SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI-HOTLINE BANSOS COVID-19-WA : 0812 2683 9099-Email: dissosdiy.bansoscovid19@jogjaprov.go.id

PERINGATAN HARI PAHLAWAN TAHUN 2018

(Last Updated On: 17 November 2018)


Upacara peringatan hari pahlawan tahun 2018 oleh Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta dilaksanakan tepat pada hari Sabtu tanggal 10 November 2018 dan bertindak sebagai inspektur upacara adalah ibu Dra. Endang Iriyanti, MA sekretaris Dinas Sosial DIY. Peserta upacara merupakan seluruh pegawai di lingkungan Dinas Sosial DIY termasuk pegawai di 6 UPTD. Rangkaian upacara terdiri dari pengibaran bendera merah putih, pembacaan pembukan UUD negara RI tahun 1945, pembacaan teks pancasila dan pembacaan pesan-pesan pahlawan.

Inspektur upacara dalam kesempatan ini membacakan amanat menteri sosial RI Dr Agus Gumiwang Kartasasmita, M. Si : “ Prosesi peringatan Hari Pahlawan khususnya Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih serta mengheningkan cipta secara serentak selama 60 detik dilaksanakan di seluruh pelosok Tanah Air bahkan di Perwakilan Negara Republik Indonesia di Luar Negeri. Seluruh rangkaian kegiatan peringatan hari Pahlawan bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara di hati sanubari bangsa Indonesia. Peringatan hari pahlawan bukan hanya sebuah acara namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai proses namun substansi, harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan.

Tema Hari Pahlawan tahun 2018 adalah Semangat Pahlawan di Dadaku mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan, oleh karenanya siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga negara Indonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemaslahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan negara. Kepahlawanan bukan bersifat statis namun dinamis, bisa menguatkan bahkan dapat melemahkan. Untuk itu kiranya seluruh rangkaian peringatan hari pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa Indonesia.

“Selamat Hari Pahlawan tahun 2018 kobarkan terus semangat pahlawan di dada, torehkan prestasi yang membawa harum nama bangsa dan negara. Jaga selalu persatuan dan kesatuan dalam jalinan toleransi dan kesetiakawanan sosial. Semoga semangat pahlawan senantiasa mewarnai setiap langkah kita”. Demikian ringkasan amanat menteri Sosial RI dan selamat Hari Pahlawan tahun 2018. (Vita)

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar