SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

REKREASI EDUKATIF DI ALAM TERBUKA PPKS BALAI RSPA

(Last Updated On: 23 Mei 2021)

Anak-anak asuh yang menjadi PPKS di Balai RSPA akhirnya bisa menikmati kegiatan rekreasi di tempat terbuka setelah lebih dari satu tahun sejak pandemi Covid 19 melanda Indonesia. Sejak awal pandemi, kegiatan rekreasi bagi anak-anak asuh Balai RSPA di luar balai praktis ditiadakan guna menghindari risiko penularan Covid 19. Kegiatan rekreatif hanya bisa dilakukan di dalam Balai. Hal ini tentu menimbulkan kejenuhan tersendiri bagi anak-anak asuh. Sampai akhirnya pada hari Rabu 19 Mei 2021 Balai RSPA Bimo baru bisa melaksanakan kegiatan rekreasi luar Balai.

Tentu saja, kegiatan rekreasi ini tetap mengedepankan protokol kesehatan seperti penggunaan masker, menjaga jarak, mencuci tangan serta yang paling utama adalah memilih destinasi wisata yang relatif tidak ada kerumunan orang-orang. Untuk itulah dipilih lokasi di seputar Taman Hutan Rakyat (Tahura) Bunder, Gunungkidul. Anak-anak bisa menikmati suasana alam terbuka yang hijau dengan vegetasi pepohonan akasia, mahoni, jati, kemiri dan kayu putih. Kegiatan rekreasi ini juga dikemas dalam nuansa edukatif sehingga selain menyenangkan, juga menambah pengetahuan dan pengalaman baru bagi anak asuh.

Kegiatan pertama adalah outbond dalam bentuk dinamika kelompok yang dipandu oleh rekan-rekan dari TAGANA DIY. Materi yang diberikan adalah senam otak, konsentrasi, kepemimpinan, serta kerjasama. Dengan kemasan yang santai dan didampingi instruktur yang jenaka, anak-anak tampak menikmati kegiatan dengan nuansa tawa selama mengikuti arahan.

Setelah selesai outbond, anak-anak diajak untuk mengunjungi Pabrik Minyak Kayu Putih Sendang Mole. Anak-anak diajak untuk mengetahui proses penyulingan daun kayu putih menjadi minyak kayu putih, serta melihat langsung instalasi penyulingan yang ada di pabrik milik Pemda DIY tersebut.

Sebagai penutup keseluruhan kegiatan rekreasi, anak-anak asuh didampingi untuk bermain air dan makan bersama di alam terbuka di salah satu spot di sungai Kali Oyo yang tidak ada pengunjung atau masyarakat yang nampak.

Kegiatan yang sama di lokasi yang sama juga dilakukan oleh anak-anak asuh Balai RSPA Gunungkidul pada hari Sabtu, 22 Mei 2021(Fer)

Suasana kegiatan outbond PPKS Balai RSPA di Tahura Bunder, Gunungkidul. (Foto: Fer)
Anak-anak Asuh Balai RSPA meninjau instalasi penyulungan daun kayu putih menjadi minyak kayu putih di Pabrik Minyak Kayu Putih Sendang Mole (Foto: Fer)
Bermain air di salah satu spot sungai Kali Oyo (Foto: Fer)
Dinamika kelompok PPKS Balai RSPA Gunungkidul (pic: Sty)
Bermain air PPKS Balai RSPA Gunungkidul (pic: Sty)
4.2 15 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar