SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

PELAYANAN MASYARAKAT

Informasi, Syarat dan Prosedur Pelayanan (Klik Icon) :

 
 

 

Menu ” Comments”  dibawah ini adalah menu untuk memberikan Komentar atau Diskusi. untuk LAYANAN PENGADUAN kami sarankan saudara memanfaatkan saluran kanal pengaduan E-LAPOR DIY (KLIK DISINI) agar lebih mudah dan cepat untuk ditindak lanjuti.

Untuk  informasi yang sering diperlukan masyarakat dapat saudara akses melalui tautan berikut ini (KLIK DISINI)

4.1 39 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
1.1K Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Kharisma

Min mau tanya klw dpt PBI apa mungkin bakalan dapat bantuan PKH atau BNPT?

nat

Selamat pagi Saudara/i Kharisma

Menjawab pertanyaan Saudara/i, dapat kami sampaikan bahwa setiap program memiliki ketentuan masing-masing, termasuk kriteria sasarannya. Sehingga belum tentu keluarga peserta PBI pasti akan menjadi KPM program bansos.

Terimakasih.

Agni

Selamat siang, apakah bisa saya mengajukan/mendaftar sebagai peserta pkh? nama saya terdaftar di DTKS penerima bpnt, saya punya balita 5tahun dan saat ini sedang hamil. Trimakasih

nat

Selamat siang Saudari Agni

Merespon pertanyaan Saudari tentang kepesertaan PKH, perlu kami informasikan bahwa semenjak berlakunya Permensos No 3 Tahun 2021 pada bulan Mei 2021 tentang Pengelolaan DTKS, mekanisme pengusulan peserta tidak lagi sama/tidak lagi melalui pengusulan pendamping/desa. Peserta PKH ditetapkan by sistem dari daftar ID DTKS berdasarkan kriteria yang telah ditentukan oleh Direktorat Jaminan Sosial Keluarga.
Info selengkapnya tentang alur kepesertaan PKH dapat dilihat melalui tautan berikut : Alur PKH

Terimakasih.

wahyuningrum

selamat siang saya penerima bpnt baru .mau tanya ..saya kan ada balita tapi waktu pendataan lupa ngisi form tanggungan ..apakah bisa dirubah ..trimakasih

nat

Selamat siang Saudari Wahyuningrum

Menjawab pertanyaan Saudari, untuk melakukan usulan perubahan data di DTKS, Saudari dapat melakukannya secara mandiri melalui mobile app Cek Bansos (dapat didownload di Playstore), menu Usul Sanggah.
Atau bisa juga melakukan permohonan perbaikan dengan datang langsung ke Dinas Sosial Kabupaten/Kota sesuai alamat KTP Saudari.

Terimakasih.

Fajar Apriyanto

“petunjuk dri dinsos kan 1 rumah tangga tidak boleh doble bantuan khususe BST, BLT, PKH/BPNT”
Min apa benar peryataan diatas kalau SATU RUMAH beda KARTU KELUARGA tidak boleh menira bantuan double walaupun beda KK tapi satu Rumah?

nat

Selamat siang Saudara Fajar

Merespon pertanyaan Saudara, perlu kami luruskan bahwa untuk Bantuan Sosial Tunai berdasarkan Petunjuk Teknis BST baik tahun 2020 maupun 2021, disebutkan bahwa KPM BST bukan merupakan peserta program PKH maupun Sembako/BPNT.
Namun, lain halnya dengan Program Sembako/BPNT yang memang dimungkinkan untuk menjadi komplemen dari program PKH, sehingga KPM PKH juga bisa menjadi KPM Sembako/BPNT.

Terimakasih.

Mislam

Status art tidak dapat bantuan?

nat

ART artinya Anggota Rumah Tangga.

Ana

Saya status art posisi ibu saya sudah beda kk dengan saya ketika dapat pkh,dan pengaruhnya keluarga saya pribadi tidak dapat bantuan apa apa pak karena status art

nat

Selakan mengajukan perbaikan DTKS melalui Dinas Sosial Kabupaten/Kota dimana KK ibu terdaftar, dengan membawa dokumen yang diperlukan (KTP, KK ibu, KK Saudari)

Richa

Hai admin, maaf mau Tanya cara memperbaiki data Art itu gmn ya, soalnya kan sudah pisah Kk dari tahun 2018 tapi kok masih jd ART ya?

nat

Pengajuan perbaikan data DTKS dapat dilakukan melalui DInas Sosial Kabupaten/Kota setempat di mana Saudara terdaftar dalam DTKS.

Neti agustini

Kalo art bearti tidak dapat bantuan ya

nat

ART artinya Anggora Rumah Tangga dari Keluarga Penerima Manfaat (KPM), karena bantuan sosial berbasis keluarga.

Sari

Mau tanya kan saya liat di dtks kemarin PKH Ket seni habis itu saya liat lagi Ket art apa tidak boleh bantuan ya?

nat

ART merupakan kependekan dari Anggota Rumah Tangga. Artinya Saudari merupakan anggota keluarga/rumahtangga dari seorang Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH.

Sri yuli handayani

Selamat sore
Saya mau tanya . Kalau mendpatkan PKH . Lalu pindah tempat tinggal , apakah PKHnya masih tetap dapat atau bagaimana ? Terimkasih sebelumnya ..

nat

Selamat siang Saudari Sri

Merespon pertanyaan Saudari terkait perubahan alamat, dapat kami sampaikan bahwa perubahan data kependudukan di Dukcapil akan mempengaruhi validitas data kependudukan seorang KPM di DTKS. Apabila pencocokan data dari Kemensos dan Disdukcapil tidak padan, maka kemungkinan tidak akan masuk data salur periode berjalan.

Terimakasih.

Tuti nuryani

Apakah janda yg ditiggal mati suaminya tidak bisa dapat bantuan berupa BLT atau apapaun hanya krn tinggal d rumah besar?
Padahal janda it juga mengurus anak keterbelakangan mental. Cuma hidup berdua

nat

Selamat siang Saudari Tuti.. Merespon pertanyaan Saudari tentang kepesertaan program bantuan sosial, perlu kami informasikan bahwa berdasarkan Permensos no 3 Tahun 2021 semua pelaksanaan program bantuan baik dari pemerintah pusat maupun daerah harus berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Secara umum DTKS merupakan data yang menggambarkan kondisi kesejahteraan suatu rumahtangga, dimana rumahtangga terdiri dari keluarga dan anggota rumahtangga. Sehingga pada prinsipnya sebuah rumahtangga didata berdasarkan kondisi rumah yang ditempati beserta isinya, kepemilikan aset, perlindungan sosial dan demografi anggota keluarganya. Pengusulan DTKS dilakukan melalui forum musyawarah desa/kelurahan setempat (sesuai alamat KTP) yang memiliki kewenangan untuk mengusulkan warga miskin di wilayahnya masuk… Read more »

Fanni

Selamat MLM
Saya penerima baru bpnt ,
Apakah bisa penerima bpnt di pindahkan alamat
Dan mendapatkan bantuan di tmpat tinggal yg baru

nat

Selamat pagi Saudari Fanni.. Merespon pertanyaan Saudari tentang kepesertaan BPNT, perlu kami informasikan bahwa berdasarkan Permensos no 3 Tahun 2021 semua pelaksanaan program bantuan baik dari pemerintah pusat maupun daerah harus berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Hal tersebut berlaku juga untuk kepesertaan Program Sembako/ Bantuan Sosial Pangan/BPNT. Secara umum DTKS merupakan data yang menggambarkan kondisi kesejahteraan suatu rumahtangga, dimana rumahtangga terdiri dari keluarga dan anggota rumahtangga. Sehingga pada prinsipnya sebuah rumahtangga didata berdasarkan kondisi rumah yang ditempati beserta isinya, kepemilikan aset, perlindungan sosial dan demografi anggota keluarganya. Pengusulan untuk masuk ke dalam DTKS dilakukan melalui forum musyawarah desa/kelurahan setempat,… Read more »

Dian intan purnama sari

Assalamu’alaikum pak, mau nanya suami saya status PKH art tetapi periode (-), maksudnya gimana ya? Mohon penjelasan nya. Terimakasih

nat

Selamat siang Saudari Dian.. Merespon pertanyaan saudari, perlu kami sampaikan bahwa : 1) Sasaran Program Keluarga Harapan (PKH) berbasis keluarga. Keterangan ART artinya suami Saudari merupakan Anggota Rumah Tangga (ART) dari Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH, atau ada salah seorang dari rumahtangga/keluarga suami Saudari yang pernah menjadi atau masih merupakan peserta PKH. PKH merupakan program bantuan bersyarat yang memiliki kegiatan rutin secara kelompok dengan 1 orang pendamping. Salah satu syarat pencairan bantuan adalah keaktifan peserta mengikuti kegiatan rutin kelompok. Jadi ada kemungkinan dalam keluarga suami Saudari ada yang pernah menjadi peserta PKH. 2) Dalam cekbansos.kemensos.go.id, yang ditampilkan adalah periode penyaluran… Read more »

Kartika Dewi

Maaf mau tanya,, apakah setelah gnt /perbarui kk akn berpengaruh pd bansos?

nat

Selamat siang Saudari Kartika.. Merespon pertanyaan Saudari tentang kepesertaan program bantuan sosial, perlu kami informasikan bahwa berdasarkan Permensos no 3 Tahun 2021 semua pelaksanaan program bantuan baik dari pemerintah pusat maupun daerah harus berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Secara umum DTKS merupakan data yang menggambarkan kondisi kesejahteraan suatu rumahtangga, di mana rumahtangga terdiri dari keluarga dan anggota rumahtangga. Pendataan sebuah rumahtangga meliputi kondisi rumah yang ditempati beserta isinya, kepemilikan aset, perlindungan sosial, pendidikan dan demografi anggota keluarganya. Updating / perubahan data DTKS dilakukan sesuai keperluan. Apabila perubahan hanya berupa penambahan/pengurangan anggota rumahtangga, maka tidak akan merubah IDBDT rumahtangga tersebut.… Read more »

Lia maelani

Saya mau tanya,kenapa saya udah terdaftar dan status saya di dtks sebagai penerima bpnt “YA” tapi saya tidak dapat barcode untuk pengambilan nya !
Tolong di periksa lagi !
Saya udah berharap tapi kenyataan nya tidak!

nat

Selamat siang Saudari Lia… Merespon pertanyaan Saudari, apabila informasi kepesertaan BPNT tersebut diperoleh melalui hasil pengecekan di cekbansos.kemensos.go.id, dapat kami sampaikan bahwa : 1) Pastikan info bahwa Saudari merupakan KPM BPNT adalah benar. Perlu kami sampaikan bahwa halaman tersebut menampilkan nama seluruh penerima bantuan sosial di lingkup desa/kelurahan sesuai pengaturan alamat dan nama yang Saudari ketikkan. Tujuannya memberikan keleluasaan bagi masyarakat untuk dapat mengetahui nama penerima bantuan di sekitarnya, sehingga dapat turut menjalankan fungsi pengawasan akan ketepatan sasaran bantuan di lingkungannya. Jadi pastikan mengetikkan nama lengkap sesuai KTP untuk memastikan data yang keluar adalah data Bapak Saudari. Apabila nama dan… Read more »

Amancik

Saya mau tanya saya mempunyai kk baru apa bisa saya mendaftar sebagai penerima program pemerintah

nat

Selamat siang Saudara Amancik

Menjawab pertanyaan Saudara, perlu kami sampaikan bahwa setiap program pemerintah memiliki tujuan dan kriteria sasaran tertentu. Jadi pada prinsipnya sorang warga bisa menjadi peserta suatu program apabila ia memenuhi kriteria sasaran tersebut. Tergantung program apa yang dimaksud.

Terimakasih.

Usep saepuloh

Istri saya mendapat bantuan,di lihat di link Kemensos,namun tidak dapat bantuan atau undangan dari desa

nat

Selamat siang Saudara Usep.. Terkait hasil pengecekan mandiri yang Saudara lakukan melalui cekbansos.kemensos.go.id., perlu kami sampaikan bahwa halaman tersebut menampilkan nama seluruh penerima bantuan sosial di lingkup desa/kelurahan sesuai pengaturan alamat dan nama yang Saudara ketikkan. Tujuannya memberikan keleluasaan bagi masyarakat untuk dapat mengetahui nama-nama penerima bantuan di sekitarnya, sehingga dapat turut menjalankan fungsi pengawasan akan ketepatan sasaran bantuan di lingkungannya. Jadi pastikan mengetikkan nama lengkap sesuai KTP untuk memastikan data yang keluar adalah data yang dimaksud. Apabila nama lengkap dan usia yang keluar sama persis lebih dari satu, atau merasa bukan penerima tapi nama dan usia yang muncul sesuai,… Read more »

Murni

Selamat siang, saya mau bertanya, kenapa di bansos yg keluar nama tuk pengambilan bansos nama nya bukan nama kepala keluarga melainkan nama adik ipar saya yg bekerja

nat

Selamat siang Saudara Murni

Merespon pertanyaan Saudari terkait nama penerima bansos, dapat kami sampaikan bahwa nama yang disahkan oleh pusat sebagai penerima bansos berasal dari usulan pemerintah daerah. Silakan mencari informasi kepada petugas pihak pengusul di wilayah Desa/Kecamatan Saudari.

Terimakasih.

Fally

Admin sy mau nanya,knp bln maret dan april sy dpt bst dan nm sy masih terdaftar di dtks tp knp bln mei -juni nm² yg keluar dr kantor pos nm sy tdk ada di kelurahan.terima kasih ?

nat

Selamat siang Saudari Fally.. Merespon pertanyaan Saudari tentang BPNT, perlu kami informasikan bahwa secara umum mulai tahun 2021, data penerima bantuan sosial mulai mengalami perbaikan secara rutin setiap periode penyaluran yang dilakukan oleh Kementerian Sosial dan Dinas Sosial Kabupaten/Kota. Perbaikan yang dilakukan salah satunya mencakup validasi data kependudukan yang dilakukan bersama Dukcapil baik di tingkat Kabupaten/Kota hingga Dukcapil Pusat di Kemendagri. Melalui proses ini kasus-kasus invaliditas data kependudukan yang terdeteksi (seperti NIK sama nama beda, NIK invalid/belum rekam eKTP, NIK ganda, dll) secara otomatis data KPM menjadi tidak valid, sehingga tidak muncul dalam daftar KPM periode salur berjalan. Selain karena… Read more »

Tegar pratama

Assalamualaikum
Selamat siang, saya mau bertanya mengenai pembagian BPNT, apakah memang ketentuannya Kartu KKS BPNT memang dikumpulkan di desa beserta pin nya?

nat

Wa’alaikumussalam wr wb

Selamat siang Saudara Tegar.. Merespon pertanyaan Saudara terkait penyaluran BPNT, dapat kami sampaikan bahwa dalam Pedoman Umum Pelaksanaan Sembako Tahun yang masih berlaku saat ini, tidak terdapat ketentuan yang mengatur bahwa KKS dikumpulkan di desa beserta PIN nya.
Apabila Saudara merupakan warga (ber KTP DIY) mohon dapat melaporkan kejadian tersebut kepada kami melalui lapor.Jogjaprov.go.id atau melalui email dinsos@jogjaprov.go.id dengan menyertakan alamat / wilayah desa/kelurahan Saudara.

Terimakasih.

Sri Handayani

selamat siang,saya mau tanya,knp BPNT saya dari bukan februari sampai sekarang tidak juga cair,sedang saya cek di situs dtks status saya SUDAH PROSES KEMENSOS,
apakah saya masih bisa dapat bantuan tersebut?
atau apa yg harus saya lakukan,mohon jawaban dan saran nya,terimakasih

nat

Selamat siang Saudara Sri Handayani.. Merespon pertanyaan Saudari tentang pencairan BPNT, perlu kami informasikan bahwa secara umum mulai tahun 2021, perbaikan data penerima bantuan sosial mulai mengalami perbaikan secara rutin setiap periode penyaluran yang dilakukan oleh Kementerian Sosial dan Dinas Sosial Kabupaten/Kota. Perbaikan yang dilakukan salah satunya mencakup validasi data kependudukan yang dilakukan bersama Dukcapil baik di tingkat Kabupaten/Kota hingga Dukcapil Pusat di Kemendagri. Melalui proses ini kasus-kasus invaliditas data kependudukan yang terdeteksi (seperti NIK sama nama beda, NIK invalid/belum rekam eKTP, NIK ganda, dll) secara otomatis data KPM menjadi tidak valid, sehingga tidak muncul dalam daftar KPM periode salur… Read more »

supriyati

Permisi saya mau tanya. Kenapa di data dtks alamat saya alamat yang dulu padahal saya sudah melakukan pindah tempat

Last edited 1 year ago by supriyati
nat

Selamat pagi Saudari Supriyati Merespon pertanyaan tentang data alamat Saudari di DTKS, dapat kami sampaikan beberapa kemungkinan berikut : 1) Apabila pengecekan data Saudari di DTKS dilakukan belum lama ini, dan administrasi perpindahan penduduk dilakukan di rentang waktu akhir 2020 – saat ini, maka bisa dipahami karena DTKS yang dimiliki oleh pemerintah daerah saat ini masih periode pengesahan Oktober 2020. Dan sedang dalam proses permintaan data ke Kemensos untuk pengesahan DTKS Tahap I Tahun 2021. 2) Apabila administrasi perpindahan penduduk telah dilakukan lebih dari 1 tahun (sebelum tahun 2020), maka berarti Kab/Kota belum melakukan verifikasi & validasi atas data Saudari.… Read more »

Yarty Asar

Selamat Pagi.
Bagaiamana jika nama penerima BST tidak terdaftar di sistem kelurahan maupun kantor pos namun terdaftar di cekbansos.kemensos.go.id ?
Karena dalam data cekbansos.kemensos.go.id tersebut pun status penerima BST tersebut masih berstatus aktif.
Hal tersebut juga pernah di alami oleh tetangga si penerima BST.Saat di ke kelurahan dan kantor pos,tetangga tersebut tidak terdaftar namun berstatus aktif di data cekbansos.kemensos.go.id namun dapat menerima BST.
Tolong berikan penjelasan yang tepat mengenai hal tersebut .
Terimakasih .

nat

Selamat pagi Saudara/i Yarty

Merespon pertanyaan Saudara/i, perlu diperjelas kembali maksud dari “status aktif” yang Saudara/i sampaikan, karena pengecekan melalui halaman tersebut tidak menampilkan kata tersebut “status aktif”.

Yang dapat kami sampaikan adalah, status kepesertaan bansos seseorang (nama, usia, dan alamat) dapat dilihat dari kolom bansos, periode dan keterangan yang muncul dari hasil pengecekan yang dilakukan. Karena pengecekan tersebut menampilkan status kepesertaan bansos periode salur terakhir/terkini.

Jika Saudara/i bermaksud mempertanyakan kejelasan satu kejadian/kasus yang dialami oleh seseorang, silakan sampaikan pengaduan kepada Dinas Sosial Kab/Kota/Provinsi setempat dengan menyampaikan identitas KPM yang dimaksud dan bukti2 yang diperlukan sebagai bahan melakukan pengecekan.

Terimakasih.

Randi Usman bugis

Slmat pagi .kok kartu PKH mama saya tidak bisa lagi .kteranganya di ATM kartu di non aktifkan apakah kartu PKH mama saya tdk bisa lagi cairkan dana atau bgmna tolong penjelasannya mngenai kartu PKH yg di nonaktifkan

nat

Selamat pagi Saudara Randi

Merespon permasalahan yang Saudara sampaikan terkait PKH, kami sarankan Saudara :
1) Berkonsultasi dengan Pendamping PKH kelompok Saudara selaku SDM PKH terdekat untuk memastikan penyebab permasalahannya. Apabila ibu Saudara merupakan peserta PKH aktif, dan selalu aktif berpartisipasi dalam kegiatan rutin kelompok, beliau tentu mengenal pendamping PKH kelompoknya.
2) Apabila Pendamping PKH Kelompok tidak dapat menjelaskan, Saudara bisa melapor permasalahan tersebut melalui Dinas Sosial Kabupaten/Kota setempat sesuai alamat KTP Saudara dengan membawa dokumen yang diperlukan (KTP, KK, KKS) untuk dapat dilakukan pengecekan.

Terimakasih.

Rina Novi yanti

Selamat pagi pak, pak gimana cara urus dapat ATM PKH ? Dan saya cek di Kemensos nama saya sudah terdaftar di PKH dari bulan Maret “sudah dalam proses bank”

nat

Selamat siang Saudari Rina.. Merespon pertanyaan Saudarai tentang hasil pengecekan di cekbansos.kemensos.go.id, dapat kami sampaikan bahwa : 1) Pastikan terlebih dahulu kebenaran info bahwa Saudara/i merupakan KPM PKH. Perlu kami sampaikan bahwa halaman tersebut menampilkan nama seluruh penerima bantuan sosial di lingkup desa/kelurahan sesuai pengaturan alamat dan nama yang Saudarai ketikkan. Tujuannya memberikan keleluasaan bagi masyarakat untuk dapat mengetahui nama penerima bantuan di sekitarnya, sehingga dapat turut menjalankan fungsi pengawasan akan ketepatan sasaran bantuan di lingkungannya. Jadi pastikan mengetikkan nama lengkap sesuai KTP untuk memastikan data yang keluar adalah data Saudari. Apabila nama dan usia yang keluar sama persis lebih… Read more »

Darmono

Admin … mau tanya bapak saya telah terdaftar sebagai penerima BPNT . bulan juli 2021 ini.. tapi kok ga dapat undangan dari pihak rt/rw ya.. saat di tanyakan di rt/kelurahan .. udangan tidak ada.. apakah.. tanpa undangan .. bisa mencairkan dana bantuan hanya dengan membawa ktp/kk & bukti pengecekan aja.. terimakasih

nat

Selamat siang Saudara Darmono.. Merespon pertanyaan Saudara, apabila informasi kepesertaan BPNT tersebut Diperoleh melalui hasil pengecekan di cekbansos.kemensos.go.id, dapat kami sampaikan bahwa : 1) Pastikan info bahwa Bapak Saudara merupakan KPM BPNT adalah benar. Perlu kami sampaikan bahwa halaman tersebut menampilkan nama seluruh penerima bantuan sosial di lingkup desa/kelurahan sesuai pengaturan alamat dan nama yang Saudara ketikkan. Tujuannya memberikan keleluasaan bagi masyarakat untuk dapat mengetahui nama penerima bantuan di sekitarnya, sehingga dapat turut menjalankan fungsi pengawasan akan ketepatan sasaran bantuan di lingkungannya. Jadi pastikan mengetikkan nama lengkap sesuai KTP untuk memastikan data yang keluar adalah data Bapak Saudara. Apabila nama… Read more »

Ernie

Slamt malam
Saya terdftar sbagai kpm BPNT ket.dalam proses bank/pos periode Juli 2021.tapi sampai saat ini belum mendapatkan bantuan tsb.saya adalah peserta KPM baru dan belum memiliki kartu keluarga sejahtera(KKS).
Bagaimana cara mengambil bantuan tsb.karna dr PHK RT setempat blm ada pemberitahuan jg.
Mhn penjelasannya .trimakasih.

nat

Selamat siang Saudari Ernie Merespon pertanyaan Saudari, apabila informasi kepesertaan BPNT tersebut diperoleh melalui hasil pengecekan di cekbansos.kemensos.go.id, dapat kami sampaikan bahwa : 1) Pastikan info bahwa Saudari merupakan KPM BPNT adalah benar. Perlu kami sampaikan bahwa halaman tersebut menampilkan nama seluruh penerima bantuan sosial di lingkup desa/kelurahan sesuai pengaturan alamat dan nama yang Saudari ketikkan. Tujuannya memberikan keleluasaan bagi masyarakat untuk dapat mengetahui nama penerima bantuan di sekitarnya, sehingga dapat turut menjalankan fungsi pengawasan akan ketepatan sasaran bantuan di lingkungannya. Jadi pastikan mengetikkan nama lengkap sesuai KTP untuk memastikan data yang keluar adalah data Bapak Saudari. Apabila nama dan… Read more »

Bayu anggara

Salam. Saya sebelumnya mencoba daftar kartu prakerja tetapi gagal dengan keterangan NIK saya sudah terdaftar di kementrian sosial penerima bantuan. Saya tak pernah mendaftarkan Nik saya di sana. Dan saya tidak mendapatkan bantuan apapun. Bagaimana solusinya.

nat

Selamat pagi Saudara Bayu..

Terkait kesulitan mendaftar Prakerja dengan sebab tersebut, pertama-tama perlu ditelusuri apakah ada anggota keluarga Saudara yang menerima bansos seperti PKH, BPNT, BST, atau KIS. Bila ya, maka Saudara tidak dapat menjadi peserta program Kartu Prakerja selama masa pandemi ini. Sebagai informasi, bahwa sasaran penerima bansos Kemensos berbasis keluarga (KK).
Namun jika dalam keluarga Saudara tidak ada yang terdaftar sebagai penerima bansos, namun tetap gagal mendaftar Prakerja, Saudara bisa menyampaikan keluhan melalui Lapor.go.id atau dapat menghubungi nomor hotline WhatsApp Kemensos di 0811-10-222-10 untuk informasi lebih lanjut.

Terimakasih.

Deni firmansyah

Selamat malam…

Bapak/ ibu,,saya hanya mau menanyakan perihal apakah saya masuk sebagai penerima bantuan sosial?, setiap daftar prakerja dari gelombang 9 saya tidak pernah lulus,tertulis dari ketidak lulusan saya,karena saya sudah mendapatkan bantuan dari pemerintah.
Dari pertama adanya pandemi saya belum pernah menerima apa yang d maksudkan..

Terima kasih..

nat

Selamat pagi Saudara Deni..

Terkait kesulitan mendaftar Prakerja dengan sebab tersebut, pertama-tama perlu ditelusuri apakah ada anggota keluarga Saudara yang menerima bansos seperti PKH, BPNT, BST, atau KIS. Bila ya, maka Saudara tidak dapat menjadi peserta program Kartu Prakerja selama masa pandemi ini. Sebagai informasi, bahwa sasaran penerima bansos Kemensos berbasis keluarga (KK).
Namun jika dalamhttp://dinsos.jogjaprov.go.id/wp-admin/edit-comments.php?comment_status=moderated#comments-form keluarga Saudara tidak ada yang terdaftar sebagai penerima bansos, namun tetap gagal mendaftar Prakerja, Saudara bisa menyampaikan keluhan di sini: Lapor.go.id atau dapat menghubungi nomor hotline WhatsApp Kemensos di 0811-10-222-10 untuk informasi lebih lanjut.

Terimakasih.

Maridza nur fahira

Assallamualaikum saya mau tanya jika pindah alamat dari kota ke kabupaten apakah kepesertaan pkh akan hilang atau masih aktif

nat

Selamat pagi Saudara Maridza.. Merespon pertanyaan Saudari tentang kepesertaan program bantuan sosial, perlu kami informasikan bahwa berdasarkan Permensos no 3 Tahun 2021 semua pelaksanaan program bantuan baik dari pemerintah pusat maupun daerah harus berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Hal tersebut berlaku juga untuk kepesertaan Program Keluarga Harapan (PKH). Sekilas tentang DTKS, secara umum DTKS merupakan data yang menggambarkan kondisi kesejahteraan suatu rumahtangga, dimana rumahtangga terdiri dari keluarga dan anggota rumahtangga. Sehingga pada prinsipnya sebuah rumahtangga didata berdasarkan kondisi rumah yang ditempati beserta isinya, kepemilikan aset, perlindungan sosial dan demografi anggota keluarganya. Updating / perubahan data DTKS dilakukan sesuai keperluan.… Read more »

Mistem

Aslmkum pk nik bpnt sya beda SM KTP, PS sy dpt pnggilan PKH kn ad lansia 71 th, ktnya dpt tapi uang GK prnh masuk ke krtu bpnt yg sy pegang,..kemna saya hrus betulin krtu bpnt nya?? Itu bisa dibtulin GK y??

nat

Selamat pagi Saudari Mistem..

Terkait permasalahan tersebut, kami sarankan Saudari untuk melaporkan permasalahan tersebut melalui Dinas Sosial Kabupaten/Kota sesuai alamat KTP Saudari dengan membawa dokumen yang diperlukan (KTP, KK, KKS) untuk dapan ditindaklanjuti.

Terimakasih.

Siti juarsih

Selamat siang Bu maaf sya MW nanya dari tahun 2017 sya terdaftar menjadi anggota kph sampai saat ini Thun 2021sya blm mendapatkan kartu kph , dari itu ga pernah dapet bantuan apapun , mohon untuk penjelasanya..

nat

Selamat siang Saudari Siti Juarsih.. Sehubungan dengan kepesertaan terakhir pada 2017, perlu dipastikan status kepesertaan PKH Saudari apakah masih aktif atau tidak. Jika sudah tidak aktif maka tidak serta merta bisa langsung aktivasi lagi sehubungan dengan perubahan mekanisme pengusulan kepesertaan PKH yang berlaku saat ini. Perlu kami sampaikan bahwa berdasaarkan Permensos No 3 Tahun 2021, semua bantuan sosial (bansos) baik dari pemerintah pusat maupun daerah harus berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Sehingga untuk bansos dari Kemensos, penentuan masuk/tidak nya seseorang/keluarga dalam kriteria sasaran suatu program bansos akan ditentukan pada hasil validasi DTKS oleh Kemensos. Sehingga apabila data Saudari belum… Read more »

Jhon Firdaus Nainggolan

Selamat siang..
Bapak saya sebelum nya dapat BST, tetapi bulan ini bapak saya tidak menerima karena penjelasan pihak pos nama bapak saya tidak ada dalam daftar, tetapi jika di cek di cekbansos.kemensos.go.id masih terdaftar sebagai penerima.
Tolong penjelasan nya.
Terimakasih

admin 3

Selamat siang saudara Jhon Firdaus yang kami hormati Merespon pertanyaan saudara terkait penyaluran program BST, dapat kami informasikan bahwa Kementerian Sosial RI selaku pemilik program tersebut mulai tahun 2021 telah melakukan perbaikan data penerima bersama Dinas Sosial Kab/Kota secara rutin setiap periode penyaluran. Perbaikan yang dilakukan salah satunya mencakup validasi data kependudukan yang dilakukan bersama Dukcapil baik di tingkat Kabupaten/Kota hingga Dukcapil Pusat di Kemendagri. Melalui proses ini kasus-kasus invaliditas data kependudukan yang terdeteksi (seperti NIK sama nama beda, NIK invalid/belum rekam eKTP, NIK ganda, dll) secara otomatis data KPM menjadi tidak valid, sehingga tidak muncul dalam daftar KPM periode… Read more »

Hermina bali

Sama…
Saya juga seperti itu, sebelum nya saya tmsk Nerima BST juga. tp bulan ni saya tidak ada nama nya. Sementara yg disini PNS walaupun sdh pensiun dia Nerima. Dan saya yg bener janda 2 ank saya tidak dpt. Padahal bantuan banyak tp kami tidak terdaftar..ank2 jg TDK dpt biaya siswa. JD sedih

nat

Selamat pagi Saudari Hermina..

Apabila mendapati indikasi kasus bansos salah sasaran, silakan menyampaikan pengaduan resmi ke Dinas Sosial Kab/Kota/Provinsi setempat sesuai alamat KTP Saudari atau melalui lapor.go.id dengan menyertakan data dan bukti yang diperlukan (identitas terlapor, alamat) agar dapat segera ditindaklanjuti.

Terkait akses bantuan sosial, apabila Saudari membutuhkan silakan mengajukan diri/keluarga saudari untuk dapat masuk ke dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Alur pendaftaran fakir miskin / untuk masuk DTKS dapat dilihat melalui tauta berikut : Klik Disini.

Terimakasih.

Antika

Slmt MLM pak saya mau tanya udh 1tahun gk dpt bpnt dan bulan 4 kmrin PKH saya juga gk cair.soalnya nama ATM dan nama yg skrg d kk KTP gk sama pertanyaan saya bagaimana cara memperbarui/ membenarkan nama d ATM supaya bisa cair lagi

admin 2

Selamat siang, saudara dapat menghubungi pendamping PKH diwilayah saudara sesuai KTP dan KK terlebih dahulu untuk pengecekan identitas dan proses tindak lanjut berikutnya.
Selain itu jika saudara warga DI Yogyakarta saudara dapat mengajukan permasalahan saudara melalui https://lapor.jogjaprov.go.id/ dengan menyertakan Foto KK dan KTP agar lebih mudah ditindak lanjuti.Terimakasih

Irmawati adilang

Selamat pagi..
pak sya mau tanya kenapa sya sebelumnya dpat bst blan in tidak dpat??
sya sdah cek d dtks nma sya pnerima bst dan keterangannya sudah proses kemensoso,apa bisa cair lgi??

admin 3

Selamat siang saudara Irmawati yang kami hormati Merespon pertanyaan saudara terkait program BST, dapat kami informasikan bahwa Kementerian Sosial RI selaku pemilik program tersebut mulai tahun 2021 telah melakukan perbaikan data penerima bersama Dinas Sosial Kab/Kota secara rutin setiap periode penyaluran. Perbaikan yang dilakukan salah satunya mencakup validasi data kependudukan yang dilakukan bersama Dukcapil baik di tingkat Kabupaten/Kota hingga Dukcapil Pusat di Kemendagri. Melalui proses ini kasus-kasus invaliditas data kependudukan yang terdeteksi (seperti NIK sama nama beda, NIK invalid/belum rekam eKTP, NIK ganda, dll) secara otomatis data KPM menjadi tidak valid, sehingga tidak muncul dalam daftar KPM periode salur berjalan.… Read more »

Susilawati

Selamat siang….saya mau tanya kenapa saldo bpnt saya sejak Januari 2021 tidak ada saldo…sedangkan saya cek d data Kemensos…sudah proses bank/pos…itu artinya apa? Terima kasih

admin 3

Selamat siang saudara Susilawati yang kami hormati, Merespon pertanyaan saudara terkait program BST, dapat kami informasikan bahwa Kementerian Sosial RI selaku pemilik program tersebut mulai tahun 2021 telah melakukan perbaikan data penerima bersama Dinas Sosial Kab/Kota secara rutin setiap periode penyaluran. Perbaikan yang dilakukan salah satunya mencakup validasi data kependudukan yang dilakukan bersama Dukcapil baik di tingkat Kabupaten/Kota hingga Dukcapil Pusat di Kemendagri. Melalui proses ini kasus-kasus invaliditas data kependudukan yang terdeteksi (seperti NIK sama nama beda, NIK invalid/belum rekam eKTP, NIK ganda, dll) secara otomatis data KPM menjadi tidak valid, sehingga tidak muncul dalam daftar KPM periode salur berjalan.… Read more »

Antonius TUNANg GENDRo praboeo

Saya dpt PKH dan dalam keterangan art. Apa bisa cair nanti bila dalam keterangan PKH art???

nat

Selamat siang Saudara Antonius..

Merespon pertanyaan saudara, perlu kami sampaikan bahwa sasaran Program Keluarga Harapan (PKH) berbasis keluarga. Keterangan ART artinya Saudara merupakan Anggota Rumah Tangga (ART) dari Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH, atau ada salah seorang dari rumahtangga/keluarga Saudara yang pernah menjadi atau masih merupakan peserta PKH aktif. PKH merupakan program bantuan bersyarat yang memiliki kegiatan rutin secara kelompok dengan 1 orang pendamping. Salah satu syarat pencairan bantuan adalah keaktifan peserta mengikuti kegiatan rutin kelompok. Dan jika salah seorang dari keluarga Saudara merupakan peserta PKH aktif, seharusnya info terkait pencairan bantuan sudah disosialisasikan oleh pendamping kelompoknya.

Terimakasih.

Fermadi

nama ayah saya masuk di PKH dan keterangan nya ART. sementara selama ini kami tidak pernah mendapatkan bantuan apapun dari pemerintah atau dari program PKH. Mohon penjelasan nya

nat

Selamat siang Saudara Fermadi.. Merespon pertanyaan Saudara, perlu kami sampaikan bahwa sasaran Program Keluarga Harapan (PKH) berbasis keluarga. Keterangan ART artinya ayah Saudara merupakan Anggota Rumah Tangga (ART) dari Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH (satu KK), atau ada salah seorang dari rumahtangga/keluarga ayah Saudara yang pernah menjadi atau masih merupakan peserta PKH. PKH merupakan program bantuan bersyarat yang memiliki kegiatan rutin secara kelompok dengan 1 orang pendamping. Salah satu syarat pencairan bantuan adalah keaktifan peserta mengikuti kegiatan rutin kelompoknya. Jadi apabila salah satu anggota keluarga ayah Saudara merupakan peserta PKH aktif, seharusnya info terkait pencairan bansos telah disosialisasikan oleh pendamping… Read more »

Kiki

Selamat siang, saya mau bertanya saya baru tadi telah cek bahwa Ayah saya terdaftar di data Kemensos sebagai penerima BST akan tetapi sampai sekarang belum menerima surat undangan sedangkan tetangga yang lain sudah menerima dan sudah cair. Tindakan apa yang harus kami lakukan? Mohon bantuannya trimakasih

nat

Selamat siang Saudara/i Kiki. Merespon pertanyaan Saudara/i tentang hasil pengecekan di cekbansos.kemensos.go.id, dapat kami sampaikan bahwa : 1) Pastikan info bahwa ibu Saudara/i merupakan KPM BPNT adalah benar. Perlu kami sampaikan bahwa halaman tersebut menampilkan nama seluruh penerima bantuan sosial di lingkup desa/kelurahan sesuai pengaturan alamat dan nama yang Saudara/i ketikkan. Tujuannya memberikan keleluasaan bagi masyarakat untuk dapat mengetahui nama penerima bantuan di sekitarnya, sehingga dapat turut menjalankan fungsi pengawasan akan ketepatan sasaran bantuan di lingkungannya. Jadi pastikan mengetikkan nama lengkap sesuai KTP untuk memastikan data yang keluar adalah data Saudari. Apabila nama dan usia yang keluar sama persis lebih… Read more »

Mulyanah

Sy mau bertanya.. Kenapa semenjak ganti kartu ATM pkh.. Bpnt sy tidak keluar. Padahal sy sangat membutuh kan. Gimana cara sy memperbaiki masalah bpnt sy. Apakah ada solusi nya. Sudah 2 tahun bpnt sy tidak keluar alias tidak ada saldo nya dan tidak terdaftar. Terimakasih

admin 3

Selamat pagi saudara Mulyanah yang kami hormati, Merespon pertanyaan Saudara terkait program Bantuan Sosial Tunai (BST), dapat kami informasikan bahwa Kementerian Sosial RI selaku pemilik program tersebut mulai tahun 2021 telah melakukan perbaikan data penerima bersama Dinas Sosial Kab/Kota secara rutin setiap periode penyaluran. Perbaikan yang dilakukan salah satunya mencakup validasi data kependudukan yang dilakukan bersama Dukcapil baik di tingkat Kabupaten/Kota hingga Dukcapil Pusat di Kemendagri. Melalui proses ini kasus-kasus invaliditas data kependudukan yang terdeteksi (seperti NIK sama nama beda, NIK invalid/belum rekam eKTP, NIK ganda, dll) secara otomatis data KPM menjadi tidak valid, sehingga tidak muncul dalam daftar KPM… Read more »

Rojiati

Selamat malam..saya mau bertanya sebelumnya periode April BST saya cair kenapa periode Mei-Juni BST saya tidak cair…mohon infonya

admin 3

Selamat siang saudara Rojiati Merespon pertanyaan saudara terkait program BST yang tidak cair, dapat kami informasikan bahwa Kementerian Sosial RI selaku pemilik program tersebut mulai tahun 2021 telah melakukan perbaikan data penerima bersama Dinas Sosial Kab/Kota secara rutin setiap periode penyaluran. Perbaikan yang dilakukan salah satunya mencakup validasi data kependudukan yang dilakukan bersama Dukcapil baik di tingkat Kabupaten/Kota hingga Dukcapil Pusat di Kemendagri. Melalui proses ini, kasus-kasus invaliditas data kependudukan yang terdeteksi (seperti NIK sama nama beda, NIK invalid/belum rekam eKTP, NIK ganda, dll) secara otomatis data KPM menjadi tidak valid, sehingga tidak muncul dalam daftar KPM periode salur berjalan.… Read more »

Reyza Ksatria

Ijin tanya pak, kalau masalah PIP sekolah ditangani kemensos/kemdikbud?

admin 3

Selamat pagi saudara Reyza Ksatria

Kami informasikan bahwa Program Indonesia Pintar merupakan program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Infomasi lebih lanjut, untuk siswa tingkat SMA saudara dapat menanyakan di Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga DIY, dan untuk siswa tingkat SD-SMP, saudara dapat menanyakan ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat.

Semoga informasi yang kami berikan dapat di pahami saudara.

Terimakasih

DEWI PUSPITA SARI

Assalammu’alaikum..
Mau tanya Ibu saya mendapat bantuan BST yg diambil di kantor pos , tapi akhir bulan kemarin Ibu saya ikut saya pindah ke Jakarta, jadi BST yg bulan ini belum diambil, terus gimana ya, apakah itu nanti hangus atau gimana? Kebetulan Ibu saya sudah KK sendiri dan di KK cuma Ibu saya aja…jadi ga ada yg mewakilkan untuk mengambil…mohon bantuannya Pak..

Last edited 1 year ago by DEWI PUSPITA SARI
admin 3

Waalaikumsalam Wr WB

Saudara Dewi yang kami hormati, merespon pertanyaan saudara terkait pencairan program BST, jika pada bulan berjalan BST tidak di ambil, maka pada bulan tersebut BST yang tidak di ambil (melewati masa periode salur) akan hangus. Dan pengambilan BST dapat di lakukan di bulan selanjutnya sesuai dengan yang tertera pada undangan pengambilan BST.

Semoga jawaban yang kami berikan dapat membantu saudara

Terimakasih

Budi

Pagi saya mau tanya
Nama saya ada di dalam PKH
Tapi saya egak nerima apapun, tolong di cek lagi soalnya gak dapat bantuan cuma nama aja yang terdaftar.
Imbasnya saya daftar kartu prakerja gak pernah lolos karna NIK saya terdaftar BANSOS yang gak pernah ada wujudnya
Tolong saya bingung mau gimana
Sekarang lagi ppkm, dan ke PHK juga dqri kerjaan
Teman saya dapat blt 600 kenapa saya egak apa bedanya ?

SURIATI

Assalamu’alaikum maaf pak sebelumnya ?pak gimana caranya biar bisa dapat bantuan PKH karena saya blum ada bantuan sama sekali pak

nat

Wa’alaikumussalam wr wb Selamat siang Saudari Suriati Menjawab pertanyaan Saudari terkait kepesertaan program PKH, perlu kami sampaikan bahwa berdasarkan Permensos No 3 Tahun 2021 semua bantuan sosial baik dari pemerintah pusat maupun daerah harus berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Termasuk PKH. Penentuan dan penetapan calon KPM PKH dilakukan oleh Direktur Jaminan Sosial Keluarga Kementerian Sosial RI berdasarkan DTKS yang berlaku. Untuk dapat mengusulkan diri masuk dalam DTKS, silakan melaporkan diri melalui RT/RW/Dukuh setempat sesuai alamat KTP Saudari, karena pengesahan usulan awal ada di pemerintah desa/kelurahan setempat sesuai alamat KTP melalui forum mnusyawarah desa/kelurahan. Apabila keluarga Saudari termasuk warga miskin/kurang… Read more »

Sutan salahudin

Maaf saya mau tanyak yg sudah pindah alamat ktp dan masih mendapat undangan pengambilan bst di alamat yang lama..terus di ambil di pos alamat yang baru dengan membawa foto copi undangan yang di kasih dari rt yang lama..tapi di kantor pos alamat tinggal yang baru ga bisa di ambil…mohon saran nya bagai mana caranya agar bisa si ambil

nat

Selamat siang Saudara Sutan

Merespon pertanyaan Saudara terkait pengambilan BST, dapat kami sampaikan bahwa kantor pos cabang (sesuai alamat) hanya melayani pengambilan oleh KPM yang ada dalam daftar danom (kode barcode yang ada di undangan) yang ada untuk kantor pos tersebut. Sehingga kami sarankan untuk mengambil hak nya di kantor pos alamat lama, karene data Saudara ada dalam danom di kantor pos lama.

Terimakasih.

Ibadillah

Assalamualaikum..
Mau tanya, kenapa nenek saya tidak dpt bantuan satupun padahal udah lansia..

nat

Wa’alaikumussalam wr wb Selamat siang Saudara Ibadillah Merespon pertanyaan Saudara, perlu kami sampaikan bahwa tidak semua lansia mendapatkan bantuan. Apabila nenek Saudara ada dalam keluarga (dalam 1 KK) miskin/kurang mampu, maka keluarga tersebut dapat mengajukan diri untuk diusulkan masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), karena sesuai aturan yang berlaku saat ini semua bantuan sosial baik dari pemerintah pusat maupun daerah harus berdasarkan DTKS. Informasi selengkapnya terkait alur pendaftaran DTKS dapat diakses melalui laman berikut : Namun, apabila nenek Saudara merupakan warga miskin/tidak mampu dengan KK tunggal, akses jaminan sosial dapat diperoleh dengan cara mendaftarkan nenek Saudara ke Lembaga Kesejahteraan… Read more »

Tika

Maaf mau nanya.apa kah nama yg gk keluar bisa diburus y?biar bisa dpt bantuan?

Alvi Kharisma

Selamat malam, saya mau tanya tentang BST. apabila nama yang tertera di Kartu Keluarga sebagai penerima BST pindah Kartu Keluarga karena sudah menikah, BST masih akan tetap masuk atau pindah tangan ke keluarga lain di Kartu Keluarga yang sama?. Terimakasih

nat

Selamat siang Saudari Alvi Menjawab pertanyaan Saudari terkait pengaruh perubahan KK terhadap penerimaan BST, dapat kami sampaikan bahwa pada dasarnya jika pada saat proses persiapan penyaluran tidak ada perubahan usulan dari kelurahan/kabupaten, atau tidak ada permasalahan pada saat validasi data kependudukan KPM, maka bisa saja seorang KPM yang telah melakukan perubahan KK akan tetap masuk dalam daftar penerima beriode berikutnya. Namun perlu kami sampaikan bahwa BST merupakan program sementara yang diadakan dalam rangka penanganan dampak Pandemi Covid-19 sehingga bersifat sementara, bukan merupakan program reguler. Awalnya untuk tahun 2021 direncanakan hanya Januari – April yang turun sekaligus di bulan April. Namun… Read more »

Julaiha

Assalamu’alaikum,saya maw bertanya saya mengecek nama sya di cekbansos terdaftar mendapat bantuan PKH,dan sya pun menayakan kekampung tp katanya tdk ada,tp kenapa nama sya terdaftar di dtks,sebagai penerima PKH,mohon penjelasannya terima kasih,

nat

Selamat pagi Saudari Julaiha Terkait hasil pengecekan data Saudari di cekbansos.kemensos.go.id., perlu kami sampaikan bahwa halaman tersebut menampilkan nama seluruh penerima bantuan sosial di lingkup desa/kelurahan sesuai pengaturan alamat dan nama yang Saudari ketikkan. Tujuannya memberikan keleluasaan bagi masyarakat untuk dapat mengetahui nama penerima bantuan di sekitarnya, sehingga dapat turut menjalankan fungsi pengawasan akan ketepatan sasaran bantuan di lingkungannya. Jadi pastikan mengetikkan nama lengkap sesuai KTP untuk memastikan data yang keluar adalah data Saudari. Apabila nama lengkap dan usia yang keluar sama persis lebih dari satu, atau merasa bukan penerima tapi nama muncul di cekbansos, Saudari bisa mencari informasi di… Read more »

ARISKA NOVIA GAFITRI

Assalamualaikum. Maaf mau tanya yg berhak mendapatkan bansos itu kriterianya apa aja y??�

Last edited 1 year ago by ARISKA NOVIA GAFITRI
nat

Selamat pagi Saudara Ariska

Merespon pertanyaan Saudari terkait sasaran bansos, apabila yang dimaksud adalah bansos yang merupakan program Kementerian Sosial dapat kami sampaikan bahwa berdasarkan UU No 13 Tahun 2011 dan Permensos No 3 Tahun 2021 semua bantuan sosial harus berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). DTKS memuat informasi kondisi kesejahteraan rumah tangga meliputi identitas, perumahan, aset, perlinsos, demografi dan pendidikan. Berdasarkan data tersebut secara berkala pemerintah pusat memberikan penilaian status kesejahteraan setiap rumahtangga. Hasil penilaian tersebutlah yang menjadi dasar penentuan kriteria sasaran bantuan sosial.

Terimakasih.

Rina

Selamat pagi pak, saya kan penerima bantuan PKH tahun 2017 tapi mulai Januari 2021 saya sudah tidak pernah lagi dapat bantuan berupa beras ataupun uang, nama saya juga tidak ada di data dtks, apakah karena saya melakukan pergantian KK dan nama nya beda antara KK sama kartu kks nya? Trus kalo mau ubah nama agar sesuai kk yg baru prosedurnya gimana ya?
Terimakasih

Heryanto

Saya terdaftar di penerima bst di desa ibu saya,sedangkan empat bulan terakhir ini, saya sudah punya kartu keluarga baru di desa istri saya, apakah pengambilan bst bisa pakai kk baru saya
Terima kasih

Doddy

Assalaamualaikum ka… saya mau tanya tentang BST…waktu itu kan ada undangan tp sy ga bisa datang pas ada undangan lg sy datang tapi ko ga bisa ya udah telat kata nya.. terus gimana ya apakah nama saya masih terdaftar di BST. TRIMAKSH

nat

Wa’alaikumussalam Selamat sore Saudara Doddy Merespon pertanyaan Saudara terkait pengambilan BST, perlu kami informasikan bahwa, untuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, penyaluran BST periode XII – XIII yang disalurkan pada bulan April telah sampai pada tahap closing untuk semua cabang penyalur. Sehingga sesuai prosedur, PT.POS selaku pihak penyalur telah melaporkan hasil penyalurannya kepada Kementerian Sosial selaku pemilik program, dan bantuan yang tidak diambil oleh KPM telah dikembalikan ke kas negara. Menambahkan informasi, Bantuan Sosial Tunai (BST) merupakan program sementara dari Kementerian Sosial RI dalam rangka penanganan dampak Pandemi Covid-19 sehingga bersifat sementara, bukan merupakan program reguler. Di tahun 2021 awalnya direncanakan… Read more »

Herni

Selamat siang,
Jika nama saya tertera di wesite tapi saat ke kantor pos namanya tidak terdaftar itu bagaimana ya?

nat

Selamat sore Saudari Herni Terkait hasil pengecekan data Saudari di cekbansos.kemensos.go.id., perlu kami sampaikan bahwa halaman tersebut menampilkan nama seluruh penerima bantuan sosial di lingkup desa/kelurahan sesuai pengaturan alamat dan nama yang Saudari ketikkan. Tujuannya memberikan keleluasaan bagi masyarakat untuk dapat mengetahui nama penerima bantuan di sekitarnya, sehingga dapat turut menjalankan fungsi pengawasan akan ketepatan sasaran bantuan di lingkungannya. Jadi pastikan mengetikkan nama lengkap sesuai KTP untuk memastikan data yang keluar adalah data Saudari. Apabila nama lengkap dan usia yang keluar sama persis lebih dari satu, atau merasa bukan penerima tapi nama muncul di cekbansos, Saudari bisa mencari informasi di… Read more »

Deka

Selamat pagi, mau tnya. Bila tdk ada undangan pengambilan kks pkh itu dia lolos atw tdk jd anggota PKH? Sdgkn yg lain’y ada undangan. Soal’y wkt itu pmbukaan rekening’y bareng.

nat

Selamat siang Saudara/i Deka

Merespon pertanyaan Saudara/i, apabila Saudara/i merupakan warga (ber KTP) di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta mohon dapat menindaklanjutinya dengan mengirimkan :
1) Tangkapan Layar percakapan ini
2) Foto KTP dan KK (terbaca jelas) KPM PKH
3) Foto KKS
melalui email dinsos@jogjaprov.go.id dengan Subjek : Pengaduan PKH untuk dapat kami tindaklanjuti dengan pengecekan di data kami.

Terimakasih.