SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

Rayakan Idul Adha 1443 dengan Keluarga Kedua

(Last Updated On: 13 July 2022)

Hari Raya Idul Adha dikenal sebagai hari raya kurban karena Nabi Ibrahim a.s  pernah mendapatkan perintah dari Allah SWT melalui mimpinya untuk mengorbankan putra kesayangannya yaitu Nabi Ismail a.s  untuk disembelih sebagai wujud kepatuhannya terhadap perintah Allah SWT dan Nabi Ismail a.s menyetujuinya atas wujud ketakwaan kepada Allah. Namun pada saatnya tiba, ketika Nabi Ismail a.s siap untuk disembelih, tiba-tiba digantikan oleh seekor domba. Teladan dari Nabi Ibrahim a.s untuk ikhlas dan sabar dalam menerima perintah Allah SWT dan mengorbankan sesuatu yang sangat dicintai. Sejak saat itu peristiwa tersebut dikenal dengan Idul Adha.

Pada Idul Adha 1443 H, PPKS di Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Remaja (BPRSR) Dinas Sosial DIY meskipun tidak berkumpul dengan keluarga di rumah, tetap merayakan serangkaian perayaan Idul Adha 1443 H. Gema takbir yang sangat dirindukan tetap berkumandang di lingkungan BPRSR Dinas Sosial DIYSebanyak 35 PPKS didampingi oleh petugas Pramu Sosial melaksanakan sholat Idul Adha pada Hari Minggu, 10 Juli 2022 di Masjid Al-Huda BPRSR Dinas Sosial DIY dipimpin khotib Muhammad Nur Rohman dari Trimulyo, Sleman.

Selanjutnya pada Hari Senin, 11 Juli 2022 dilaksnakan acara penyembelihan hewan qurban. Dalam acara pelaksanaan penyembelihan hewan berupa 2 (dua) ekor kambing dari Ir. Baried Wibawa (Kepala BPRSR Dinas Sosial DIY) dan dari iuran pegawai di lingkungan BPRSR Dinas Sosial DIY. Proses penyembelihan hewan kurban dipimpin oleh Kepala BPRSR, Ir. Baried Wibawa, serta pada kegiatan ini PPKS dan seluruh pegawai dilibatkan dalam proses pemotongan hewan kurban hinggan pengolahan. PPKS diberikan kesempatan untuk mengolah hasil pemotongan hewan kurban sesuai dengan keinginan mereka. Melibatkan kegiatan proses penyembelihan kurban bersama dengan PPKS diharapkan mampu menciptakan rasa nyaman bagi mereka seperti bersama dengan keluarga di rumah. Bagi pegawai di lingkungan BPRSR Dinas Soisal DIY juga diharapkan mampu memaknai tentang kurban serta menempatkan diri sebagai keluarga pengganti bagi PPKS di BPRSR Dinas Sosial DIY.  Selain itu, pada kegiatan ini diharapkan PPKS mampu meningkatkan kemandirian serta rasa untuk saling berbagi dan bekerja sama dengan sesama.