SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

RAYAKAN IDUL ADHA BERSAMA PPKS BINA LARAS SEBAGAI WUJUD RASA SOLIDARITAS SOSIAL

(Last Updated On: 16 July 2022)

SLEMAN – Idul Adha dinamakan hari raya haji, juga dinamakan “Idul Qurban”, karena pada hari itu Allah memberi kesempatan kepada kita untuk lebih mendekatkan diri kepada-Nya. Idul Adha dinamai juga “Idul Nahr” artinya hari raya penyembelihan.  yaitu dengan menyembelih hewan qurban sebagai simbol ketakwaan dan kecintaan kita kepada Allah SWT. Hal ini untuk memperingati ujian paling berat yang menimpa Nabi Ibrahim.

Penyembelihan hewan qurban

Pengorbanan Nabi Ibrahim AS bagi kita harus dimaknai sebagai pesan simbolik agama, yang mengandung pembelajaran paling tidak pada tiga hal;

Pertama, ketakwaan yaitu ketaatan seorang hamba pada Sang Khalik dalam menjalankan perintah dan menjauhi larangan Nya.

Kedua, hubungan antar mannusia memerhatikan solidaritas sosial dan mengejawantahkan sikap kepekaan sosialnya melalui media ritual untuk siap sedia berkurban demi kebahagiaan orang lain khususnya mereka yang kurang beruntung.

PPKS Bina Laras memasak hasil olahan penyembelihan

Ketiga, peningkatan kualitas diri yaitu memperkukuh empati, kesadaran dan pengendalian diri.

Dari makna Idul Adha  itulah Balai Bina Laras pada tanggal 12 Juli 2022 menyelenggarakan penyembelihan hewan qurban sebanyak 7 ekor kambing dari hasil Iuran Pegawai/Karyawan Bina Laras maupun dari para Sohibul di luar Balai. Dari proses penyembelihan sampai dengan pengolahan daging qurban melibatkan semua unsur dari Pegawai dan PPKS Bina Laras. Rasa syukur dan Bahagia terlihat saat PPKS memasak daging kurban untuk dinikmati Bersama sama. Penyembelihan kurban bersama dengan PPKS diharapkan lebih meningkatkan ketakwaan dan kecintaan kita kepada Allah SWT. Selain itu, pada kegiatan ini diharapkan PPKS mampu meningkatkan kemandirian serta rasa untuk saling berbagi dan bekerja sama dengan sesama. (Suryatmiati)