SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

PELAYANAN MASYARAKAT

Informasi, Syarat dan Prosedur Pelayanan (Klik Icon) :


4.6 16 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
966 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Sohra

Maaf kak. Saya mau bertanya. Saya merupakan salah satu warga yang menerima bantuan PKH ditempat saya. Suami saya berencana berpindah dari tempat saya sekarang dan berniat mengurus surat pindah. Pertanyaan saya kak. Apakah bantuan saya akan dicabut jika saya berpindah domisili? Jika tidak, apa saja yang harus saya urus agar bantuan PKH saya ini tidak dicabut. Terima kasih

nat

Selamat siang Saudari Sohra Merespon pertanyaan Saudari tentang kepesertaan program bantuan sosial, perlu kami informasikan bahwa berdasarkan Permensos no 3 Tahun 2021 semua pelaksanaan program bantuan baik dari pemerintah pusat maupun daerah harus berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Hal tersebut berlaku juga untuk pelaksanaan penyaluran bantuan PKH. Sekilas tentang DTKS, secara umum DTKS merupakan data yang menggambarkan kondisi kesejahteraan suatu rumahtangga, dimana rumahtangga terdiri dari keluarga dan anggota rumahtangga. Sehingga pada prinsipnya sebuah rumahtangga didata berdasarkan kondisi bangunan rumah yang ditempati beserta isinya dan demografi anggota keluarganya. Updating / perubahan data DTKS dilakukan sesuai keperluan. Apabila perubahan hanya berupa… Read more »

Among Prakosa

Saya ingin mengajukan kerjasama penyediaan makanan sehat untuk warga binaan panti, ke mana saya bisa mengirimkan email? Terimakasih.

nat

Selamat sore Saudara Among

Merespon pertanyaan Saudara terkait penawaran kerjasama, Saudara dapat langsung menghubungi lembaga/panti yang dimaksud, karena setiap panti memiliki pengelola sendiri. Terimakasih.

Ch Teguh Riyanto

Seorang purna bhakti bisakah menerima BLT…?

nat

Selamat sore Saudara Ch Teguh Merespon pertanyaan Saudara terkait kepesertaan BLT, apabila yang dimaksud adalah Bantuan Sosial Tunai (BST) yang merupakan program dari Kementerian Sosial untuk warga miskin terdampak Covid-19, maka dapat kami sampaikan bahwa berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin Nomor 18/6/SK/HK.02.02/4/2020 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Bantuan Sosial Tunai dalam Penanganan Dampak Covid-19 yaitu bahwa persyaratan pengusulan KPM BST harus merupakan warga miskin yang bukan merupakan peserta PKH serta bukan peserta Sembako/BPNT. Pengusulan dapat dilakukan melalui Desa/Kelurahan setempat (sesuai KTP). Tertapi apabila yang dimaksud adalah BLT Dana Desa, maka Saudara dapat menanyakan kepada pihak berwenang (perangkat desa)… Read more »

Ria

Assalamu’alaikum saya mau tanya saya dapat rekening bantuan tapi nama saya tidak terdaftar di dtks dan ATM saya hanya punya saldo 1 kali setelah itu kosong

nat

Wa’alaikumussalam.
Mohon diperjelas bantuan apa yang dimaksud, karena tidak semua bantuan dari pemerintah ada dalam kewenangan penanganan Dinas Sosial.

Terimakasih

Mina marlina

Assalamualaikum.
Maaf sebelumnya mau tanya saya kan terdaftar bst , tapi di situnya tidak ada periode nyaa apakah tetap dapat atau tidak?dan sampai sekarang saya belum mendapatkan surat undangan dari pihat RT.
terimakasih

nat

Wa’alaikumussalam
Selamat malam Saudari Mina

Merespon pertanyaan Saudari, apabila kolom KET dan kolom PERIODE tidak ada isinya, artinya Saudari tidak ada dalam daftar salur (bukan penerima) periode tertentu. Karena apabila nama tersebut merupakan penerima, maka kolom kolom tersebut akan berisi status penyaluran dan nama bulan periode salurnya.

Terimakasih.

Hasna

Mau tanya saya baru saja membuat BPJS kesehatan kelas 1 , dan mau pindah ke kelas 3 karna tidak sanggup membayar lagi 150/bulan nya
Cara nya gimana ya? Apakah saya harus datang ke kantor dinsos apa bisa lewat on line, saya KTP pekalongan dan domisili di tangerang
Saya milih kelas 1 karena dulu terpencet dan tidak bisa di rubah data nya terang dari petugas BPJS
Mohon jawaban nya karena saya sudah tidak bekerja lagi
Menurut saya ini memberatkan bagi saya
Saya bukan pegawai PNS

Mohon penjelasan nya
Terimakasih

Wahyu

Saya mau tanya…
Nama saya tercatat sebagai penerima bantuan BPNT periode April 2021 dan PKH periode Maret 2021 itupun saya baru tahu karena membuka link cekbansos.kemensos.go.id.
Yang mau saya tanyakan kenapa ya saya tidak pernah mendapatkan nya atau pun menerima informasi nya kalau saya penerima bantuan itu.

Vika

Nama saya di DTKS dan KTP/KK saat ini berbeda. Saat mau membuat KTP, saya memperbarui nama saya karena ada salah ketik di KK yang lama. Tetapi, waktu ngecek DTKS ternyata nama saya masih nama yang salah (sebelum KK diperbarui dan cetak KTP). Cara memperbarui nama agar sama dengan KK dan KTP saat ini bagaimana ya?

nat

Selamat sore Saudari Vika

Merespon pertanyaan Saudari mengenai kesalahan data pada DTKS, dapat kami sampaikan bahwa kewenangan perbaikan DTKS ada di Dinas Sosial Kabupaten/Kota setempat, sesuai alamat KTP Saudari.

Terimakasih.

septri

mlm pak/ibu, mhon bntuannya ibu sya sudah lama tidak dpt pkh, alasan pengurusnya dlu karena umur ibu sya belum 70thn, pdhl sya melihat persyaratn mengenai pkh untuk kategori lansia yaitu dari 60thn keatas,sdngkan ibu sya sudah 63tahun, dan sudah tdk kuat lg untuk bekerja, dan barusan cek di kemensos,go.id kolom PKH ,status YA ket.ART , dan sedangkan untuk periodenya kosong, itu bagaimana ya pak ?? terimakasih sebelumnya

nat

Selamat sore Saudari Septri Menjawab pertanyaan Saudari terkait status kepesertaan PKH, dapat kami informasikan bahwa : 1) Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program reguler Kementerian sosial yang memiliki kegiatan rutin. Keikutsertaan KPM dalam kegiatan tersebut merupakan syarat pencairan bantuan. Setiap KPM tergabung dalam kelompok yang tiap kelompoknya didampingi oleh seorang petugas pendamping PKH. Sehingga jika Saudari atau keluarga Saudari merupakan KPM PKH aktif, maka seharusnya infoinfo terkait kepesertaan maupun bantuan telah disosialisasikan oleh pendamping kelompok. 2) Perlu ditelusuri apakah ada anggota keluarga lain yang pernah menjadi / masih merupakan peserta PKH aktif. Bila ya, maka NIK ibu Saudari otomatis ikut… Read more »

anik

Maaf mau tanya klo pindah alamat apakah bs pkh dipindah juga trus bagaimana caranya

nat

Selamat malam Saudari Anik Merespon pertanyaan Saudari tentang kepesertaan program bantuan sosial, perlu kami informasikan bahwa berdasarkan Permensos no 3 Tahun 2021 semua pelaksanaan program bantuan baik dari pemerintah pusat maupun daerah harus berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Hal tersebut berlaku juga untuk kepesertaan Program Keluarga Harapan (PKH). Sekilas tentang DTKS, secara umum DTKS merupakan data yang menggambarkan kondisi kesejahteraan suatu rumahtangga, dimana rumahtangga terdiri dari keluarga dan anggota rumahtangga. Sehingga pada prinsipnya sebuah rumahtangga didata berdasarkan kondisi bangunan rumah yang ditempati beserta isinya, kepemilikan aset dan demografi anggota keluarganya. Updating / perubahan data DTKS dilakukan sesuai keperluan. Apabila… Read more »

RATNA DEWI

Assalamualaikum bapak yg terhormat
Selama ini saya belom pernah mendapat bantuan berupa apapun.padalah saya sagt mbutuhkan karna dampak kovit19.semlm saya lhat dilink Kemensos ada nama saya disitu.pkh dan BNPT ya juga.tapi saya tnya RT mereka tidak ada informasi dari kelurahan.langkah apa yg saya tempuh biar dapat bantuan pemerintah.periode Maret dan di proses di bank/pos.mohon pencerahan bapak

nat

Selamat sore Saudarai Ratna Menjawab pertanyaan Saudari terkait status kepesertaan PKH, dapat kami informasikan bahwa : 1) Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program reguler Kementerian sosial yang memiliki kegiatan rutin. Keikutsertaan KPM dalam kegiatan tersebut merupakan syarat pencairan bantuan. Setiap KPM tergabung dalam kelompok yang tiap kelompoknya didampingi oleh seorang petugas pendamping PKH. Sehingga jika Saudari atau keluarga Saudari merupakan KPM PKH aktif, maka seharusnya info bantuan telah disosialisasikan oleh pendamping kelompok. 2) Perlu ditelusuri apakah ada anggota keluarga Saudari yang pernah menjadi / masih merupakan peserta PKH aktif. Bila ya, maka NIK Saudari otomatis ikut terdaftar. Sebagai informasi, bahwa… Read more »

agustian

asslkum.saya mau bertanya soal PKH.saya terdaptar d DTKS priode oktober 2020.tetapi sampaikan sekarang saya blm mendapatkan bantuan.saya meliki 1anak balita dan 1lg anak SD.pertanyaan saya kapan SK buat anggota baru d keluarkan.sedangkan semenjak convid usaha km gulung tikar.sedangkan sy bertanya sm pak RT dia gak tau.bertanya sm pendamping pkh susah bertemu karnah alamat rmh pendamping sudah pindah.sampai skrg saya cek blm mendapatkan bantuan.at udangan.

nat

Selamat sore Saudara/i Agustian Merespon apa yang Saudara/i sampaikan, perlu kami luruskan bahwa terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial bukan berarti pasti merupakan penerima bansos. Akan tetapi untuk dapat mengusulkan diri menjadi penerima bansos, harus terdaftar/diusulkan masuk dalam DTKS (berdasarkan Permensos No. 3 Tahun 2021 tentang Pengelolaan DTKS) Sehingga, apabila keluarga Saudara/i merupakan warga miskin yang layak mendapat serta memerlukan bantuan sosial dan selama ini belum pernah mendapatkan bantuan sosial, Saudara/i dapat mendaftarkan diri melalui sekretariat Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) yang ada di kantor Dinas Sosial Kabupaten/Kota setempat (sesuai alamat KTP) dengan membawa KTP dan KK. Di sana petugas… Read more »

Nina nurjanah

Selamat malam, maaf saya mau bertanaya, bagaimana car untuk mengurus data yg tidak sama dengan KK, orang tua saya penerima manfaat PKH karena ketidakcocokan data di ktp kk dgn di ATm nya jadi orng tua saya tidak menerima manfaatnya lagii..
Terimakasih, mhon bantuannya

nat

Selamat pagi Saudara Nina

Menjawab pertanyaan Saudari terkait ketidakcocokan data di ATM dengan KK, Saudari bisa datang ke Dinas Sosial Kabupaten/Kota setempat, sesuai dengan alamat KTP Saudari untuk mendapatkan penjelasan lengkap dan pengantar apabila diperlukan untuk mengurus perbaikan data di bank penerbit ATM tersebut.

Tarimakasih.

Budi santoso

Assalammulaikum.
Maaf saya mau tanya, knpa kok bantuan pkh kepada janda lansia dicabut..? Padahal sangat di butuhkan sekali, alasan pengurusny karena kk ny sendiri..? Apakah bnar seperti itu.?

nat

Wa’alaikumussalam
Selamat pagi Saudara Budi

Merespon pertanyaan Saudara terkait PKH lansia, perlu kami informasikan bahwa berdasarkan Buku Pedoman Pelaksanaan PKH Tahun 2021 yang berlaku saat ini dijelaskan bahwa untuk komponen Lansia diperuntukkan bagi Lansia yang tinggal bersama (dalam satu KK) keluarga penerima manfaat (KPM) PKH.

Terimakasih.

Sandrina

Boleh kasih arahan sedikit…saya punya teman sudah mau pisah sma suami nya hanya dia luntang lamtung dgn 2 org anaknya…kira kira bisa gak ya dimasukan di dinas sosial…saya bukan gak nampung…hanya sya juga org pas pas an…kasian kalo dia harus luntang lantung di pinggir jalan dengan dua anak nya yang satu 1 tahun yang satu 6 bulan …suami nya mukulin terus makanya dia keluar dr rumah ..boleh minta solusi …dan mereka tidak punya rumah..selama ini ngontrak…org tua dr ini perempuan sudah tidak mau trima dia…diusahakan dr keluarga….boleh dibantu solusi baiknya…note ; perempuan ini rajin bekerja ..selama in dia jadi tukang… Read more »

Nisfah

Selamat sore saya mau tanya tentanh bantuan pkh,saya terdaftar nerima bantuan pkh,tpi saya gapernah dapet bantuan pkh,apakah bisa di urus?org tua saya jg dpt pkh

nat

Selamat pagi Saudari Nisfah Terkait hasil pengecekan data Saudari di cekbansos.kemensos.go.id., perlu kami sampaikan bahwa halaman tersebut menampilkan nama seluruh penerima bantuan sosial di lingkup desa/kelurahan sesuai pengaturan alamat dan nama yang Saudari ketikkan. Tujuannya memberikan keleluasaan bagi masyarakat untuk dapat mengetahui nama penerima bantuan di sekitarnya, sehingga dapat turut menjalankan fungsi pengawasan akan ketepatan sasaran bantuan di lingkungannya. Jadi pastikan mengetikkan nama lengkap sesuai KTP untuk memastikan data yang keluar adalah data Saudari. Apabila nama dan alamat yang keluar sama persis lebih dari satu, Saudari bisa mencari informasi di wilayah Saudari untuk memastikan siapa KPM yang dimaksud. Terkait kepesertaan… Read more »

Desta Micky Novella

Halo min, saya mau menanyakan, suami saya dikatakan mendapat bantuan PKH periode oktober 2020, tapi sampai saat ini suami saya tidak mendapatkan PKHnya. Suami saya mendapat pemberitahuan tersebut setelah daftar kartu prakerja tapi tidak lolos dikarenakan sudah mendapat bantuan PKH . Tapi ternyata suami saya tidak pernah menerima bantuan PKHnya . Mohon bantuannya .

nat

Selamat sore Saudari Desta Merespon pertanyaan Saudari terkait status kepesertaan PKH, dapat kami informasikan bahwa : 1) Perlu ditelusuri apakah ada anggota keluarga sauami Saudari yang pernah menjadi / masih merupakan peserta PKH aktif. Bila ya, maka NIK suami Saudari otomatis ikut terdaftar. Sebagai informasi, bahwa sasaran PKH berbasis keluarga (KK). Sehingga apabila keluarga suami Saudari merupakan Keluarga Penerima manfaat (KPM) PKH, maka seluruh nama/NIK yang berada di KK yang sama otomatis terdeteksi sebagai KPM PKH. 2) Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program reguler Kementerian sosial yang memiliki kegiatan rutin. Keikutsertaan KPM dalam kegiatan tersebut merupakan syarat pencairan bantuan. Setiap… Read more »

nat

Selamat siang Saudara Yusup Merespon pertanyaan Saudara terkait bansos PKH, dapat kami sampaikan Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program bantuan bersyarat yang memiliki kegiatan pertemuan rutin secara berkelompok, yang dipandu oleh Pendamping PKH. Kegiatan tersebut dinamakan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga(P2K2). Dalam kegiatan pertemuan tersebut disampaikan materi-materi mengenai masalah kesehatan dan pendidikan keluarga oleh Pendamping PKH kelompok. Pendamping PKH kelompok inilah yang akan menjadi perantara setiap anggota kelompok PKH dalam mengakses bantuan PKH. Keaktifan mengikuti kegiatan tersebut merupakan syarat cairnya bantuan. Jika salah satu anggota keluarga Saudara merupakan peserta program PKH aktif, semestinya informasi pencairan bantuan telah disosialisasikan oleh Pendamping PKH… Read more »

eddy cahyono

assalamu alaikum wr.wb, maap saya mau tanya masalah bansos 300,000. saya cek di laman saya status YA akan tetapi sampe sekarang belum ada undangan daro pos. mohon penjelasan. trima kasih..

nat

Selamat siang Saudara Eddy

Merespon pertanyaan Saudara terkait program BST, dapat kami informasikan bahwa Kementerian Sosial RI selaku pemilik program tersebut mulai tahun 2021 telah melakukan perbaikan data penerima bersama Dinas Sosial Kab/Kota secara rutin setiap periode penyaluran. Jika Saudara memang terdaftar dalam penyaluran periode tertentu, maka pada laman tersebut akan muncul juga info periode penyalurannya. Undangan diberikan oleh Bank/Pos penyalur hanya kepada penerima yang tercantum dalam daftar salur periode berjalan.
Untuk informasi lebih lanjut tentang status kepesertaan BST saudara, dapat ditanyakan ke Dinas Sosial Kab/Kota sesuai alamat KTP saudara.

Lukman

Salam Hormat
saya mau bertanya..apakah data BST bisa di rubah atau di ganti. soalnya ada yang suami kebagian,istrinya juga kebagian

nat

Selamat siang Saudara Lukman
Terimakasih atas pertanyaannya.

Menjawab pertanyaan Saudara terkait BST, dapat kami informasikan bahwa perbaikan data penerima BST dilakukan secara rutin oleh Kementerian Sosial RI bersama Dinas Sosial Kabupaten/Kota setiap periode penyaluran. Sehingga apabila dalam perjalanannya ditemukan kekeliruan semacam dobel bantuan atau yang bersifat administratif (data kependudukan) sangat mungkin dilakukan perbaikan untuk periode selanjutnya.
Apabila menemui salah satu kasus tersebut, silakan melaporkan hal tersebut kepada Dinas Sosial Kabupaten/Kota setempat (sesuai alamat KTP), dengan membawa bukti bukti yang diperlukan (KTP, KK, dll) untuk dapat ditindaklanjuti.

Terimakasih.

Yusup Estu Yurisyam Silalahi

Selamat Siang…saya mau bertanya, bahwa nama saya terdaftar penerima PKH untuk Periode April 2021, saya belum tahu prosedurnya, mohon pencerahannya…🙏🙏🙏

Siti Fatimah

Saya mau tanya saya cek sttus PKH ya tp ko gk dpet bantuannya

nat

Selamat sore Saudari Siti Merespon pertanyaan Saudari terkait bansos PKH, dapat kami sampaikan Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program bantuan bersyarat yang memiliki kegiatan pertemuan rutin secara berkelompok, yang dipandu oleh Pendamping PKH. Kegiatan tersebut dinamakan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga(P2K2). Dalam kegiatan pertemuan tersebut disampaikan materi-materi mengenai masalah kesehatan dan pendidikan keluarga oleh Pendamping PKH kelompok. Pendamping PKH kelompok inilah yang akan menjadi perantara setiap anggota kelompok PKH dalam mengakses bantuan PKH. Keaktifan mengikuti kegiatan tersebut merupakan syarat cairnya bantuan. Jika salah satu anggota keluarga Saudara merupakan peserta program PKH aktif, semestinya informasi pencairan bantuan telah disosialisasikan oleh Pendamping PKH… Read more »

Uut

Assalamualaikum, maaf saya mau tanya, bagaimana prosedur pengajuan pembuatan KIS (Kartu Indonesia Sehat) untuk anak baru lahir…?

nat

Wa’alaikumussalam Selamat siang Saudari Uut Menjawab pertanyaan Saudari terkait KIS, apabila yang Saudari maksud adalah pengajuan kepesertaan program bantuan iuran JKN-KIS dari pemerintah pusat (PBI JKN), maka dapat kami sampaikan bahwa saat ini kebijakan pemerintah pusat terkait prioritas kepesertaan PBI JKN ada pada keluarga/rumahtangga yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Sehingga apabila ada bayi yang terlahir dari keluarga yang sudah merupakan peserta PBI JKN, maka bayi tersebut otomatis juga akan diproses kepesertaan PBI JKNnya oleh BPJS. Namun apabila yang saudari maksudkan adalah skema kepesertaan KIS yang lain (Mandiri, Pekerja Penerima Upah, dll), Saudari bisa menjdapatkan informasi lebih lanjut… Read more »

Heri

mau nanya admin.istri saya terdaftar bansos pkh tapi tida ada saldo nya sapey sekarang.mohon kopirmasinya.terimakasih sebelum nya.

nat

Selamat sore Saudara Heri Merespon pertanyaan Saudara terkait bansos PKH, dapat kami sampaikan Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program bantuan bersyarat yang memiliki kegiatan pertemuan rutin secara berkelompok, yang dipandu oleh Pendamping PKH. Kegiatan tersebut dinamakan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga(P2K2). Dalam kegiatan pertemuan tersebut disampaikan materi-materi mengenai masalah kesehatan dan pendidikan keluarga oleh Pendamping PKH kelompok. Pendamping PKH kelompok inilah yang akan menjadi perantara setiap anggota kelompok PKH dalam mengakses bantuan PKH. Keaktifan mengikuti kegiatan tersebut merupakan syarat cairnya bantuan. Jika salah satu anggota keluarga Saudara merupakan peserta program PKH aktif, semestinya informasi pencairan bantuan telah disosialisasikan oleh Pendamping PKH… Read more »

Roro

Selamat pagi ..saya mau bertanya tentang status bst saya yang dalam cek laman tertulis sudah tersalurkan tapi saya belum menerima undangan untuk pencairannya…mohon petunjuk kemana saya harus menanyakannya..maturnuwun🙏

nat

Selamat pagi Saudari Roro

Menjawab pertanyaan Saudari terkait BST, Saudari dapat menanyakan status pencairan BST di kantor pos wilayah setempat.

Terimakasih.

Roro

Oo nggih…maturnuwun untuk info dan penjelasannya🙏🙏

nat

Selamat siang Saudara Alfin Merespon apa yang Saudara sampaikan, silakan terlebih dahulu diperjelas informasinya mengenai hasil pengecekan yang Saudara lakukan melalui laman tersebut, yaitu nama Saudara tercantum memiliki IDRTBDT atau terdeteksi sebagai penerima bansos tertentu. Dan tidak dapat apa yang dimaksud. Apabila Saudara bermaksud meminta dilakukan pengecekan terhadap permasalahan tersebut, silakan kirimkan : 1) Tangkapan layar/screenshoot hasil pengecekan Saudara di laman dtks.kemensos.go.id 2) Foto KTP dan KK Saudara 3) Tangkapan layar/screenshoot percakapan ini ke email dinsos@jogjaprov.go.id dengan Subjek : Pengaduan Bansos agar kami dapat menindaklanjuti laporan Saudara. Perlu Saudara ketahui bahwa NIK terdaftar di DTKS bukan berarti pasti mendapat bansos.… Read more »

Dewi khomala

Saya maubtajya saya tadi cek di cek bansos statuanya mendapatkan bantuan pkh. Namun nyatanya sampai skrang kami tidak mendapatkan apa apa dari pemerintah. Mohon konformasinya. Suami saya pekerja swasta di sebuah pt. Pernah mndapat bantuan th kamren. Skran kdang mausk kdang tidak perekonomian kami sdang sulit sulitnya mohon bantuannya. Mohon segera dicek. Karena saya dan suami mendapatkan status dapat bantuan dari pkh. Terima kasih atas perhatiannya. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam pengetikan

nat

Selamat pagi Saudari Dewi Merespon permasalahan yang Saudari sampaikan, mohon info yang lebih jelas terkait bantuan yang pernah suami/keluarga Saudari dapatkan sebelumnya tersebut, program bantuan apa yang dimaksud. Apabila yang dimaksud adalah program bantuan dari Kementerian Sosial, mungkin masih bisa kami upayakan menelusuri permasalahannya. Namun apabila bantuan yang dimaksud ada di luar kewenangan kami (misal : KIP, BPUM, BLT DD) maka silakan Saudari menanyakan kepada pihak yang terkait dengan kewenangan pemilik program. Selanjutnya, terkait status kepesertaan program PKH, mohon kami dibantu informasi profil keluarga Saudari lebih lengkapnya dengan mengirimkan : 1) Tangkapan layar/Screenshoot percakapan ini 2) foto KTP dan KK… Read more »

cahyo triwibowo

maaf saya mempunyai anak sd ibu hamil kok gak dpt pkh

nat

Selamat pagi Saudara Cahyo

Merespon pertanyaan Saudara terkait PKH, sebelumnya perlu Saudara ketahui bahwa Keluarga Harapan (PKH) merupakan program bersyarat yang ditujukan untuk keluarga miskin dan rentan serta terdaftar dalam data terpadu program penanganan fakir miskin, memiliki komponen kesehatan, pendidikan, dan/atau kesejahteran sosial.
Dengan demikian, jika memiliki salah satu atau lebih dari komponen tersebut, namun bukan merupakan keluarga miskin dan rentan atau tidak terdaftar dalam data terpadu, maka bukan merupakan sasaran program PKH.
Info selengkapnya mengenai PKH DIY dapat diakses melalui tautan berikut : https://pkh-jogjaistimewa.com

Terimakasih.

Siti khasanah

Maaf mau tanya..kemaren nik saya dan suami saya terdaftar di dtks kemensos bantuan pkh.padahal sebelumya gak pernah terdaftar.apakah kluarga kami bisa mndapat pencairan bantuan pkh bulan ini.terus kalo memang dapat bagaimana cara mencairkan nya..terimakasih..

nat

Selamat sore Saudari Siti

Menjawab pertanyaan Saudari mengenai ketercantuman Saudari pada DTKS dan kepesertaan PKH, sebelumnya dapat kami informasikan bahwa Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang berlaku sampai saat ini masih DTKS periode Oktober 2020. Sedangkan data kepesertaan PKH bersifat dinamis, sehingga perlu dipastikan dulu apakah saat ini keluarga Saudari benar-benar terdaftar sebagai peserta PKH. Untuk memastikan status kepesertaan PKH keluarga Saudari, Saudari dapat menemui petugas Pendamping PKH di Kantor Kecamatan sesuai alamat KTP Saudari.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai bantuan PKH, Saudari dapat mengakses tautan berikut : Juknis Penyaluran Bansos PKH

Semoga membantu.
Terimakasih.

Yulianingsih

Selamat pagi….maaf mau tanya. Saya baru saja daftar di cekbansos.dan nama saya terdaftar sebagai penerima BST. Setelah saya terdaftar sebagai penerima BST saya harus kemana …? Terimakasih

nat

Selamat pagi Saudari Yulianingsih Merespon pertanyaan Saudari mengenai status kepesertaan BST, perlu kami informasikan bahwa mulai tahun 2021 Kementerian Sosial RI bersama Dinas Sosial Kab/Kota melakukan perbaikan data penerima program BSP maupun BST secara rutin setiap perioda penyaluran. Sehingga untuk memastikan apakah Saudari terdaftar sebagai penerima BST periode tertentu, Saudari dapat menanyakannya ke Dinas Sosial Kab/Kota setempat (sesuai alamat KTP). Sebagai tambahan informasi, pengesahan daftar penerima dilakukan oleh Kementerian Sosial RI, sehingga Dinas Sosial Kab/Kota mendapatkan informasi daftar penerima setelah mendapatkan surat resmi yang berisikan daftar KPM tersebut dari Kementerian Sosial RI setiap periode penyaluran. Namun jika Saudari ada dalam… Read more »

anna

Mohon maaf saya mau nnya knp nm ibu saya saya cek menerima BST dan sdh tersalurkan tapi knp dr pihak RT setempat tdk ada komfirmasi bahwa ibu saya menerima bantuan tsb.dan smpe saat ini ibu tdk prnh menerima bntuan apapun tapi knp pas dicek nmnya terdaftar di dtks .mohon pnjelasanya

nat

Selamat pagi Saudari Anna Merespon pertanyaan Saudari terkait status penyaluran BST ibu, dapat kami informasikan bahwa sesuai penjelasan yang tercantum dalam Lampiran Keputusan Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial RI Nomor 18/6/SK/HK.02.02/4/2020 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Bantuan Sosial Tunai Dalam Penanganan Dampak Covid-19 bagian F, bahwa pelaksana Bantuan Sosial Tunai di antaranya dapat dilihat selengkapnya di tautan berikut : Juknis Pelaksanaan BST Sehingga tidak mengherankan apabila Saudari tidak mendapat konfirmasi dari pihak RT setempat, karena Pemerintah Desa/Kelurahan memang bukan bagian dari pelaksana program tersebut. Sebagai tambahan informasi, DTKS yang masih berlaku saat ini adalah periode Oktober 2020. Sedangkan program… Read more »

nat

Selamat pagi Saudari Suci
Merespon permasalahan yang Saudari sampaikan terkait kesalahan/kekeliruan data nama, mohon kami dibantu informasi lebih lengkapnya dengan mengirimkan data berikut :
Nama Lengkap:
NIK :
No KK :
Alamat :
Beserta foto KTP, KK dan tangkapan layar percakapan ini agar dapat kami tindaklanjuti dengan pengecekan dalam data kami.
Kirim ke alamat email kami dinsos@jogjaprov.go.id dengan Subjek Pengaduan PKH

Terimakasih

Yeti aryanti

Tiap bulan suka dapet BST,Vi yang bulan Maret sama Afril ga dapet di cek di google tidak terdaftar KPM ,maksudnya apa ea…
Keingin mah dapet soalnya punya balita 2

nat

Selamat siang Sauderi Yeti Menjawab pertanyaan Saudari mengenai bansos tunai, perlu kami informasikan bahwa pemerintah pusat selaku pemilik program tersebut selalu mengevaluasi pelaksanaan penyaluran program bansos, termasuk penyaluran BST setiap kuartalnya. Berdasarkan setiap hasil evaluasi tersebut, akan selalu dilakukan perubahan-perubahan, baik itu perubahan alokasi, perubahan kuota ataupun perubahan sistem penyaluran. Tujuannya agar lebih tepat sasaran dan tidak terjadi kesalahan administrasi. Besar kemungkinan perubahan tersebut berdampak pada status kepesertaan BST Saudari. Selain itu, mulai Januari 2021 perbaikan data bansos secara nasional dilakukan setiap bulan oleh Kementerian Sosial bersama Dinas Sosial Kabupaten/Kota. Untuk informasi selengkapnya terkait permasalahan Saudara, silakan kunjungi Pusat Kesejahteraan… Read more »

Ning fatimah

Pak mau tanya . Ibu saya dapat bantuan bpnt . Sudah sy cek lewat aplikasi dtks sudah salur tapi dari Januari sampai bulan April ini tidak dapat sama sekali

nat

Selamat siang Sauderi Fatimah Menjawab pertanyaan Saudari mengenai program BPNT yang sekarang menjadi Bantuan Sosial Pangan (BSP), perlu kami informasikan bahwa pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Sosial RI selaku pemilik program tersebut selalu mengevaluasi pelaksanaan penyaluran program bansos, termasuk penyaluran BSP setiap kuartalnya. Berdasarkan setiap hasil evaluasi tersebut, akan selalu dilakukan perubahan-perubahan, baik itu perubahan alokasi, perubahan kuota ataupun perubahan sistem penyaluran. Tujuannya agar lebih tepat sasaran dan tidak terjadi kesalahan administrasi. Besar kemungkinan perubahan tersebut berdampak pada status kepesertaan program BSP Saudari. Selain itu, mulai Januari 2021 hingga saat ini perbaikan data bansos secara nasional dilakukan setiap bulan… Read more »

Ferry sanjaya

Maaf saya mau lapor sebelumnya saya dpt bantuan bst bulan Januari sampai Pebruari tpi knp bulan Maret April saya tidak mendapatkan undangan dari kantor pos ya pdahal saya cek di data Kemensos nama saya terdaftar dan sedang di proses, sebagai penerima bst bulan April mohon bantuannya agar saya bisa mendapatkan bansos bst terimakasih

nat

Selamat siang Saudera Ferry Menjawab pertanyaan Saudara mengenai bansos tunai, perlu kami informasikan bahwa pemerintah pusat selaku pemilik program tersebut selalu mengevaluasi pelaksanaan penyaluran program bansos, termasuk penyaluran BST setiap kuartalnya. Berdasarkan setiap hasil evaluasi tersebut, akan selalu dilakukan perubahan-perubahan, baik itu perubahan alokasi, perubahan kuota ataupun perubahan sistem penyaluran. Tujuannya agar lebih tepat sasaran dan tidak terjadi kesalahan administrasi. Besar kemungkinan perubahan tersebut berdampak pada status kepesertaan BST Saudara. Selain itu, mulai Januari 2021 hingga saat ini perbaikan data bansos secara nasional dilakukan setiap bulan oleh Kementerian Sosial bersama Dinas Sosial Kabupaten/Kota. Untuk informasi selengkapnya terkait permasalahan Saudara, silakan… Read more »

adie

bpk saya 1 rumh dngn saya dan kk sendiri kemarin2 dapt pkh kok sekarang ga dpt nggeh? Sedangkan saya ga kerja 2 anak tk dan sd ga dpt pkh

nat

Selamat pagi Saudara Adie
Merespon permasalahan yang Saudara sampaikan terkait status kepesertaan program PKH, mohon kami dibantu informasi profil keluarga Saudara lebih lengkapnya dengan mengirimkan :
1) Tangkapan layar/Screenshoot percakapan ini
2) foto KTP dan KK Saudara
3) Foto KTP dan KK bapak Saudara
sebagai bahan kami melakukan pengecekan.
Kirim ke alamat email kami dinsos@jogjaprov.go.id dengan Subjek Pengaduan PKH

Terimakasih

ENDANG SRIMUJI RAHAYU

nama :ENDANG SRIMUJI RAHAYU
alamat:jimbung, kalikotes klaten.

Saya selaku penerima bantuan sosial tunai (bst)
mohon Izin melaporkan ,
pada hari ini:
Rabu tgl 28 April 2021
jam 12:00 Baru Di terima
undangan pengambilan (bst) pada hari ini Dan jam yang sama,
jadi waktu nya mepet, saya
sudah datang ke kantor pos tempat pengambilan (bst)
namun sudah tutup solusinya agar bisa di ambil bagai mana?

Sekian dan terimakasih 🙏🙏

nat

Selamat siang Saudari Endang

Menjawab pertanyaan Saudari terkait pengambilan BST, dapat kami sampaikan bahwa jadwal yang tercantum di undangan merupakan jadwal utama pembayaran. Sehingga masih dapat diambil di hari berikutnya.

Terimakasih.

Suci R

Maaf saya mau tanya, tahun lalu saya dapat pkh pas pendataan dari pihak bank nama ibu kandung tertukar sama nama ibu mertua kata pihak bank tidak apa apa tapi apa mungkin pkh sekarang saya tidak cair gara gara petugas bank nya salah ngisi

Titi

Kalo data d dtks masih status masih menerima tapi gak dapet undangannya gimana itu pak

nat

Selamat pagi Saudari Titi

Merespon pertanyaan Saudari, jika yang dimaksud adalah BST, dapat kami informasikan bahwa Kementerian Sosial RI selaku pemilik program tersebut mulai tahun 2021 telah melakukan perbaikan data penerima bersama Dinas Sosial Kab/Kota secara rutin setiap periode penyaluran. Jika Saudara memang terdaftar dalam penyaluran periode tertentu, maka pada laman tersebut akan muncul juga info periode penyalurannya. Undangan diberikan oleh Bank/Pos penyalur hanya kepada penerima yang tercantum dalam daftar salur periode berjalan.
Untuk informasi lebih lanjut tentang status kepesertaan BST Saudari, dapat ditanyakan ke Dinas Sosial Kab/Kota sesuai alamat KTP Saudari.

Terimakasih.

Yuni astri

Maaf saya mau lapor sebelumnya saya dpt bantuan bst bulan Januari sampai Pebruari tpi knp bulan Maret April saya tidak mendapatkan undangan dari kantor pos ya pdahal saya cek di data Kemensos nama saya terdaftar sebagai penerima bst bulan April mohon bantuannya agar saya bisa mendapatkan bansos bst terimakasih

nat

Selamat malam Saudari Yuli

Kami sarankan Saudari menyampaikan laporan/pengaduan melalui kanal resmi pengaduan yang telah disediakan pemerintah, yaitu lapor.jogjaprov.go.id atau lapor.go.id agar dapat menyertakan bukti-bukti yang diperlukan untuk dapat kami tindaklanjuti. Melalui kanal resmi identitas dan data-data Saudari akan dijamin keamanan dan kerahasiaannya.

Terimakasih.

Dwi

Maaf, sy penerima BST tapi saat pencairan 2 bulan terakhir sy tidak menerima barkode dan saat saya tanyakan ke pihak terkait katanya sy dihapus dari penerima bansos. Tapi saat di cek status sy masih penerima dan bansos Sudah disalurkan. Itu bagaimana ya? Padahal sy tidak menerima tapi kenapa status sudah disalurkan?

nat

Selamat malam Saudari Dwi

Kami sarankan Saudari menyampaikan laporan/pengaduan melalui kanal resmi pengaduan yang telah disediakan pemerintah, yaitu lapor.jogjaprov.go.id atau lapor.go.id agar dapat menyertakan bukti-bukti yang diperlukan untuk dapat kami tindaklanjuti. Melalui kanal resmi identitas dan data-data Saudari akan dijamin keamanan dan kerahasiaannya.

Terimakasih.

Adhi

Kami sudah cek di cekbansos online kami punya nama untuk penerima bst dikatakan ya. Tpi dikantor pos kok tdk dapat undangan?

nat

Selamat pagi Saudara Adhi

Terkait program BST, dapat kami informasikan bahwa Kementerian Sosial RI selaku pemilik program tersebut mulai tahun 2021 telah melakukan perbaikan data penerima bersama Dinas Sosial Kab/Kota secara rutin setiap periode penyaluran. Jika Saudara memang terdaftar dalam penyaluran periode tertentu, maka pada laman tersebut akan muncul juga info periode penyalurannya. Undangan diberikan oleh Bank/Pos penyalur hanya kepada penerima yang tercantum dalam daftar salur periode berjalan.
Untuk informasi lebih lanjut tentang status kepesertaan BST saudara, dapat ditanyakan ke Dinas Sosial Kab/Kota sesuai alamat KTP saudara.

Terimakasih.

Muhammad Reza

Nik dan nama salah di undangan bst 300 ribu sehingga tidak bisa cair,,,bagai mana proses nya agar bisa cair kembali,,?

nat

Selamat malam Saudara Reza Menjawab pertanyaan Saudara terkait kesalahan NIK dan Nama pada undangan BST, kami sampaikan bahwa dalam Keputusan Direktoran Jenderal Penanganan Fakir Miskin Nomor 18/6/SK/HK.02.02/4/2020 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran BST dalam Penanganan Covid-19, kondolidasi dan atau konfirmasi data penerima bantuan dilakukan langsung oleh pihak Bank/POS penyalur dengan unit kerja eselon II di Dirjen Penanganan Fakir Miskin yang menanganan BST bersama pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota. Proses yang berlangsung diantaranya adalah verifikasi dan validasi data kependudukan antara data di Dukcapil Kab/Kota dengan data yang ada di Dukcapil pusat. Untuk itu, Saudara dapat berupaya untuk memastikan bahwa data kependudukan Saudara… Read more »

Tanjul hilal

Saya tidak menerima bntuan bst untuk periode ini, padahal di cek di link cekbanos.kemensos.co.id sttus nyah iyah keterangan nyh sudah salur itu gmn yah,,??

nat

Selamat malam Saudara Hilal

Kami sarankan Saudara menyampaikan laporan/pengaduan melalui kanal resmi pengaduan yang telah disediakan pemerintah, yaitu lapor.jogjaprov.go.id atau lapor.go.id agar dapat menyertakan bukti-bukti yang diperlukan untuk dapat kami tindaklanjuti. Melalui kanal resmi identitas dan data-data Saudara akan dijamin keamanan dan kerahasiaannya.

Terimakasih.

Saniyah

Asslmkm,,sy mau tanya mengenai bst sy,knp di bulan April ini tidak turun.sedangkan di DTKS sy cek nama suami sy masih tercantum sebagai penerima bst.sedangkan kami dari keluarga tidak mampu,sy tidak punya PKH/bpnt.sy berharap dari bulan Maret turun,ternyata bulan April ditunggu-tunggu malah tidak turun.kalo bisa pemerintah survei langsung,biar tau mana warga yang pantas dapat dan tidaknya.terima kasih🙏

Last edited 4 months ago by Saniyah
nat

Selamat malam Saudari Saniyah Merespon pertanyaan Saudari terkait BST April, perlu kami informasikan bahwa, pemerintah pusat yang dalam hal ini adalah Kementerian Sosial RI bersama pemerintah daerah Kab/Kota (Dinas Sosial Kab/Kota) mulai tahun 2021 telah menjadikan data salur bansos sebagai prioritas dalam melakukan perbaikan data. Perbaikan data dilakukan secara rutin setiap bulan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan ketepatan sasaran. Perbaikan dilakukan secara bertahap, di mana saat ini prioritas perbaikan difokuskan pada validasi data kependudukan (NIK ganda, satu NIK 2 nama, NIK tidak padan capil, dsb) Besar kemungkinan tidak cairnya BST keluarga Saudari dipengaruhi oleh proses tersebut. Untuk itu kami sarankan… Read more »

Dwi

Ibu saya dari awal dapat BST,tp kok bulan april ini g dapet?apa data ibu saya udah dihapus dari penerima BST?

nat

Menjawab pertanyaan Saudara mengenai bansos tunai, perlu kami informasikan bahwa pemerintah pusat selaku pemilik program tersebut selalu mengevaluasi pelaksanaan penyaluran program bansos, termasuk penyaluran BST setiap kuartalnya. Berdasarkan setiap hasil evaluasi tersebut, akan selalu dilakukan perubahan-perubahan, baik itu perubahan alokasi, perubahan kuota ataupun perubahan sistem penyaluran. Tujuannya agar lebih tepat sasaran dan tidak terjadi kesalahan administrasi. Besar kemungkinan perubahan tersebut berdampak pada status kepesertaan BST Saudara. Selain itu, mulai Januari 2021 perbaikan data bansos secara nasional dilakukan setiap bulan oleh Kementerian Sosial bersama Dinas Sosial Kabupaten/Kota. Untuk informasi selengkapnya terkait permasalahan Saudara, silakan kunjungi Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) yang ada… Read more »

Alfin

Min saya cek di dtks.kemensos.go.id. itu nma saya ada kok saya gk dapat

admin 2

Menjawab pertanyaan saudara Perihal BST, perlu kami informasikan bahwa pemerintah pusat selaku pemilik program tersebut selalu mengevaluasi pelaksanaan penyaluran program bansos, termasuk penyaluran Bansos Tunai. Berdasarkan setiap hasil evaluasi tersebut, akan selalu dilakukan perubahan-perubahan, baik itu perubahan alokasi, perubahan kuota ataupun perubahan sistem penyaluran. Tujuannya agar lebih tepat sasaran dan tidak terjadi kesalahan administrasi. Selain itu, mulai Januari 2021 perbaikan data bansos secara nasional dilakukan setiap bulan oleh Kementerian Sosial bersama Dinas Sosial Kabupaten/Kota. Untuk itu kami sarankan saudara untuk mengkonsultasikan hal ini melalui Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) yang ada di kantor Desa/Kelurahan/Kalurahan atau bisa juga melalui sekretariat Sistem Layanan… Read more »

anisa

nama suami masuk dtks penerima bst tpi tidak dapat kira2 apa yg harus saya lakukan

nat

Selamat pagi Saudari Anisa

Menjawab pertanyaan Saudari terkait program BST, dapat kami informasikan bahwa Kementerian Sosial RI selaku pemilik program tersebut mulai tahun 2021 telah melakukan perbaikan data penerima bersama Dinas Sosial Kab/Kota secara rutin setiap periode penyaluran. Jika Saudara memang terdaftar dalam penyaluran periode tertentu, maka pada laman tersebut akan muncul juga info periode penyalurannya. Undangan diberikan oleh Bank/Pos penyalur hanya kepada penerima yang tercantum dalam daftar salur periode berjalan sesuai.
Untuk informasi lebih lanjut tentang status kepesertaan BST saudara, dapat ditanyakan ke Dinas Sosial Kab/Kota sesuai alamat KTP saudara.

Terimakasih.

Jacky khozumel

Nama dan nik beda tp sy mendapat bantuan PKH .tp kesalahan bukan dr sy tp dr input datanya dr dinsos.peraturan baru klu data nik salah apakah bener PKH sy akan dicabut mohon penjelasanya

admin 2

Kpd bpk/Ibu yang kami hormati,
Terima kasih atas informasi dan pertanyaannya..
Beberapa bulan terakhir ini memang baru ada pemadanan data DTKS (Data terpadu Kesejahteraan Sosial yang menjadi sumber data bantuan sosial termasuk PKH) dengan data kependudukan (NIK) yang ada di Kementerian Dalam Negeri.
Kalau data NIK belum padan, maka bantuannya untuk sementara tidak keluar.Kemudian bila data NIK belum padan yang bisa dilakukan adalah melapor ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipilkabupaten masing-masing atau melapor ke pendamping PKH.
Terima kasih.

Laras ati

Selamat siang bapak/ibu, untuk melaporkan hal tersebut ke dinas kependudukan itu berkas apa saja yang perlu dibawa ya?

nat

Dokumen identitas kependudukan yang mungkin diperlukan antara lain KTP, KK, akte kelahiran, surat nikah
Apabila permasalahan data masih berhubungan dengan informasi di KK lama (misal : KK sebelum pisah dengan ortu), artinya dokumen terkait juga diperlukan.

Terimakasih

Laras ati

Jika surat nikahnya sudah dipakai untuk pembaruan kk yang sudah ada barcodenya bagaimana ya?

nat

Silakan ditunggu hingga proses pembaruan dokumen-dokumen yang diperlukan selesai.

Innama

Saya mau tny dlu 2020 saya dan suami dpt blt apah thn 2021 bisa dpt lg… itu saja pertny saya trmksih…

nat

Selamat pagi Saudari Ina
Merespon pertanyaan Saudari mengenai BLT, apabila yang Saudari maksud adalah Bantuan Langsung Tunai yang merupakan program Kementerian Desa, pengelolaan data penerima merupakan kewenangan Pemerintah Desa, bukan kewenangan kami.
Informasi mengenai status kepesertaan Program BLT Saudari dapat ditanyakan ke pemerintah desa/kelurahan/kalurahan setempat sesuai alamat KTP Saudari.

Terimakasih.

Isnawati

selamat malam, saya mau bertanya mengenai bantuan BST, apakah penerima BST tersebut yang berhak dpt bantuan atau hanya perwakilan? karna pak rt bilang yang dpt org tua nya hanya pakai nama/ data anak nyaa. jadi yg dapat bantuan tersebut anak atau mama nyaa? kalau mama nya yang dapat alhasil anak nya tidak dapat datfar prakerja.
Terima kasih.

nat

Selamat pagi Saudari Isna

Merespon apa yang Saudari sampaikan terkait Prakerja, dapat kami sampaikan bahwa memang demikian kebijakan dari penyelenggara Prakerja yang mempersyaratkan pendaftar bukan merupakan KPM bantuan sosial Kemensos atau terdaftar dalam DTKS. Info lebih lanjut mengenai kebijakan ini silakan ditanyakan kepada pihak berwenang/penyelenggara program melalui .
Sedangkan bantuan-bantuan dari kementerian sosial memang berbasis keluarga.

Terimakasih.

nat

Selamat malam Saudara Edo

Menjawab pertanyaan Saudara mengenai undangan penerimaan bansos, perlu kami informasikan bahwa mulai Januari 2021 perbaikan data bansos secara nasional dilakukan setiap bulan. Artinya, jika seseorang mendapatkan undangan di bulan Maret, maka itu berarti ia memang terdaftar sebagai penerima bansos periode Maret, dan seterusnya.

Terimakasih.