SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

PERINGATI HKSN TAHUN 2021, DISSOS DIY GELAR ACARA SARASEHAN SIMFONI KESETIAKAWANAN SOSIAL

(Last Updated On: 15 December 2021)

Yogyakarta (14/12/2021) dinsos.jogjaprov.go.id – Momentum Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) yang jatuh pada tanggal 20 Desember 2021, di Daerah Istimewa Yogyakarta tahun ini diperingati secara sederhana dengan menggelar acara Sarasehan Simfoni Kesetiakawanan Sosial, Senin (14/12) di Ballroom Malioboro Hotel New Saphire Yogyakarta, Jl. Laksda Adisucipto No.38, Demangan, Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19, acara yang mengusung tema “Perkokoh Solidaritas Indonesia Sejahtera” ini dilaksanakan dengan jumlah peserta yang terbatas, sebanyak 50 orang dari unsur OPD terkait dan mitra kerja serta dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan. Selain berlangsung secara luring, acara ini juga disiarkan secara daring melaui live streamming menggunakan saluran youtube dan IG.

Kepala Dinas Sosial DIY, Endang Patmintarsih, SH, M.Si selaku penyelenggara kegiatan dalam laporan secara tertulis melaporkan, kegiatan yang bersumber dari Dana Dekon Kemensos RI ini bertujuan untuk mewujudkan tata kehidupan dan penghidupan masyarakat yang dilandasi oleh nilai-nilai kesetiakawanan sosial. Selain itu, agar tercipta kondisi sosial yang menjamin nilai-nilai kesetiakawanan sosial mampu menjadi pilar dasar dalam mewujudkan Indonesia sejahtera.

Lebih lanjut, dilaporkan Kepala Dinas, selain Sarasehan Simfoni Kesetiakawanan Sosial, Dissos DIY juga menggelar berbagai kegiatan lain sebagai rangkaian Peringatan HKSN Tingkat DIY tahun ini, antara lain: Aksi Donor Darah, Bhakti Sosial (Bantuan Sembako), Pertunjukan Seni Wayang Cakruk, Lomba Perekat Kesetiakawanan Sosial bagi Pegawai Dissos DIY dan UPT, Lomba Vlog untuk umum, serta Ziarah dan Tabur Bunga di TMP Kusuma Bangsa Yogyakarta. Kegiatan tersebut akan berlangsung mulai tanggal 14 sampai dengan 17 Desember 2021.

Disampaikan pula, meskipun acara ini diselenggarakan secara sederhana, namum tidak mengurangi esensi dari nilai kesetiakawanan, bahkan lebih mendorong tumbuhnya sikap dan tindakan saling peduli dan berbagi yang dilandasi oleh kerelaan, kebersamaan, toleransi, dan tidak diskriminasi terutama di masa pandemi Covid-19.

Sementara itu, Wakil Gubernur DIY, Paku Alam X dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Sekda Bidang Pemberdayaan Sumber Daya Masyarakat, Ir. Aris Riyanta, MSi menyatakan, semangat kesetiakawanan sosial harus terus diperkuat dengan cara menggali modal sosial yang ada di masyarakat serta menjadi tugas bersama untuk menselaraskan nilai-nilai sosial budaya dan perkembangan teknologi serta kemajuan jaman saat ini. Wagub juga berpesan agar selalu menggalang kesetiakawanan sosial untuk melawan covid-19.

Pada sesi talk show yang dipandu Erina Chusnulita (Presenter Radio dan TV), panitia menghadirkan 3 narasumber yang berkompeten, yaitu: (1) KPH Yudohadiningrat, SH dari Kraton Yogyakarta, dengan materi “Meningkatkan partisipasi Masyarakat dalam Bingkai Kesetiakawanan Sosial”, (2) Prof. Dr. Suwarna Dwijonagoro, M.Pd dari Universitas Negeri Yogyakarta, dengan materi “Perkokoh Solidaritas untuk Kemajuan Bangsa”; serta (3) Endang Patmintarsih, SH, MSi dari Dinas Sosial DIY, dengan materi “Peran Dinas Sosial DIY dalam Peringatan HKSN”.

Acara ini juga dimeriahkan dengan Tari Kolosal Keberagaaman Nusantara yang dibawakan Group Duta Bahasa Yogyakarta. (SP).

5 2 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar