SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI-HOTLINE BANSOS COVID-19-WA : 0812 2683 9099-Email: dissosdiy.bansoscovid19@jogjaprov.go.id

Pengunjung TMP Kusumanegara Meningkat

(Last Updated On: 7 Januari 2013)

Yogyakarta – Dalam rangka meningkatkan kinerja pelayanan Taman Makam Pahlawan (TMP) dan Makam Pahlawan Nasional (MPN), Dinas Sosial Provinsi DIY melalui Seksi Kepahlawanan, Keperintisan, Kejuangan dan Kesetiakawanan Sosial menyelenggarakan Rapat Koordinasi Petugas Pemeliharaan TMP dan MPN se Provinsi DIY, Selasa (1/12) bertempat di Ruang Seminar Kantor TMP, Jl. Kusumanegara Yogyakarta.

Hadir pada acara tersebut selain para petugas/pengelola TMP dan MPN se DIY juga dari berbagai instansi terkait di DIY. Narasumber berasal dari Kodim 0734 Yogyakarta dan Dinas Sosial Provinsi DIY.

          Menurut Kepala Seksi Kepahlawanan, Keperintisan, Kejuangan dan Kesetiakawanan Sosial, Prasetyo Budi Laksono, SE, MSi, bahwa program fasilitasi yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi DIY dalam rangka pelesatarian nilai-nilai keperintisan, kepahlawanan dan kejuangan (K3), antara lain berupa peningkatan fungsi TMP dan TMN serta peningkatan kualitas sumberdaya pengelola TMP dan MPN. “Dewasa ini perkembangan pelayanan TMP maupun MPN mengalami cukup banyak peningkatan, terutama dengan ditandai meningkatnya jumlah pengunjung. Mereka yang datang berasal dari berbagai elemen masyarakat dengan beragam maksud dan tujuan. Ada yang datang untuk melakukan ziarah wisata, studi tentang kepahlawanan, dan ada pula yang berhubungan dengan pelestarian dan pendayagunaan nilai-nilai K3, misalnya dengan menggelar sarasehan atau diskusi dan lain sebagainya” terangnya. Dijelaskan lebih lanjut oleh Prasetya, menurut data yang ada, jumlah pengunjung selama 4 tahun terakhir baik perorangan maupun rombongan mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Pada 2006 jumlah pengunjung ada 3.000 orang, 2007 sebanyak 17.496 orang, 2008 sebanyak 25.628 dan pada 2009 sampai dengan bulan November sebanyak 28.556 orang.

Pada kesempatan tersebut dibagikan pula honorarium bagi para petugas pemelihara TMP dan MPN se DIY. (Spt)

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar