SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

Senyuman PPKS BPRSR Dinas Sosial pada Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Anak Nasional 2022

(Last Updated On: 16 July 2022)

Jumat, 15 Juli 2022 –

Berdasarkan dengan Konvensi Hak-Hak Anak PBB, bahwa setiap anak memiliki 4 hak anak yaitu :

  1. Hak untuk hidup
  2. Hak memperoleh perlindungan
  3. Hak untuk tumbuh kembang
  4. Hak berpartisipasi

Oleh karena itu, pada tanggal 23 Juli 1979 bersamaan dengan pengesahan Undang-Undang tentang Kesejahteraan Anak ditetapkan sebagai Hari Anak Nasional (HAN). Hari Anak Nasional sendiri dianggap sebagai wujud kepedulian dan partisipasi dari seluruh masyarakat di Indonesian dalam menjamin pemenuhan hak anak.

Serangakaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional Tahun 2022, Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Regional III Yogyakarta menyelenggarakan Kegiatan Motivasi dan Edukasi kepada PPKS di Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Remaja (BPRSR) Dinas Sosial DIY. Sejumlah rombongan dari BBPPKS Regional III Yogyakarta hadir mengunjung BPRSR Dinas Sosial DIY dan langsung berbaur dengan PPKS di BPRSR Dinas Sosial DIY yang semuanya tergolong usia anak.

Kegiatan motivasi dan edukasi dilaksanakan di Lapangan BPRSR Dinas Sosial DIY. Sejumlah instruktur pemandu kegiatan memulai dengan ice breaking berupa permainan dasar yang dilakukan bersama. Selanjutnya juga yang tidak kalah seru kuis pengetahuan umum yang seringkali membuat gelak tawa, karena jawaban lucu yang terlontar dari PPKS. Kemudian dilanjutkan juga untuk dinamika kelompok dibagi dengan beberapa permainan, kegiatan ini membangun kerja sama dan kekompakan dengan teman untuk menyelesaikan masalah maupun kesulitan yang dihadapi. Sesekali di tengah kegiatan dinamika kelompok terdengar teriakan penuh semangat “Siapa kita??? ANAK INDONESIA!” – “Anak Indonesia… HEBAT!” dari PPKS BPRSR Dinas Sosial DIY yang dipandu dari instruktur pemandu BBPPKS Regional III Yogyakarta.

Pada akhir kegiatan, semakin melengkapi kebahagiaan PPKS BPRSR Dinas Soisal DIY, dibagikan doorprize yang menarik. Selanjutnya, dilakukan refleksi permainan antara instruktur pemandu dengan PPKS BPRSR Dinas Sosial DIY, mereka merefleksikan intisari kegiatan dan memberikan motivasi kepada PPKS BPRSR Dinas Sosial DIY. Siang itu, terlihat senyum dan kebahagiaan PPKS yang terpancar saat bermain, bercanda, dan bersorak. Nampak bahagia tanpa beban, tanpa diskriminasi dan tanpa tendensi. Selamat Hari Anak Nasional untuk PPKS di BPRSR Dinas Sosial DIY, untuk seluruh anak di Indonesia!