SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

SATRIYA INTEGRITAS DINAS SOSIAL DIY

(Last Updated On: 16 November 2018)

Jogja (3/3/2017) PNS dituntut selalu ingat dengan sumpah dan janjinya, sehingga tidak sampai melalaikan tugas yang menjadi kewajibannya, dan tidak melakukan sesuatu hal yang bertentangan dengan tugas dan kewajibannya dalam pemerintahan. Pegawai Negeri berkedudukan sebagai aparatur negara yang bertugas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat secara profesional, jujur, adil,  tegas, disiplin, mencintai profesinya, dan berakhlak mulia/bermoral. PNS dituntut untuk mampu membedakan mana yang baik dan mana yang tidak, mana yang benar dan mana yang salah. Untuk maksud membentuk sosok PNS seperti itu diperlukan upaya penyadaran mengenai integritas dan komitmen bagi PNS. Dinas Sosial berupaya untuk menanamkan dan menggugah kembali semangat itu dengan melaksanakan kegiatan Satriya Integritas. Adapun kegiatan itu bertujuan membantu meningkatkan pemahaman tentang korupsi, meningkatkan kesadaran pelaporan atas penerimaan gratifikasi atau hal lain yang terkait dengan tindak pidana korupsi, meminimalisasi kendala psikologis atas impelementasi tindakan anti korupsi, mendukung terciptanya lingkungan pengendalian yang transparan dan akuntabel, serta menjadi alat pengendalian atas manajemen pada Dinas Sosial DIY.

Pembinaan Satriya Integritas Dinas Sosial DIY dilaksanakan dengan narasumber Asisten Perekonomian Setda DIY dan Kepala Biro Hukum Setda DIY. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Barat Atas Dinas Sosial DIY pada hari Jumat tanggal 3 Maret 2017, pukul 08.00 WIB sampai selesai, dengan peserta 61 orang PNS Dinsos DIY. Hasil yang diharapkan dari proses ini adalah  pemahaman tentang korupsi peserta Pembinaan Satriya Integritas Dinas Sosial DIY meningkat, kesadaran pelaporan atas penerimaan gratifikasi atau hal lain yang terkait dengan tindak pidana korupsi pada Dinas Sosial DIY meningkat, kendala psikologis atas impelementasi tindakan anti korupsi terminimalisasi, tercipta lingkungan pengendalian yang transparan dan akuntabel, dan manajemen Dinas Sosial DIY terkendali.

Pembinaan Satriya Integritas sangat diperlukan pada setiap instansi pemerintah karena dengan hal tersebut PNS semakin memahami dan diingatkan kembali bagaimana melaksanakan tugas dan kewajibannya secara baik, benar dan penuh komitmen. Pembinaan Satriya Integritas memerlukan tindak lanjut yang terukur tidak hanya berhenti pada suatu kegiatan saja melainkan perlu ditularkan kepada seluruh jajaran PNS sehingga dapat memahami dan menerapkan dalam ketugasannya. Semua hal itu akan bermuara pada peningkatan pelayanan kepada masyarakat. (*)

0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar