SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

Program Pelayanan Sosial Bagi Lansia Di Dinsos DIY

(Last Updated On: 4 Januari 2013)

Sampai saat ini usia harapan hidup di Provinsi DIY masih menduduki tempat terhormat di Indonesia. Berbagai upaya baik secara individual maupun melalui berbagai pihak untuk meningkatkan taraf kehidupan sosial ekonomi serta derajad kesehatan akan secara langsung maupun tidak langsung berkorelasi secara positif dengan usia harapan hidup tersebut di satu sisi, serta jumlah penduduk lansia di sisi lain. Dengan demikian lambat atau cepat, secara kuantitas penduduk lansia akan menempati posisi yang cukup signifikan secara demografis.

Namun pada sisi yang lain tidak dapat dihindari secara alamiah penduduk lansia ini akan mengalami penurunan secara kualitatif dan kuantitatif pada fungsi-fungsi biologis, psikologis, sosial dan ekonomi. Kondisi demikian membuka kesadaran perlunya langkah-langkah yang tepat agar posisi lansia secara demografis tidak membuka permasalahan baru, namun diharapkan dapat menjadi bagian komponen potensi untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ada di masyarakat.

Berdasarkan Hasil Pemutakhiran Data Dinas Sosial Provinsi DIY 2010 jumlah Lansia terlantar di wilayah Provinasi DIY total sebanyak 29.724 orang, dengan rincian, Kabupaten Kulon Progo sebanyak 5.099 orang (17,14%), Bantul 5.486 orang (18,45%), Gunungkidul 11.565 orang (38,88%), Sleman 5.647 orang (`18,99%) dan Kota Yogyakarta 1.945 orang (6,54%).

Untuk mengatasi permasalahan lansia serta menjadikan mereka sebagai bagian potensi masyarakat, diperlukan upaya bukan saja oleh pemerintah, melainkan juga seluruh lapisan masyarakat untuk memberi ruang agar proses alamiah penduduk lansia tersebut tidak mengurangi aspek kesejahteraan sosial di lingkungannya. Begitu juga, diperlukan adanya pengenalan dan pemahaman diri terhadap fenomena lansia berikut permasalahan yang menyertai, sehingga kualitas hidup baik secara fisik maupun psikis bisa dipertahankan.

Sejalan dengan perkembangan  masalah dan kebutuhan  Lansia dipandang perlu adanya suatu upaya yang dapat memberikan perlindungan dan jaminan bagi lanjut usia untuk dapat mewujudkan dan memelihara taraf kehidupan sosialnya, sehingga dapat menikmati hari tuanya yang berdayaguna dan berguna baik untuk dirinya maupun orang lain.

Untuk meningkatkan kesejahteraan para Lansia, Pemerintah Provinsi DIY melalui Dinas  Sosial telah melakukan berbagai macam upaya di bidang pelayanan sosial lanjut usia baik yang masih potensia maupun yang tidak potensial, khususnya yang mengalami keterlantaran dan kekerasan.

Berbagai macam program/kegiatan di bidang pelayanan sosial lanjut usia baik melalui dana APBD maupun APBN yang selama ini telah dilaksanakan oleh Dinas Sosial Provinsi DIY, antara lain:

  1. Bantuan UEP untuk Lansia yang masih produktif
  2. Home Care (pendampingan dan perawatan LU di rumah)
  3. Program Trauma Center bagi Lansia yang mengalami trauma
  4. Pelayanan Harian Lanjut Usia (Day Care Service)
  5. Program Jaminan Sosial Lanjut Usia (JSLU)
  6. Bantuan Permakanan bagi LUT yang sudah tidak potensial
  7. Penguatan Kelembagaan bagi Orsos yang menangani LU, dsb.

Selain itu, Dinas Sosial Provinsi DIY juga menyelenggarakan pelayanan sosial bagi Lansia melalui Panti Sosial Tresna Werdha yang terdiri dari 2 unit, yaitu Unit Abiyasa Pakem Sleman dan Unit Budhi Luhur Kasongan Bangunjiwo Kasihan Bantul .

0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar