SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

PELAYANAN MASYARAKAT

Informasi, Syarat dan Prosedur Pelayanan (Klik Icon) :


4.4 17 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
994 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
nat

Wa’alaikumussalam wr wb Selamat pagi Saudari Annisa. Menjawab pertanyaan Saudari terkait kepesertaan program bantuan sosial, apabila yang Saudari maksud adalah hasil pengecekan di cekbansos.kemensos.go.id, maka perlu kami sampaikan bahwa : 1) Pastikan info bahwa Saudari merupakan KPM bantuan sosial adalah benar. Perlu kami sampaikan bahwa halaman tersebut menampilkan nama seluruh penerima bantuan sosial di lingkup desa/kelurahan sesuai pengaturan alamat dan nama yang Saudari ketikkan. Tujuannya memberikan keleluasaan bagi masyarakat untuk dapat mengetahui nama penerima bantuan di sekitarnya, sehingga dapat turut menjalankan fungsi pengawasan akan ketepatan sasaran bantuan di lingkungannya. Jadi pastikan mengetikkan nama lengkap sesuai KTP untuk memastikan data yang… Read more »

Endika

Assalamu’alaikum saya daftar krtu prakerja tapi selalu keluar nik anda terdaftar dibansos padahal tidak menerima bansos.. apa bpjs pbi termasuk bansos

nat

Selamat pagi Saudara Endika Merespon permasalahan tersebut, dapat kami sampaikan bahwa memang ada kebijakan penyelenggara Prakerja untuk mengecualikan mereka yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan penerima bantuan sosial. Sebagai informasi, DTKS maupun bantuan sosial biasanya berbasis keluarga. Sehingga kami sarankan Saudara/Saudari telusuri terlebih dahulu apakah ada dalam keluarga (yang pernah maupun yang saat ini satu KK dengan Saudara/i) yang masuk dalam DTKS/pernah menjadi penerima bantuan sosial. Pengecekan penerima bansos dapat dilakukan secara mandiri melalui laman cekbansos.kemensos.go.id. Sedangkan pengecekan, perbaikan maupun penghapusan DTKS dapat dilakukan melalui Dinas Sosial Kabupaten/Kota setempat, sesuai alamat KTP Saudara/i dengan menyampaikan informasi identitas… Read more »

Budianto

Assalamualaikum … Maaf sebelumnya saya mau bertanya sejak tahun 2021 bulan 3 atau 4 nama saya ada di dtks ,nama saya terdaftar di PKH status Ya keterangan ART sempet saya nanya – nanya kata nya kalau art itu karena masih satu KK sama orang tua dan orang tua mendapat kan PKH itu.Tapi sejak tahun 2007 saya udah pecah KK dan orang tua saya mau pun istri eng ada yang mendapatkan bantuan PKH atau yang lain.bagaimana supaya saya mendapatkan PKH sementara saya punya anak sekolah SD dan SMP dan juga saya sudah tidak lagi bekerja dan hidup ngontrak.Terima kasih 🙏

nat

Wa’alaikumussalam wr wb
Selamat pagi Saudara Budianto

Merespon apa yang Saudara sampaikan terkait :
1) Untuk cek maupun perbaikan dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dapat dilakukan melalui Dinas Sosial Kabupaten/Kota setempat sesuai alamat Saudara terdaftar dalam DTKS dengan membawa dokumen yang diperlukan (KTP, KK ortu, KK saudara)

2) Info Mekanisme Calon KPM PKH tercantum dalam Pedoman Pelaksanaan PKH dapat diakses melalui tautan berikut : http://dinsos.jogjaprov.go.id/informasi-tersedia-setiap-saat/

Terimakasih.

Ernie

Slmt siang
Saya ingin menanyakan apakah KPM bpnt hanya menerima kartu KKS saja tanpa buku tabungan.

nat

Selamat Siang Saudari Ernie

Merespon pertanyaan Saudari terkait KKS, dapat kami sampaikan bahwa KPM hanya mendapatkan KKS.

Terimakasih.

Raf

Mas, apa memasukan orng ke dinas sosial bayar?

nat

Selamat pagi Saudara Raf

Merespon pertanyaan Saudara, apabila yang dimaksud “memasukkan” itu adalah merujuk seseorang sebagai pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS), maka dapat kami sampaikan bahwa layanan-layanan yang kami berikan pada umumnya tidak dipungut biaya (gratis). Informasi lebih lanjut mengenai standar pelayanan dari setiap jenis layanan kami, dapat diakses melalui tautan : http://dinsos.jogjaprov.go.id/jenis-pelayanan/

Terimakasih.

Annisa

Assalamualaikum admin. Nama saya terdaftar dalam penerimaa bantuan sosial. Tpi saya tidak pernah menerima bantua tersebut hal ini bagaimana ya admin?

Kharisma

Min mau tanya klw dpt PBI apa mungkin bakalan dapat bantuan PKH atau BNPT?

nat

Selamat pagi Saudara/i Kharisma

Menjawab pertanyaan Saudara/i, dapat kami sampaikan bahwa setiap program memiliki ketentuan masing-masing, termasuk kriteria sasarannya. Sehingga belum tentu keluarga peserta PBI pasti akan menjadi KPM program bansos.

Terimakasih.

Agni

Selamat siang, apakah bisa saya mengajukan/mendaftar sebagai peserta pkh? nama saya terdaftar di DTKS penerima bpnt, saya punya balita 5tahun dan saat ini sedang hamil. Trimakasih

nat

Selamat siang Saudari Agni

Merespon pertanyaan Saudari tentang kepesertaan PKH, perlu kami informasikan bahwa semenjak berlakunya Permensos No 3 Tahun 2021 pada bulan Mei 2021 tentang Pengelolaan DTKS, mekanisme pengusulan peserta tidak lagi sama/tidak lagi melalui pengusulan pendamping/desa. Peserta PKH ditetapkan by sistem dari daftar ID DTKS berdasarkan kriteria yang telah ditentukan oleh Direktorat Jaminan Sosial Keluarga.
Info selengkapnya tentang alur kepesertaan PKH dapat dilihat melalui tautan berikut : Alur PKH

Terimakasih.

Fajar Apriyanto

“petunjuk dri dinsos kan 1 rumah tangga tidak boleh doble bantuan khususe BST, BLT, PKH/BPNT”
Min apa benar peryataan diatas kalau SATU RUMAH beda KARTU KELUARGA tidak boleh menira bantuan double walaupun beda KK tapi satu Rumah?

nat

Selamat siang Saudara Fajar

Merespon pertanyaan Saudara, perlu kami luruskan bahwa untuk Bantuan Sosial Tunai berdasarkan Petunjuk Teknis BST baik tahun 2020 maupun 2021, disebutkan bahwa KPM BST bukan merupakan peserta program PKH maupun Sembako/BPNT.
Namun, lain halnya dengan Program Sembako/BPNT yang memang dimungkinkan untuk menjadi komplemen dari program PKH, sehingga KPM PKH juga bisa menjadi KPM Sembako/BPNT.

Terimakasih.

Mislam

Status art tidak dapat bantuan?

nat

ART artinya Anggota Rumah Tangga.

Ana

Saya status art posisi ibu saya sudah beda kk dengan saya ketika dapat pkh,dan pengaruhnya keluarga saya pribadi tidak dapat bantuan apa apa pak karena status art

nat

Selakan mengajukan perbaikan DTKS melalui Dinas Sosial Kabupaten/Kota dimana KK ibu terdaftar, dengan membawa dokumen yang diperlukan (KTP, KK ibu, KK Saudari)

Richa

Hai admin, maaf mau Tanya cara memperbaiki data Art itu gmn ya, soalnya kan sudah pisah Kk dari tahun 2018 tapi kok masih jd ART ya?

nat

Pengajuan perbaikan data DTKS dapat dilakukan melalui DInas Sosial Kabupaten/Kota setempat di mana Saudara terdaftar dalam DTKS.

Neti agustini

Kalo art bearti tidak dapat bantuan ya

nat

ART artinya Anggora Rumah Tangga dari Keluarga Penerima Manfaat (KPM), karena bantuan sosial berbasis keluarga.

Sri yuli handayani

Selamat sore
Saya mau tanya . Kalau mendpatkan PKH . Lalu pindah tempat tinggal , apakah PKHnya masih tetap dapat atau bagaimana ? Terimkasih sebelumnya ..

nat

Selamat siang Saudari Sri

Merespon pertanyaan Saudari terkait perubahan alamat, dapat kami sampaikan bahwa perubahan data kependudukan di Dukcapil akan mempengaruhi validitas data kependudukan seorang KPM di DTKS. Apabila pencocokan data dari Kemensos dan Disdukcapil tidak padan, maka kemungkinan tidak akan masuk data salur periode berjalan.

Terimakasih.

nat

Selamat siang Saudari Fally.. Merespon pertanyaan Saudari tentang BPNT, perlu kami informasikan bahwa secara umum mulai tahun 2021, data penerima bantuan sosial mulai mengalami perbaikan secara rutin setiap periode penyaluran yang dilakukan oleh Kementerian Sosial dan Dinas Sosial Kabupaten/Kota. Perbaikan yang dilakukan salah satunya mencakup validasi data kependudukan yang dilakukan bersama Dukcapil baik di tingkat Kabupaten/Kota hingga Dukcapil Pusat di Kemendagri. Melalui proses ini kasus-kasus invaliditas data kependudukan yang terdeteksi (seperti NIK sama nama beda, NIK invalid/belum rekam eKTP, NIK ganda, dll) secara otomatis data KPM menjadi tidak valid, sehingga tidak muncul dalam daftar KPM periode salur berjalan. Selain karena… Read more »

wahyuningrum

selamat siang saya penerima bpnt baru .mau tanya ..saya kan ada balita tapi waktu pendataan lupa ngisi form tanggungan ..apakah bisa dirubah ..trimakasih

nat

Selamat siang Saudari Wahyuningrum

Menjawab pertanyaan Saudari, untuk melakukan usulan perubahan data di DTKS, Saudari dapat melakukannya secara mandiri melalui mobile app Cek Bansos (dapat didownload di Playstore), menu Usul Sanggah.
Atau bisa juga melakukan permohonan perbaikan dengan datang langsung ke Dinas Sosial Kabupaten/Kota sesuai alamat KTP Saudari.

Terimakasih.

Tuti nuryani

Apakah janda yg ditiggal mati suaminya tidak bisa dapat bantuan berupa BLT atau apapaun hanya krn tinggal d rumah besar?
Padahal janda it juga mengurus anak keterbelakangan mental. Cuma hidup berdua

nat

Selamat siang Saudari Tuti.. Merespon pertanyaan Saudari tentang kepesertaan program bantuan sosial, perlu kami informasikan bahwa berdasarkan Permensos no 3 Tahun 2021 semua pelaksanaan program bantuan baik dari pemerintah pusat maupun daerah harus berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Secara umum DTKS merupakan data yang menggambarkan kondisi kesejahteraan suatu rumahtangga, dimana rumahtangga terdiri dari keluarga dan anggota rumahtangga. Sehingga pada prinsipnya sebuah rumahtangga didata berdasarkan kondisi rumah yang ditempati beserta isinya, kepemilikan aset, perlindungan sosial dan demografi anggota keluarganya. Pengusulan DTKS dilakukan melalui forum musyawarah desa/kelurahan setempat (sesuai alamat KTP) yang memiliki kewenangan untuk mengusulkan warga miskin di wilayahnya masuk… Read more »

Fanni

Selamat MLM
Saya penerima baru bpnt ,
Apakah bisa penerima bpnt di pindahkan alamat
Dan mendapatkan bantuan di tmpat tinggal yg baru

nat

Selamat pagi Saudari Fanni.. Merespon pertanyaan Saudari tentang kepesertaan BPNT, perlu kami informasikan bahwa berdasarkan Permensos no 3 Tahun 2021 semua pelaksanaan program bantuan baik dari pemerintah pusat maupun daerah harus berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Hal tersebut berlaku juga untuk kepesertaan Program Sembako/ Bantuan Sosial Pangan/BPNT. Secara umum DTKS merupakan data yang menggambarkan kondisi kesejahteraan suatu rumahtangga, dimana rumahtangga terdiri dari keluarga dan anggota rumahtangga. Sehingga pada prinsipnya sebuah rumahtangga didata berdasarkan kondisi rumah yang ditempati beserta isinya, kepemilikan aset, perlindungan sosial dan demografi anggota keluarganya. Pengusulan untuk masuk ke dalam DTKS dilakukan melalui forum musyawarah desa/kelurahan setempat,… Read more »

Dian intan purnama sari

Assalamu’alaikum pak, mau nanya suami saya status PKH art tetapi periode (-), maksudnya gimana ya? Mohon penjelasan nya. Terimakasih

nat

Selamat siang Saudari Dian.. Merespon pertanyaan saudari, perlu kami sampaikan bahwa : 1) Sasaran Program Keluarga Harapan (PKH) berbasis keluarga. Keterangan ART artinya suami Saudari merupakan Anggota Rumah Tangga (ART) dari Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH, atau ada salah seorang dari rumahtangga/keluarga suami Saudari yang pernah menjadi atau masih merupakan peserta PKH. PKH merupakan program bantuan bersyarat yang memiliki kegiatan rutin secara kelompok dengan 1 orang pendamping. Salah satu syarat pencairan bantuan adalah keaktifan peserta mengikuti kegiatan rutin kelompok. Jadi ada kemungkinan dalam keluarga suami Saudari ada yang pernah menjadi peserta PKH. 2) Dalam cekbansos.kemensos.go.id, yang ditampilkan adalah periode penyaluran… Read more »

Kartika Dewi

Maaf mau tanya,, apakah setelah gnt /perbarui kk akn berpengaruh pd bansos?

nat

Selamat siang Saudari Kartika.. Merespon pertanyaan Saudari tentang kepesertaan program bantuan sosial, perlu kami informasikan bahwa berdasarkan Permensos no 3 Tahun 2021 semua pelaksanaan program bantuan baik dari pemerintah pusat maupun daerah harus berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Secara umum DTKS merupakan data yang menggambarkan kondisi kesejahteraan suatu rumahtangga, di mana rumahtangga terdiri dari keluarga dan anggota rumahtangga. Pendataan sebuah rumahtangga meliputi kondisi rumah yang ditempati beserta isinya, kepemilikan aset, perlindungan sosial, pendidikan dan demografi anggota keluarganya. Updating / perubahan data DTKS dilakukan sesuai keperluan. Apabila perubahan hanya berupa penambahan/pengurangan anggota rumahtangga, maka tidak akan merubah IDBDT rumahtangga tersebut.… Read more »

Lia maelani

Saya mau tanya,kenapa saya udah terdaftar dan status saya di dtks sebagai penerima bpnt “YA” tapi saya tidak dapat barcode untuk pengambilan nya !
Tolong di periksa lagi !
Saya udah berharap tapi kenyataan nya tidak!

nat

Selamat siang Saudari Lia… Merespon pertanyaan Saudari, apabila informasi kepesertaan BPNT tersebut diperoleh melalui hasil pengecekan di cekbansos.kemensos.go.id, dapat kami sampaikan bahwa : 1) Pastikan info bahwa Saudari merupakan KPM BPNT adalah benar. Perlu kami sampaikan bahwa halaman tersebut menampilkan nama seluruh penerima bantuan sosial di lingkup desa/kelurahan sesuai pengaturan alamat dan nama yang Saudari ketikkan. Tujuannya memberikan keleluasaan bagi masyarakat untuk dapat mengetahui nama penerima bantuan di sekitarnya, sehingga dapat turut menjalankan fungsi pengawasan akan ketepatan sasaran bantuan di lingkungannya. Jadi pastikan mengetikkan nama lengkap sesuai KTP untuk memastikan data yang keluar adalah data Bapak Saudari. Apabila nama dan… Read more »

Amancik

Saya mau tanya saya mempunyai kk baru apa bisa saya mendaftar sebagai penerima program pemerintah

nat

Selamat siang Saudara Amancik

Menjawab pertanyaan Saudara, perlu kami sampaikan bahwa setiap program pemerintah memiliki tujuan dan kriteria sasaran tertentu. Jadi pada prinsipnya sorang warga bisa menjadi peserta suatu program apabila ia memenuhi kriteria sasaran tersebut. Tergantung program apa yang dimaksud.

Terimakasih.

Usep saepuloh

Istri saya mendapat bantuan,di lihat di link Kemensos,namun tidak dapat bantuan atau undangan dari desa

nat

Selamat siang Saudara Usep.. Terkait hasil pengecekan mandiri yang Saudara lakukan melalui cekbansos.kemensos.go.id., perlu kami sampaikan bahwa halaman tersebut menampilkan nama seluruh penerima bantuan sosial di lingkup desa/kelurahan sesuai pengaturan alamat dan nama yang Saudara ketikkan. Tujuannya memberikan keleluasaan bagi masyarakat untuk dapat mengetahui nama-nama penerima bantuan di sekitarnya, sehingga dapat turut menjalankan fungsi pengawasan akan ketepatan sasaran bantuan di lingkungannya. Jadi pastikan mengetikkan nama lengkap sesuai KTP untuk memastikan data yang keluar adalah data yang dimaksud. Apabila nama lengkap dan usia yang keluar sama persis lebih dari satu, atau merasa bukan penerima tapi nama dan usia yang muncul sesuai,… Read more »

Murni

Selamat siang, saya mau bertanya, kenapa di bansos yg keluar nama tuk pengambilan bansos nama nya bukan nama kepala keluarga melainkan nama adik ipar saya yg bekerja

nat

Selamat siang Saudara Murni

Merespon pertanyaan Saudari terkait nama penerima bansos, dapat kami sampaikan bahwa nama yang disahkan oleh pusat sebagai penerima bansos berasal dari usulan pemerintah daerah. Silakan mencari informasi kepada petugas pihak pengusul di wilayah Desa/Kecamatan Saudari.

Terimakasih.

Fally

Admin sy mau nanya,knp bln maret dan april sy dpt bst dan nm sy masih terdaftar di dtks tp knp bln mei -juni nm² yg keluar dr kantor pos nm sy tdk ada di kelurahan.terima kasih 🙏

Tegar pratama

Assalamualaikum
Selamat siang, saya mau bertanya mengenai pembagian BPNT, apakah memang ketentuannya Kartu KKS BPNT memang dikumpulkan di desa beserta pin nya?

nat

Wa’alaikumussalam wr wb

Selamat siang Saudara Tegar.. Merespon pertanyaan Saudara terkait penyaluran BPNT, dapat kami sampaikan bahwa dalam Pedoman Umum Pelaksanaan Sembako Tahun yang masih berlaku saat ini, tidak terdapat ketentuan yang mengatur bahwa KKS dikumpulkan di desa beserta PIN nya.
Apabila Saudara merupakan warga (ber KTP DIY) mohon dapat melaporkan kejadian tersebut kepada kami melalui lapor.Jogjaprov.go.id atau melalui email dinsos@jogjaprov.go.id dengan menyertakan alamat / wilayah desa/kelurahan Saudara.

Terimakasih.

1 8 9 10