SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

PELAYANAN MASYARAKAT

Informasi, Syarat dan Prosedur Pelayanan (Klik Icon) :


4.6 12 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
856 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Fitri

Cara agar warga domisili dpt bantuan nst bgmn?kita jg warga negara indonesia,dan sangat terdampak ppkm.apa kita g berhak dpt bst? Apa yg hrs saya lakukan

nat

Selamat malam Saudara Fitri Merespon pertanyaan Saudari, dapat kami sampaikan bahwa Bantuan Sosial Tunai (BST) merupakan program sementara dari Kementerian Sosial RI dalam rangka penanganan dampak Pandemi Covid-19 sehingga bersifat sementara, bukan merupakan program reguler. Awalnya direncanakan untuk tahun 2021 hanya Januari – April. Namun saat ini ada perpanjangan hingga Juli 2021. Sebagai informasi, saat ini BST untuk periode XIV – XV / Juli 2021 telah memasuki periode salur dimana daftar KPM telah ditetapkan. Perlu kami sampaikan bahwa setiap program bantuan sosial dilaksanakan (disalurkan) sesuai aturan yang berlaku. Berdasarkan Permensos No 3 Tahun 2021, dalam keadaan darurat setiap warga miskin… Read more »

Rita

Pak mau tanya terdaftar sebagai anggota PKH dengn status ya. Keterangan ART.
Tapi periode kosong.
Itu gimana yaa

nat

Selamat malam Saudari Rita Menjawab pertanyaan Saudari, dapat kami sampaikan bahwa hal tersebut berarti nama yang dicek statusnya merupakan anggota rumah tangga (ART) dari keluarga penerima manfaat (KPM) PKH. Perlu kami informasikan bahwa PKH merupakan program berbasis keluarga. Artinya apabila ada dari keluarga Saudari pernah menjadi atau merupakan peserta PKH aktif, maka NIK Saudari dan keluarga lain yang ada dalam KK yang sama akan terdeteksi sebagai KPM PKH. Sedangkan terkait kolom periode yang kosong, artinya nama tersebut tidak berada dalam daftar salur (bukan penerima bansos PKH) periode tertentu, karena jika memang penerima maka kolom KET dan PERIODE akan terisi status… Read more »

ila

selamat malam, saya mau tanya saat ini ibu saya terdaftar sbg penerima bpnt, tapi ibu saya berencana akan pindah domisili ke kabupaten lain, apakah nantinya bpnt itu akan dicabut???

nat

Selamat malam Saudari Ila Merespon pertanyaan Saudari tentang kepesertaan program bantuan sosial, perlu kami informasikan bahwa berdasarkan Permensos no 3 Tahun 2021 semua pelaksanaan program bantuan baik dari pemerintah pusat maupun daerah harus berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Hal tersebut berlaku juga untuk pelaksanaan penyaluran BPNT/Bantuan Sosial Pangan (BSP)/Sembako. Sekilas tentang DTKS, secara umum DTKS merupakan data yang menggambarkan kondisi kesejahteraan suatu rumahtangga, dimana rumahtangga terdiri dari keluarga dan anggota rumahtangga. Sehingga pada prinsipnya sebuah rumahtangga didata berdasarkan kondisi bangunan rumah yang ditempati beserta isinya, kepemilikan aset dan demografi anggota keluarganya. Updating / perubahan data DTKS dilakukan sesuai keperluan.… Read more »

Wilandari

Assalamulaikum …
Sebelumnya keluarga saya mendapat bantuan BST,kenapa di bulan juli ini tidak lagi mendapatkan bantuan tersebut,hari ini juga saya cek nama kami ke CEK BANSOS nama kami masih ada di data terpadu bansos.
Tolong penjelasannya

nat

Wa’alaikumussalam Selamat malam Saudari Wilandari Merespon pertanyaan Saudari terkait BST, perlu kami informasikan bahwa seiring dengan hasil evaluasi pelaksanaan program-program bansos, serta dinamika aturan Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang mulanya diatur dalam Permensos No 5 tahun 2019 yang kemudian mengalami perubahan melalui Permensos No 11 Tahun 2019 dan terakhir yang berlaku saat ini adalah Permensos No 3 Tahun 2021 sedikit banyak berakibat pada dinamika data penerima bantuan sosial. Sehingga dampaknya adalah penghentian penyaluran bagi sebagian KPM. Secara umum mulai tahun 2021, perbaikan data penerima bantuan sosial mulai mengalami perbaikan secara rutin setiap bulan yang dilakukan oleh Kementerian Sosial… Read more »

Heppi susanti br karo

Saya mau bertanya ya bapak ibuk
Kenapa kartu bansos saya tidak bisa mengecek saldo.
Klo setiap di cek pasti ada kalimat system mulfunction
Kenapa ya bapak ibuk.mohon bantuannya ya bapak ibuk

nat

Selamat malam Saudari Heppi

Merespon permasalahan yang Saudari alami tentang penggunaan Kartu Keluarga Sejahtera, silakan Saudari menghubungi Bank selaku pihak yang menerbitkan kartu tersebut dengan terlebih dahulu melaporkan permasalahan tersebut kepada Dinas Sosial Kabupaten/Kota setempat, sesuai alamat KTP Saudari.

Terimakasih.

Novitasari

Assalamualaikum, saya mau tanyk kenapa saya tidak dpt Bst bln juli ini sedangkan saya selalu dpt yg terakhir bln April lalu,sedangkan penerimanya kn yg lama2 dpt semua kn aneh Yg kerja2 dpt semua sedangkan suami dn saya tdk ada yg bekerja sama sekali,mohon penjelasannya.terima kasih

nat

Selamat malam Saudari Novitasari Merespon pertanyaan Saudari terkait BST, perlu kami informasikan bahwa seiring dengan hasil evaluasi pelaksanaan program-program bansos, serta dinamika aturan Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang mulanya diatur dalam Permensos No 5 tahun 2019 yang kemudian mengalami perubahan melalui Permensos No 11 Tahun 2019 dan terakhir yang berlaku saat ini adalah Permensos No 3 Tahun 2021 sedikit banyak berakibat pada dinamika data penerima bantuan sosial. Sehingga dampaknya adalah penghentian penyaluran bagi sebagian KPM. Secara umum mulai tahun 2021, perbaikan data penerima bantuan sosial mulai mengalami perbaikan secara rutin setiap bulan yang dilakukan oleh Kementerian Sosial dan… Read more »

Indah Permata

Selamat siang, ijin bertanya ayah saya penerima bantuan BST tetapi ayah saya sudah meninggal bulan Juli. Apakah bantuan BST masih berhak dapat untuk istri serta anak² nya di rumah atau bagaimana ya? Terimakasih🙏

nat

Selamat malam Saudari Indah

Menjawab pertanyaan Saudari terkait pengambilan BST oleh ahli waris, dapat kami sampaikan bahwa apabila penerima meninggal pengambilan masih dapat dilakukan oleh keluarga yang masih ada dalam satu KK yang sama dengan almarhum. Pada saat pengambilan BST, perwakilan keluarga yang ditunjuk datang membawa KTP serta KK asli dimana namanya dan nama almarhum masih tercantum.

Terimakasih.

1 7 8 9