SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

PENYERAHAN MAHASISWA KKN STiPsi DI BPRSW

(Last Updated On: 12 Maret 2021)

Senin (15 Februari 2021) lalu, Ketua Sekolah Tinggi Psikologi Yogyakarta (STiPsi), Galuh Setia Winahyu S.Psi., M.Psi. Psikolog menyerahkan sejumlah mahasiswa dalam kegiatan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Kunjungan ini diterima baik oleh Kepala BPRSW, Dra. Retno Basundari, MM. Dengan persetujuan dari Kepala Balai, direncanakan mahasiswa STiPsi melaksanakan KKN selama satu bulan terhitung dari tanggal 15 Februari sampai 15 Maret 2021.

Selanjutnya kegiatan KKN Mahasiswa STiPsi dilakukan dalam pendampingan dan bimbingan pekerja sosial BPRSW. Dengan arahan pekerja sosial BPRSW, mahasiswa menyusun rencana agar dapat menghasilkan program kerja yang sesuai dengan kebutuhan di BPRSW. Hasilnya sebagai berikut :

  1. Game perkenalan. Tujuan adanya game ini ialah sebagai ajang untuk saling mengenal antara klien dengan mahasiswa KKN agar terjalin keakraban dan kedekatan sehingga akan terjalin komunikasi yang baik.
  2. Psikoedukasi. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan terkait kesehatan mental bagi klien BPRSW serta memotivasi klien untuk dapat menerima dirinya. Dengan penerimaan diri, diharapkan selanjutnya akan lebih mudah bagi klien untuk menjalani aktivitas hidupnya sehari-hari.
  3. Outbond. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini sebagai media hiburan, mengisi waktu luang, meningkatkan kekompakan antar klien, serta meningkatkan dan menguatkan kerjasama klien di BPRSW.
  4. Konseling individu. Tujuan pelaksanaan konseling untuk membantu proses assessment, wadah untuk bercerita, serta pemberian dukungan positif bagi klien BPRSW.
  5. Nobar (Nonton Bareng). Tujuan pelaksanaan kegiatan ini selain sebagai media untuk hiburan, pemilihan materi tontonan juga ditargetkan dapat memberikan motivasi bagi klien BPRSW agar memiliki nilai positif dalam dirinya.
  6. SKJ dan permainan tradisional, tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk menjaga kesehatan jasmani klien dan melestarikan permainan tradisional yang sarat akan nilai.  Mengingat klien-klien BPRSW merupakan ibu dan calon ibu.

Dengan bimbingan Pekerja Sosial dan dukungan dari seluruh karyawan BPRSW, diharapkan progam kerja tersebut dapat terlaksana dengan tetap mentaati aturan maupun protokol kesehatan yang berlaku. Pihak kampus STiPsi berharap mahasiswa dapat bersinergi dalam rangka mewujudkan visi misi BPRSW, serta memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru dari kegiatan pelayanan kesejahteraan sosial. Selain itu diharapkan mahasiswa dapat memberikan program KKN yang dapat membantu kelancaran jalannya proses rehabilitasi sosial bagi klien BPRSW.

0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar