SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

PRTPC Pundong sebagai arena Puncak Acara Hipenca 2009

(Last Updated On: 6 Januari 2013)

Bantul – Bangsa yang besar antara lain adalah bangsa yang menyayangi, bangsa yang peduli, dan bangsa yang memiliki kesetiakawanan sosial yang tinggi kepada para penyandang cacat, dan membantu para penyandang cacat tersebut.

Hal demikian dikatakan Gubernur DIY dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Staf Ahli Gubernur, Ir. Bayudono, MSc pada acara Puncak Peringatan Hari Internasional  Penyandang Cacat (Hipenca) Tahun 2009 Provinsi DIY, Rabu (3/12) di Pusat Rehabilitasi Terpadu Penyandang Cacat (PRTPC), Pundong, Bantul. Hadir dalam kesempatan tersebut sebagai tamu undangan, antara lain dari berbagai Orsos/LSM/Yayasan yang bergerak dalam penanganan Penyandang Cacat, instansi terkait serta segenap komunitas difabel yang ada di wilayah Provinsi DIY.

Melalui peringatan Hipenca 2009 ini Gubernur berharap terwujudnya kesejahteraan yang bermartabat melalui pemberdayaan penyandang cacat dan komunitasnya di segala bidang kehidupan dan penghidupan.

Gubernur juga mengajak kepada semua pihak, khususnya yang memiliki kemampuan yang lebih untuk terus meningkatkan kepedulian dan bantuan kepada para penyandang cacat.

Selanjutnya, sebagaimana dilaporkan Plh. Kepala Dinas Sosial Provinsi DIY, Drs. Istiarjo Safarto, selaku penyelenggara kegiatan, selain kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan upaya-upaya pemberdayaan penyandang cacat di segala bidang kehidupan dan penghidupan dalam rangka pemenuhan hak, kesejahteraan serta keadilan bagi penyandang cacat, juga untuk meningkatkan pemahaman, kepedulian dan keberpihakan negara dan masyarakat terhadap penyandang cacat.

Sebelum puncak acara ini dilaksanakan telah didahului dengan serangkaian kegiatan, antara lain : Sarasehan, Ekspo Hasil Karya Penyandang Cacat, aneka lomba untuk anak-anak SLB dan pentas seni yang dilaksanakan pada 28-29 November 2009 bertempat di Museum Nasional Gampingan Wirobrajan. Tanggal 30 Desember 2009 telah dilaksakan pula Lomba lukis dan mewarnai gambar untuk siswa SLB se Provinsi DIY bertempat di PSBN Yogyakarta dan Kegiatan Seminar yang diikuti dari berbagai instansi terkait, Orsos, LSM, pengusaha dan masyarakat bertempat di PRTPC Pundong. Selain itu juga diselenggarakan pula kegiatan Expo Hasil Karya Penyandang Cacat di PRTPC Pundong serta Rally Sepeda Motor Roda Tiga pada tanggal 3 Desember 2009 dengan rute dari Yakkum menuju Rumah Dinas Bupati Bantul dan berakhir di PRTPC Pundong. (Spt)

0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar