanakan pada rangkaian acara Penutupan Sertifikasi oleh Kepala PSKW Yogyakarta, Bapak Slamet, S.Sos dengan Pihak PT. Rudy Hadisuwarno yang diwakili oleh Rudy Hadisuwarno School Manager cabang Yogyakarta, Ibu Tri Nur Wardhanidan diketahui Kepala Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta, Bapak Drs. Untung Sukaryadi, MM.

PSKW Yogyakarta terus mengembangkan inovasi program untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Antara lain, pada tahun anggaran 2014, PSKW Yogyakarta akan membuka jurusan ketrampilan baru yaitu Membatik. Dengan adanya jurusan tersebut, diharapkan PSKW Yogyakarta mampu melahirkan pengrajin batik siap kerja guna mendukung pelestarian budaya dan keistimewaan Yogyakarta.

Slamet, S.Sos (Kepala PSKW Yogyakarta)

0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar