SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI-HOTLINE BANSOS COVID-19-WA : 0812 2683 9099-Email: dissosdiy.bansoscovid19@jogjaprov.go.id

PERAYAAN PASKAH ANAK ASUH BRSPA 2021
“Bertumbuh dalam Kristus, Berbuah dalam Hidup”

(Last Updated On: 6 April 2021)

Balai Rehabilitasi Sosial dan Pengasuhan Anak (BRSPA) Yogyakarta, memberikan Fasilitasi pembinaan keagamaan sesuai dengan agama yang dianut oleh anak-anak asuh. bagi yang beragama Islam di fasilitasi pembinaannya sesuai agama Islam, dan bagi yang non muslim juga difasilitasi dan dibina pengamalan agamanya, Termasuk memfasilitasi peringatan hari Paskah bagi anak-anak asuh yang beragama Nasrani. Peringatan paskah bagi anak asuh didampingi oleh pendamping atau pengasuh yang beragama Nasrani, sehingga anak-anak tetap mendapatkan pendampingan dan pebinaan yang sesuai.

Setelah menjalankan puasa dan pantang selama masa pra-Paskah, tibalah perayaan Pekan Suci bagi umat Kristiani. Begitu juga bagi anak-anak asuh di Balai Rehabilitasi Sosial dan Pengasuhan Anak yang beragama Katolik dan Kristen. Pekan Suci dirayakan mulai dari Minggu Palma, Kamis Putih, Jumat Agung, Malam Vigili Paskah dan Minggu Paskah.

Pada tahun 2021 ini, anak asuh tidak dapat mengikuti perayaan secara langsung di gereja karena adanya pandemi covid-19. Namun demikian anak asuh di Balai RSPA tetap bersemangat merayakan Pekan Suci Paskah ini secara virtual melalui live streaming dari gereja-gereja se-Keuskupan Agung Semarang.

Perayaan Kamis Putih pada tanggal 1 April 2021 berlangsung dengan sangat khidmat. Pada perayaan ini, anak-anak mengenang kembali perjamuan terakhir yang dilakukan Yesus bersama murid-muridnya. Dalam perayaan ini pula, anak-anak menyaksikan pembasuhan kaki, yang memberikan makna mendalam tentang pelayanan yang tulus dalam hidup sehari-hari.

Rangkaian Pekan Suci kemudian dilanjutkan dengan peringatan Wafat Isa Almasih pada hari Jumat Agung. Pada perayaan ini anak-anak mengenangkan cinta Yesus hingga rela mengorbankan dirinya untuk menebus dosa manusia. Anak-anak juga belajar bahwa dalam hidup sehari-hari, tiap manusia memanggul salib masing-masing. Seperti Yesus, anak-anak harus bangga memanggul salib kehidupan dan menjalaninya dengan keyakinan akan cinta Tuhan yang tidak pernah mati.

Pada hari Sabtu, anak-anak mengikuti ibadat Malam Vigili Paskah. Malam Vigili Paskah atau yang sering disebut dengan Sabtu Suci. Ini merupakan malam saat di mana umat Kristiani merasakan sukacita sambil berjaga-jaga menantikan kebangkitan Tuhan. Pada malam ini anak-anak juga mengikuti “upacara cahaya” dengan menyalakan lilin. Selain itu juga dilakukan prosesi pembaharuan janji babtis.

Puncak perayaan dilaksanakan pada hari Minggu Paskah yang merupakan perigatan kebangkitan Yesus Kristus. Minggu Paskah ditandai dengan perayaan yang penuh sukacita. Kebangkitan Kristus menandakan keselamatan bagi manusia. Dalam hidup sehari-hari manusia sering merasakan kehidupan yang berat dan tidak sesuai keinginan. Namun, semangat kebangkitan ini, dapat dijadikan kekuatan untuk selalu meyakini cinta Kristus yang juga tak akan pernah mati.

Sesuai dengan tema Paskah Keuskupan Agung Semarang pada tahun 2021 ini “Bertumbuh dalam Kristus, Berbuah dalam Hidup”, setiap manusia diharapkan memiliki semangat untuk selalu mengimani Kristus di manapun dia berada. Dan dengan mengimani cinta-Nya, tiap orang juga berusaha untuk selalu bermanfaat bagi sesama dalam hidup sehari-hari dengan banyak melakukan perbuatan baik.

Selamat Paskah 2021!
Balai RSPA, melayani sepenuh hati.

Paskah Online Anak Anak Asuh BRSPA
Menyaksikan upacara pembasuhan
Upacara penghormatan salib
Menyanyikan lagu Bapa Kami
Penghormatan pada Tubuh dan Darah Kristus
5 1 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar