SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

PELAYANAN MASYARAKAT

Informasi, Syarat dan Prosedur Pelayanan (Klik Icon) :


4.6 16 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
966 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Ari

Bantuan uang PKH nya kapan bisa di terima untuk bulan ini, dan misal ada anggota keluarga baru apakah harus mengumpulkan fotocopy KK yg baru ?

admin 3

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan saudara dapat menghubungi sekretarian PKH yang ada di Dinas Sosial Kab/Kota

Terimakasih

Aisyah

Salamat siang mau tanya saya dan ibu saya terdaftar pkh sama bpnt di dtks tp ibu saya blm pernah dapat apapun di bantuan apa informasinya yang salah apa emang udh dapat tp saya tidak tau

admin 3

Kami sarankan saudara menghubungi Dinas Sosial Kab/Kota,
dikarenakan kepesertaan bantuan sosial menjadi kewenangan dari Dinas Sosial Kab/Kota

Terimakasih

Dewi

Mf saya dan suami terdaftar di dtks tapi kenapa anak saya tidak? Sedangkan saya cek di Puskesmas BPJS kami ditanggung APBN dan anak kami ditanggung APBD padahal anak kami menderita jantung bocor dan penghasilan suami pun perbulan dibawah 700 ribu bagaimana cara agar anak kami bisa masuk dtks supaya bisa mengajukan bantuan PKH untuk keperluan membeli susu khusus yang harganya sangat mahal kamipun sudah kehilangan anak pertama kami karna keterlambatan penanganan hanya karna ekonomi kami sangat kurang Terimakasih sebelumnya🙏🙏🙏

admin 3

Selamat pagi ibu Dewi

Menjawab pertanyaan saudara terkait anak saudara tidak masuk DTKS, hal tersebut dimungkin karena tidak ada laporan untuk kelahiran anak, sehingga anak saudara belum masuk DTKS. Kami menyarankan, saudara melapor ke pemerintah desa untuk mengusulkan anak saudara masuk DTKS, atau saudara bisa datang langsung ke Dinas Sosial Kab/Kota sesuai domisil KTP saudara.

Jika saudara dan pasangan sudah terdaftar DTKS, akan lebih mudah untuk mengusulkan anak saudara darpida pengusulan baru. Saudara juga bisa mendapatkan informasi terkait pengajuan diri sebagai calon penerima bantuan PKH di Dinas Sosial Kab/Kota.

Terimakasih

Sri

Selamat pagi, bagaimana cara cek data dtks secara online.? Mohon pencerahannya makasih

admin 3

Selamat siang Ibu

Kami sarankan, Saudara untuk datang ke Dinas Sosial Kabupaten Kota sesuai KTP untuk mengecek dan mendapatkan informasi lebih lanjut

Terimakasih

Melani

Permisi, Pada saat ke lurah untuk meminta pengaktifan dtks. Apakah diperlukan surat pengantar rt rw?

admin 3

Secara aturan, saudara cukup membawa KTP dan KK untuk mendaftarkan diri ke Kepala Desa atau Lurah. Informasi lebih lanjutnya silahkan saudara dapat mengakses di link ini http://dinsos.jogjaprov.go.id/?page_id=7507

Terimakasih

Suroso

Selamat pagi
Sudah 2tahun saya menderita penyakit ppok,dan tidak lagi punya pendapatan yang pasti,karna saya gampang capet,saya punya keluarga 2 anak ,1th dan 3th,saya mengajukan bdt ke desa,tapi selalu jawabannya,keputusan di pusat,padahal saya sudah melampirkam surat rawat jalan ke desa,,saya bener bener butuh bantuan untuk berobat dan kehidupan kedua anak saya.
Saya mohon pengajuan bdt saya di proses.terimakasih

admin 3

Selamat pagi bapak Suroso yang kami hormati

Jika saudara berKTP DIY, kami sarankan saudara untuk mengadu ke bagian pelayanan Dinas Sosial Kabupaten/Kota sesuai domisili KTP untuk mengusulkan diri sebagai penerima bantuan PBI APBD atau mendapat rekomendasi jamkesos.

Terimakasih

Dimas eryono

Selamat malam,saya mau keluhkan warga terdampak covid-19 termasuk keluarga saya sendiri tidak dapat.
Saya sudah menanyakan ke rt 002 rw 001 sampai kelurahan warungboto masalah program covid-19 jawabanya buntu alias tidak tahu, sedangkan saya mantau berita ditv bahwa presiden selalu memikirkan warga yg terkena dampak covid-19.
Pertanyaan saya
Solusi seperti apa agar agar dapat bantuan terdampak covid-19,..

admin 3

Selamat siang

Jika saudara sudah melapor ke RT/RW dan tidak ada tindaklanjutnya, kami menyarankan saudara datang langsung ke Dinas Sosial Kab/Kota sesuai dengan domisili KTP saudara

Terimakasih

gunadi

slamat siamg knp data ktp saya tidak terdaftar

admin 3

mohon maaf, tidak terdaftar sebagai apa?

Novi

Saya udah liat data dr cekbansos dapat terus cara ngambil uangnya gimana ya min ?

admin 3

silahkan saudara datang ke dinas sosial kabutan kota untuk mendapatkan informasi lebih lanjut

Giraldus aditya rinanda

Bapak saya seorang sopir bus pariwisata, saya kerja di soundsystem dan ibu saya jualan sayur yang di titipkan, saya tidak mendapat bantuan apapun, saya tanyakan ke kelurahan jawabanya hanya bantuan dana desa hanya diberikan kuota 19 orang per dusun, sayang bingung kenapa ada kuota dan kenapa yang benar2 terdampak seperti saya malah tidak masuk kriteria?

admin 3

Selamat siang

Sebelumnya, kami ucapkan terimakasih atas infomasi kuota 10 orang per dusun yang sudah saudara sampaikan. Jika saudara sudah mengadu ke RT/RW dan tidak ada respon yang positif, kami sarankan saudara langsung datang ke Dinas Sosial Kabupaten/Kota sesuai KTP domisili saudara untuk mendapatkan informasi yang lebih lanjut.

Terimakasih

Dea

Selamat malam,maaf saya mau tanya soal pendataan bantuan dana sebesar 600rb×3 blan
Itu d survei langsung kemasyarakat atau menggunakan data survei lama ya?

admin 3

Untuk bantuan sosial selama ini kami menggunakan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sesuai perangkingan tingkat kesejahteraan yang dilakukan Kementerian Sosial. Data tersebut diupdate oleh Dinas Sosial Kabupaten Kota dengan melibatkan Pemerintah Desa/Kelurahan melalui Musyawarah Desa/Musyawarah kelurahan, serta dilakukan survei dilapangan.

Terimakasih

akhmad zaifuddaruri

apakah ada dana bantuan dari dinas sosial diy, saya keluarga kecil baru mempunyai anak umur 1 tahun, sekarang saya tidak bekerja, sebelumnya kerja sebagai supir wisata panggilan dan kadang gojek, sekarang sudah tidak bekerja karena cobid 19, apakah saya dapwt bantuan ktp dan kk saya DIY… Mohon responnya…trima kasih

admin 3

Bila saudara belum mendapat bantuan sama sekali dan merasa membutuhkan bantuan sosial terlebih masa pandemi covid ini, segera mengusulkan diri sebagai penerima bantuan sosial melalui pemerintah desa / kelurahan atau langsung ke Dinas Sosial Kabupaten/Kota masing-masing.

heni

selamat malam.saya sudah mengecek di aplikasi DKTS..dan saya selama ini sudah terdaftar..tapi saya sama sekali dari dulu gak dapat bantuan apa2.. pkh sembako blt semuanya gak dapat..mohon solusinya karena saya juga butuh sekali bantuan seperti itu..terimakasih

admin 3

Selamat pagi saudara Heni

Jika nama saudara sudah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial, selanjutnya jika saudara merasa membutuhkan bantuan sosial namun selama ini merasa belum mendapatkan bantuan tersebut saudara dapat mengusulkan diri melalui Dinas Sosial Kabupaten Kota sesuai KTP saudara.

Terimakasih

admin 3

Selamat pagi

Jika nama saudara sudah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial, selanjutnya jika saudara merasa membutuhkan bantuan sosial namun selama ini merasa belum mendapatkan bantuan tersebut saudara dapat mengusulkan diri melalui Dinas Sosial Kabupaten Kota sesuai KTP saudara.

Terimakasih

AGus stiawan

Mohon dibantu harus kemana dan bawa apa aja data agar bisa terdaptar DTKS

admin 3

Silahkan saudara membawa KTP dan KK ke kantor Kepala Desa atau Lura untuk mendaftarkan diri. Informasi lebih lanjutnya saudara dapat mengakses link ini http://dinsos.jogjaprov.go.id/?page_id=7507

Terimakasih

Budi Leksono

Maaf pak sy sudah di PHK dari kanttor saya bekerja tapi umur saya sudah 54 th.bisakah saya ajukan untuk dapat bantuan sosial.karena saya sudah tidak ada penghasilan lagi dalam masa Corona ini.trims

admin 3

Bila saudara belum mendapat bantuan sama sekali dan merasa membutuhkan bantuan sosial terlebih masa pandemi covid ini, segera mengusulkan diri sebagai penerima bantuan sosial melalui pemerintah desa / kelurahan atau langsung ke Dinas Sosial Kabupaten/Kota masing-masing.

Terimakasih

Trinanto

Caara cek data dtks d gunung kidul gmn ya ?

admin 3

silahkan saudara bisa datang ke bagian pelayanan Dinas Sosial Gunungkidul untuk mendapatkan informasi lebih lanjut

Andi fadilah

Selamat sore, saya perantau dari jakarta, sudah 6 bulan tinggal di jogja, usaha saya tidak lagi berjlan selama ada wabah corona, apakah saya bisa meminta bantuan kepada dinas sosial yogyakarta sedangkan KTP saya masih KTP jakarta, saya kos di glagahsari

admin 3

Selamat pagi saudara Andi Fadilah yang kami hormati.

Terkait dengan permasalahan saudara, kami sarankan saudara menghubungi pemerintah daerah sesuai KTP saudara. Dimungkinkan, pemerintah daerah setempat memiliki bantuan sosial bagi warganya yang merantau.

Jika tidak mendapatkan respon, silahkan saudara mengadukan permasalahan saudara kepada RT/RW setempat untuk mengajukan diri sebagai calon penerima bantuan sosial Dinsos Kab/Kota.

Terimakasih.

Nila angraeni

Saya sudah mengecek data saya di aplikasi DKTS, dan sudah terdaftar bersamaan dengan adik saya di DKTS..tapi yang mau saya pertanyakan kenapa adik saya sudah mendapat BST sebesar 600.ribu..kog saya sampai sekarang belum mendapatkan bantuan apa pun..

admin 3

Selamat siang ibu Nila

Mohon di bantu untuk memberikan daya BNBA (by name by address), nomer KK, dan nomer HP yang bisa di hubungi. Segera akan kami kroscek dan koordinasikan dengan bidang yang menangani.

Terimakasih

Sri

Cara cek data gimana ya, kq saya gak bisa

admin 3

selamat pagi, cek data seperti apa yang saudara maksudkan ya?

Edwin

Selamat Siang
Saya perantau dari Jawa Barat dan tinggal sementara di kota Yogjakarta. Selama wabah Virus Corona saya tidak bisa mencari kerja lagi.
Mau pulang pun tidak boleh karena aturan pemerintah.
Apakah ada bantuan bagi saya sebagai warga pendatang?
Kalau ada bagaimana cara mengajukannya?

Terima Kasih.

admin 3

Selamat pagi pak Edwin yang kami hormati.

Terkait dengan permasalahan saudara, kami sarankan saudara menghubungi pemerintah daerah sesuai KTP saudara. Dimungkinkan, pemerintah daerah setempat memiliki bantuan sosial bagi warganya yang merantau.

Jika tidak mendapatkan respon, silahkan saudara mengadukan permasalahan saudara kepada RT/RW untuk mengajukan diri sebagai calon penerima bantuan sosial Dinsos Kab/Kota.

Terimakasih.

Sutrisno

Selamat pagi..
Saya mau mengajukan permohonan bantuan, bahwa saya sudah tidak bisa berdagang lagi akibat pandemi virus korona ini sehingga saya tidak ada pemasukan untuk mencukupi kebutuhan sehari hari.
Atas perhatiannya saya ucapkan Terima kasih.

admin 3

Selamat pagi Pak Sutrisno

Jika saudara membutuhkan bantuan sosial terlebih masa pandemi covid 19 ini, saudara dapat mengusulkan diri sebagai penerima bantuan sosial melalui pemerintah desa atau kantor kelurahan. Selain itu, saudara juga bisa datang langsung ke Dinas Sosial Kabupaten Kota sesuai dengan domisili KTP saudara.

Terimakasih

Mamik sukeksi

Selamat pagi saya terdaftar di data DTKS tapi saya tidak mendapat bantuan PKH atau BSP apa bisa dapat bantuan BLT dana desa??sama mau tanya ap bisa mengusulkan program PKH saya punya anak balita juga

admin 3

Selamat pagi Ibu Mamik Sukeksi, sebelumnya, terimakasih untuk pertanyannya.

Perlu kami informasikan bahwa bantuan sosial seperti PKH dan BSP diberikan kepada mereka yang masuk dalam DTKS sesuai perangkingan tingkat kesejahteraan yang dilakukan Kementerian Sosial. Data tersebut diupdate oleh Dinas Sosial Kabupaten Kota dengan melibatkan Pemerintah Desa/Kelurahan melalui Musyawarah Desa/Musyawarah Kelurahan, serta dilakukan survei dilapangan.

Jika saudara sudah masuk dalam DTKS dan ingin mengajukan diri sebagai penerima bantuan PKH, silahkan mengadu di SLRT (Sistem Layanan Rujukan Terpadu) Dinas Sosial Kabupaten Kota sesuai dengan domisili KTP saudara.

Terimakasih.

indra apri lukiyanto

Saya juga terdaftar d data DTKS tpi blum dpat bantuan apapun,apakah bsa sya mendapatkan BLT terkait covid19

admin 3

jika saudara sudah tardaftar DTKS, silahkan saudara mengusulkan diri sebagai calon penerima bantuan di SLRT (Sistem Layanan Rujukan Terpadu) Dinas Sosial Kabupaten Kota sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang sudah ada

Terimakasih

Rosdiana Dewi

selamat sore
Saya ingin tau apakah keluarga saya masuk dalam DTKS , suami saya hanya buruh bangunan dan saya punya 2 anak yg masih balita , tp saya tidak mendapat bantuan apapun selama pandemi ini .

admin 3

selamat pagi Ibu Rosdiana Dewi.

Untuk mengetahui apakah data saudara masuk dalam DTKS atau tidak, saudara dapat mengeceknya di https://cekbansos.siks.kemsos.go.id/kemsos/pencarian. Selanjutnya, pada kolom “Pilih ID”, silahkan pilih “NIK”. Pada kolom “Nomor PBI”, silahkan masukkan nomer NIK Saudara, dilanjutkan memasukkan nama peserta.

Atau saudara bisa langsung datang ke kantor Kelurahan atau Dinas Sosial Kab/Kota sesuai domisili KTP untuk menanyakan secara langsung.
Semoga informasi ini dapat menjawab pertanyaan saudara.

Terimakasih

Nur

Selamat siang. Nama ibu saya tercatat penerima kartu PKH dan memiliki kartunya. Tetapi saat tetangga2 kami pemegang kartu PKH mendapat bantuan berupa beras dan uang dar PKH mengapa ibu saya tidak. Mohon pencerahanya

admin 3

Silahkan saudara datang ke sekretarian PKH yang ada Dinas Sosial Kab/Kota untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Novi

Mhn Bantuannya di tmpt kami hny 15wrga di Rt kami yg dpt bantuan & itu pun udh ada yg menanyakan kpd pengurus dsini kt nya lngsng dr dinsos yg pilih..yg mengganjal knp kami yg ga mampu ga diberi bantuan sementara dr 15wrga yg diberi beberapa udh mampu/mapan..monggo pak/bu dcek ke lapangan biar bdasar pd fakta saat ini bkn hny bdasar data semata yg itupun entah data brp th yg lalu mngkn krn yg ga mampu malahan dilewat bgtu saja..trm ksj bnyk..

admin 3

Selamat siang,

Sebelumnya, kami ucapkan terimakasih atas partisipasi aktif yang sudah diberikan. Mohon kami dibantu dengan memberikan data by name by address untuk penerima bantuan yang tidak tepat sasaran beserta bukti pendukungnya. Segera akan kami infomasikan ke seksi/bidang yang menangani untuk menjadi bahan evaluasi saat survei dilapangan.
Terimakasih

emiliana

Selamat siang, kalau mau mengajukan instalasi listrik gratis bagaimana caranya?

admin 3

Selamat siang.

Terkait hal tersebut, Dinas Sosial DIY tidak memiliki kewenangan untuk melakukan pemasangan instalasi listrik. Silahkan saudara dapat mencoba menghubungi Kantor PLN untuk mendapatkan info lebih lanjut.

Terimakasih.

Redhita safitri

Selamat siang. .
Saya mau mengajukan permohonan bantuan, bahwa saat ini saya beserta suami saya sedang dirumahkan dikarenakan pandemi covid19, itupun tidak digaji. . Dan diwilayah kami ada beberapa warfa yg sedang dirumahkan sampai kondisi saat ini membaik dr wabah covid19. Terimakasih
Salam hangat

admin 3

Selamat siang

Terimakasih untuk informasinya ibu Redhita Safitri.
Saat ini bantuan sosial yang diberikan Dinas Sosial DIY adalah berdasarkan data DTKS non PKH dan non BPNT. Kami menyarakankan Saudara dan beberapa warga yang dirumahkan untuk mendatangi Kantor Kelurahan setempat atau Dinas Sosial Kab/Kota sesuai dengan domisili KTP untuk mengajukan diri sebagai penerima bantuan sosial.

Terimakasih

deni iswantoro

bagaimana prosedur mencari bantuan dari dinas sosial,krn kami jg terkena dampak covid,sementara kami tdk memiliki kartu bantuan apapun.selain itu, alamat KTP kami berbeda dengan domisili.

admin 3

Selamat siang.
Untuk pengusulan bantuan yang terkena dampak covid, silahkan saudara menghubungi pemerintah desa atau kelurahan setempat. Atau saudara bisa langsung datang ke Dinas Sosial Kab/Kota sesuai dengan KTP Saudara
Terimakasih

deny agus

Saya warga kota jogja kk asli jogja,saya berdomisili di bantul karen tidak punya tempat tinggl di kota karena ibu saya juga hanya numpang di kota jogja,saya hanya ingin menanyakan kenapa bantuan apapun tidak pernah saya dapatkan,masker 1 saja minta tidak dikasih dan handsanitizer habis,itu di tempat tinggal saya di bantul di kota jogja pun juga begitu,apa saya harus langsung ke dinas sosial biar mendapat bantuan langsung seperti saya minta bantuan kesehatan saya langsung ke jamkesda dan sekarang sudah dapat,terima kasih

admin 2

Untuk bantuan sosial yang akan diberikan oleh Dinas Sosial DIY adalah data berdasarkan DTKS non PKH non BPNT, diluar itu menjadi tanggungjawab Dinas Sosial Kabupaten/Kota.

Silahkan saudara menghubungi Dinas Sosial Kabupaten/Kota untuk mendapatkan info lebih lanjut terkait bantuan sosial tersebut.
Terimakasih

deti

Asalamualaikum…slmt pagi,,,saya mau tanya,,bagaimna caranya mengurus DTKS?saya org tua tunggal mengurus 3 ank yg 1 masih balita, sy bekerja paruh waktu itupun gajinya di bawah umr tidak mencukupi kebutuhan kami.Saya belum pernah menerima bantuan apapun dari pemerintah.mohon penjelasanya ?terimakasih

admin 2

Waalaikumsalam, untuk masuk dalam DTKS saudara dapat datang ke Dinas Sosial Kota/Kabupaten pada bagian pelayanan atau Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) Dinas Sosial, untuk mengusulkan diri masuk DTKS serta memperoleh penjelasan proses dan persyaratannya lebih lanjut. Terimakasih.

Heru Purnama

Mohon maaf. Mau tanya2 soal bagaimana cara mengajukan bantuan modal/alat kerja/pelatihan kerja untuk mantan narapidana? Dan saya harus kemana dulu. Terimakasih.

admin 2

Selamat siang sebagai informasi ketugasan Dinas Sosial DIY (Provinsi) untuk panganan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial di Dalam Panti (Rehabilitasi). Untuk pemberdayaan menjadi kewenangan Dinas Sosial Kabupaten Kota, saudara dapat menghubungi Dinas Sosial Kabupaten sesuai KTP saudara untuk menanyakan pengajuan bantuan modal/alat pelatihan kerja. Terimakasih

hasim

Dalam rangka mengurangi dampak penyebaran Covid-19 dan penanggulangannya pada hari Senin tgl 6 April 2020 mengajukan permohonan bantuan bagi warga kami di dusun Mutihan, Wirokerten, Banguntapan, Bantul. Tapi sampai saat ini blm ada konfirmasi ke kami… mohon informasinya

Hormat kami
Hasim (085799223994)

admin 2

Selamat siang, untuk pengajuan permohonan bantuan penanganan Covid yang telah saudara sampaikan, saudara dapat langsung menghubungi Dinas Sosial Kabupaten Bantul untuk klarifikasi permohonan yang telah diajukan. Terimakasih

Niki

Assalamualaikum, mau tanya. Bagaimana Cara mengetahui progres dari pengajuan BDT?

admin 2

Waalaikumsalam
untuk mengetahui progres pengajuan BDT saudara dapat menghubungi Dinas Sosial Kabupaten Kota sesuai KTP saudara untuk dilakukan pengecekan. Terimakasih

admin 2

Waalaikumsalam
Saudara dapat datang ke Dinas Sosial Kabupaten kota sesuai KTP pengajuan saudara untuk pengecekan data saudara. terimakasih.

ari susana

bagaimana cara mengetahui data kita sudah masuk dalam BDT atau belum?
dan jika belum bagaimana kita mendaftar ?
apakah bisa langsung ke dinsos ?

admin 2

Untuk mengetahui data sudah masuk ke BDT atau belum saudara menanyakan ke pemerintah Desa/Kelurahan atau datang langsung ke Dinas Sosial Kabupaten Kota sesuai KTP saudara. Bila ingin mengusulkan diri masuk dalam BDT saudara kami sarankan untuk datang ke Dinas Sosial Kabupaten Kota untuk mengetahui syarat dan prosedur yang ditetapkan.
Terimakasih

Ipan ali sopian

Saya mau jadi warga binaan

admin 2

mohon maaf warga binaan apa yang dimaksud?

Linha

Bagaimana caranya agar dapet pkh dan kip…
Karena saya pun punya anak sekolah dan suami hanya seorang buruh…
Saya lihat yg mendapatkan pkh malah orang” yg jauh di atas saya pendapatannya…
Apakah hanya orang asli Jogja saja yg dapet kaya bgtu??
Sedangkan saya sudah tinggal di sini selama 8 tahun tapi tidak pernah di data apa”…
Malah saya dapet KIS pemerintah itupun dr Jakarta tempat tinggal saya dulu…
Bagaimana untuk pengajuannya??

admin 2

Terima kasih Sdr Linha atas pertanyaannya.. PKH adalah bantuan non tunai bersyarat yakni masuk dalam keluarga prasejahtera (masuk dalam data DTKS) dan mempunyai komponen bumil/balita/anak sekolah SD/SMP/SMA/sederajat/lansia dan disabilitas berat. Pastikan data saudara masuk dalam DTKS (Data terpadu kesejahteraan Sosisl), anda bisa mengecek di kelurahan. Kalau belum masuk, silahkan bisa menanyakan di kelurahan atau bisa mengadu di SLRT Dinas Sosial Kab/Kota. Kalau sudah masuk dalam DTKS, dan keluarga ibu masuk dalam salah satu komponen serta secara perangkingan sesuai ketentuan yang ditetapkan, seandainya ada tambahan peserta PKH untuk DIY kemungkinan bisa menjadi calon peserta PKH. Sebagi informasi bahwa untuk masuk DTKS… Read more »

lina

terkait adanya wabah virus corona.pemerintah akan menerbitkan kartu prakerja.
sedangkan keluarga saya terdampak dengan kehilangan pekerjaan.suami saya buruh bangunan pekerja lepas harian.proyek terhenti dan harus stay di rumah.
bagaimana mendapatkan kartu prakerja?

admin 2

untuk informasi dan perdaftaran kartu prakerja saudara dapat mengakses http://www.prakerja.go.id. Terimakasih

Siti Chasanah

Maaf saya mau tanya saya cek data saya og termasuk dalam DTKS ,dan menjadi peserta BSP dan PKH tapi og nyata nya saya gak dpt apa apa,pdhal saya juga termasuk keluarga kurang mampu,dan saya juga punya 2balita,suami saya cuma buruh bangunan,dan penghasilan nya juga tidak mnentap,kalo LG sakit gak kerja za gak dpt penghasilan,

admin 2

Selamat pagi Sdr Siti Chasanah mohon dapat memberikan alamat tempat tinggal yang detail serta bila ada nomor HP yang bisa dihubungi sehingga dapat langsung kami informasikan ke Dinas Sosial Kabupaten/kota untuk di cek / ditindaklanjuti. Atau saudara dapat datang langsung ke Dinas Sosial kabupaten/Kota untuk mengadukan permasalahan ini.. Terimakasih

admin 2

Terima kasih Ibu Siti Chasanah atas informasi yang diberikan.
Juga sudah memberikan Nama dan alamat yang jelas sehingga memudahkan kami mengecek data.
Setelah kami cek di data DTKS keluarga anda mempunyai satu ID DTKS dengan orangtua anda, sehingga yang mendapatkan bantuan PKH juga satu.
Untuk keluarga anda mendapatkan ID DTKS sendiri silahkan bisa bertanya ke pemerintah desa terkait mekanisme dan persyaratannya.
Terima kasih.

Haris riyadi

Assalam wr.wb
Saya mau menanyakan pak/Bu kalo misal mau mengajukan PKH itu caranya gimana ya

admin 2

Terima kasih sdr Haris Riyadi atas pertanyaannya. Perlu diketahui bahwa PKH adalah bantuan non tunai bersyarat serta sasaran utama adalah keluarga prasejahtera yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial serta mempunyai komponen bumil/balita/anak sekolah SD/SMP/SMA/sederajat/lansia dan disabilitas berat. Pastikan data saudara masuk dalam DTKS (Data terpadu kesejahteraan Sosial), anda bisa mengecek di kelurahan. Kalau belum masuk data DTKS dan saudara yakin adalah keluarga pra sejahtera, silahkan menanyakan di kelurahan atau dapat mencari penjelasan di bagian kelembagaan yang mengampu program SLRT di Dinas Sosial Kota/Kabupaten dimana saudara tinggal (sesuai KTP). Kalau sudah masuk dalam DTKS, kemungkinan bisa diusulkan menjadi calon peserta… Read more »

ari susana

untuk pkh lansia minimal umur berapa?
dan syarat untuk pkh balita apa saja?

admin 2

Terima kasih Sdr Ari Susana atas pertanyaannya.
Aturan usia lansia di PKH beberapa kali berubah, s.d tahun 2017 menggunakan usia 70 tahun ke atas. Kemudian mulai 2018 s.d 2019 menggunakan usia 60 tahun ke atas. Dan Pada tahun 2020 ini kembali ke 70 tahun ke atas.
Balita syaratnya harus menimbangkan di posyandu sebulan sekali dan mendapatkan vitamin A dan imunisasi lengkap.
Terima Kasih

Maimunah

Saya sudah menerima surat rekomendasi KIP-Kuliah dari dinas sosial tetapi masih belum terdata dalam dkts/bdt. Itu gimana? Mohon arahan dan bantuannya.

admin 2

Selamat sore, untuk pengusulan masuk dalam DTKS saudara dapat datang ke Dinas Sosial kabupaten/kota atau Desa/Kelurahan sesuai domisili Kartu keluarga saudara untuk memperoleh penjelasan prosedur dan syarat pengusulan masuk DTKS. Sedangkan untuk pendaftaran KIP Kuliah menjadi kewenangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui laman online https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ Dan untuk permasalah mengenai pengisian KIP Kuliah saudara dapat menanyakan melalui email yang tertera dilaman tersebut: kip.kuliah@kemdikbud.go.id
Terimakasih

Ilham zulian saputra

Saya mau menanyakan soal uang belasungkawa,kenapa sampe sekarang saya blm mendapatkannya?sedangkan denger2 dari orang pasti dapat sampe akte kematian ibu ku ada blm menerima uang itu!

admin 2

Selamat sore sebagai informasi Dinas Sosial DIY sampai saat ini tidak mempunyai program untuk uang belasungkawa, saudara dapat mengkonfirmasi kembali pada sumber berita yang menginformasikan hal tersebut. Terimakasih

Hanif Fitri Sumawati

Saya punya KIP, KIS, dan KKS. Tapi pas mau daftar kip-k saya belum terdata dalam dtks/bdt. Saat cari di website nya juga tidak terdata, terus ini harus gimana ya? Makasih

admin 2

Selamat pagi, untuk keterangan telah masuk BDT atau tidak saudara dapat datang ke Dinas Sosial kabupaten/kota sesuai Kartu keluarga saudara. Dan untuk permasalah mengenai pengisian KIP Kuliah saudara dapat menanyakan melalui email kip.kuliah@kemdikbud.go.id
terimakasih

Naufal

Selamat sore, kami ingin bertanya terkait pencairan desa binaan untuk organisasi kami di wilayah DIY. Apakah Dinas sosial dapat membantu atau memfasilitasi tujuan kami tersebut? Terima kasih.

admin 2

Mohon dapat memberikan informasi lebih detail yang di maksud pencairan desa binaan dan pembinaan dalam hal apa? serta nama dan alamat organisasi saudara dan kontak person yang dapat dihubungi. Terimakasih

endrica

saya ingin mengajukan BDT untuk KIP kuliah, alamat KK saya termasuk ke dlm kelas menengah tetapi saya berdomisili di kota lain dan tidak tergolong ke kelas menengah, apakah saya masih bisa mengajukan BDT?kemudian jika bisa, kemana saya harus mengajukan?

admin 2

Selamat pagi, untuk mengusulkan diri masuk dalam BDT atau sekarang bernama DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) dapat melalui Desa/Kelurahan sesuai KK/KTP saudara atau saudara datang ke Dinas Sosial Kabupaten Kota sesuai KK/KTP. Semua usulan akan diproses sesuai prosedur yang ada. Sebagai informasi untuk mengajukan KIP dari Kementerian Pendidikan telah membuat edaran yang dapat saudara cermati. Klik disini untuk download surat edaran terkait KIP: http://dinsos.jogjaprov.go.id/?wpdmpro=edaran-kementerian-pendidikan-dan-kebudayaan-terkait-dengan-kip
Terimakasih

Ara

Rentang waktu pengajuan bdt dan penetapannya berapa lama ya? Untuk 4 kali penetapannya sendiri pada bulan apa saja? Sebelumnya terima kasih.

admin 2

Rentang waktu pengajuan hingga penetapan tergantung dari Desa/Kelurahan dalam proses musyawarah desa/musyawarah kelurahan, dan petugas survei cek kondisi dilapangan, finalisasi data Dinas Sosial Kabupaten Kota serta Pengolahan data dan Penetapan di Kementerian Sosial. Mulai pemerintah desa hingga pusat mempunyai tugas fungsi masing-masing yang mempengaruhi kecepatan waktu penetapan. Bila normal, lancar dan data yang dari pengaju lengkap maka sekitar 4 bulan dapat ditetapkan. Jadwal penetapan DTKS dari Kementerian Sosial pada Bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Terimakasih

admin 2

Setelah mengajukan, sesuai prosedur usulan bapak akan dibawa dalam musyawarah desa/kelurahan (musdes/muskel), kemudian hasil musdes/muskel akan di survei dan data hasil survei akan diusulkan masuk ke DTKS. Bila bapak memerlukan informasi lebih lanjut saya sarankan bapak datang ke Dinas Sosial kabupaten/kota atau Dinas Pendidikan sesuai domisili, agar mendapatkan informasi yang lebih detail sesuai kebijakan kabupaten/kota setempat atau mendapatkan program-program kabupaten kota yang mungkin masih dapat diakses. Terimakasih

admin 2

Bila nama saudara sudah terdaftar di BDT, saudara dapat datang ke Dinas Sosial kabupaten/Kota sesuai domisili saudara dan dapat meminta dicetakkan surat keterangan bahwa saudara telah masuk di BDT untuk usulkan/digunakan mengajukan KIP. Tanda – berarti belum/tidak menerima program, bila ingin mengusulkan masuk dalam program salah satu tersebut dapat mengusulkan sesuai mekanisme yang telah diatur. Terimakasih

Dina Oktaviana

Nama saya terdaftar di Bdt, tetapi dalam kepesertaannya bertanda “-” apakah artinya itu? Soalnya saya ingin mengajukan KIP Kuliah, apakah berpengaruh?

bowo

berapa lama proses pengajuan dtks/bdt,

admin 2

Sebagai informasi: pengusulan seseorang masuk BDT baru, dapat diajukan sewaktu-waktu ke desa/kelurahan, kemudian desa/kelurahan akan mengadakan musyawarah desa/kelurahan. Hasil musyawarah desa/kelurahan tersebut akan diverivikasi/di cek di lapangan. Hasilnya akan di masukkan ke Aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial oleh Dinas Sosial Kabupaten kota untuk kemudian dikirimkan ke Kementerian Sosial RI untuk disahkan. Untuk Penetapan dari Kementerian Sosial dilakukan 4 kali dalam satu tahun.
Terimakasih

bowo

saya ingin mengajukan KIP KULIAH u/anak, sedangkan saya belum terdaftar dtks,tidak memiliki KIP,PKH,dan sejenisnya, sedangkan saya sangat membutuhkan kip kuliah ,agar anak saya bisa kuliah, saya sudah mengajukan dtks di kelurahan , langkah saya selanjutnya bagaimana?

Dini

Apakah penerima PKH kartu atm yang dibagikan sesuai nama penerima, atau bisa atas nama keluarga lain? Misalnya yang dapat PKH ibunya tetapi kartu atmnya atas nama anaknya.

admin 2

Selamat siang, Bisa oleh pengurus yang ditunjuk dan sesuai atau terdapat dalam Aplikasi PKH….
Terimakasih

Tika Nuryuliana

Dimanakah web yang bisa saya kunjungi agar saya dapat mendapatkan data terbaru untuk anak tunagrahita?

admin 2

Dinas Sosial DIY memiliki data jumlah Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial terkait dengan tuna grahita/disabilitas mental di DIY. saudara dapat membuka pada web dinsos ini pada menu Informasi Umum, download data/materi, data pmks disabilitas tahun 2018 atau klik pada tautan ini http://dinsos.jogjaprov.go.id/?wpdmpro=data-pmks-disabilitas-tahun-2018
Terimakasih

admin 2

Selamat Pagi, Dinas Sosial DIY terbuka untuk PKL/praktek kerja lapangan bagi mahasiswa, namun saran kami sebaiknya saudara menghubungi terlebih dahulu Dinas Sosial DIY bagian Subbag Program untuk menginformasikan balai atau bidang mana yang akan dituju serta kapan waktu yang akan dipilih untuk PKL untuk memastikan PKL saudara sesuai dengan jurusan saudara dan tempat yang akan dituju masih memungkinkan untuk PKL (tidak penuh). Untuk syarat dan prosedur saudara dapat klik disini http://dinsos.jogjaprov.go.id/?wpdmpro=syarat-mengurus-ijin-penelitian
Terimakasih

Arini Nurismah

Apakah dinas sosial DIY membuka praktek magang untuk mahasiswa? Jika iya, persyaratan dan prosesnya bagaimana ya?

Terima kasih.

CaturPrabhas

Permisi saya mau bertanya,
Apakah di dinas sosial yogyakarta memiliki perpustakaan dan memiliki terbitan permerintah?
Terima kasih,,

admin 2

Dinas Sosial DIY memiliki perpustakaan dan buku terbitan Pemerintah. Terimakasih