SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI-HOTLINE BANSOS COVID-19-WA : 0812 2683 9099-Email: dissosdiy.bansoscovid19@jogjaprov.go.id

PEMERINTAH DAERAH D.I.YOGYAKARTA MERAIH AWARD

(Last Updated On: 26 Februari 2015)

 

32123

 

Sejak 16 s.d. 19 Februari 2015 selama tiga hari di Hotel Borobudur Jl. Lapangan Benteng Kementerian Sosial R.I. menyelenggarakan acara Rakornas Tahun 2015. Dalam acara tersebut Pemerintah Daerah D.I.Yogyakarta meraih penghargaan sebagai pemenang Kategori Dana Sharing Tertinggi APBD Tingkat Provinsi Tahun 2015 untuk Program Keluarga Harapan (PKH). Ini merupakan prestasi setelah tahun 2014 Pemerintah Daerah D.I.Yogyakarta menjadi nominator Kategori Dana Sharing APBD 1 tertinggi, dan akhirnya tahun 2015 ini meraih prestasi sebagai pemenang Kategori Dana Sharing Tertinggi APBD Tingkat Provinsi Tahun 2015.

Drs. Untung Sukaryadi, MM., Kepala Dinas Sosial DIY dalam wawancara mengungkapkan bahwa Penghargaan tersebut disamping menjadi kebanggaan bagi DIY, juga merupakan bentuk kepedulian pemerintah daerah DIY pada PKH melalui dana sharing APBD. Dijelaskan juga bahwa disamping mempertahankan jumlah dana Sharing APBD untuk PKH juga bagaimana kualitas pelayanan kepada Kelurga Sangat Miskin (KSM) peserta PKH di DIY betul-betul dapat ditingkatkan.

1231

 

Peningkatan kualitas pelayanan PKH di DIY tentu memerlukan peran pendamping dan operator dalam berinovasi dan berkreasi sehingga cepat memberikan akselerasi pada dampingannya. Walaupun rasio jumlah pendamping dan KSM dampingannya masih terlalu banyak.

Dijelaskan juga dalam wawancara yaitu tentang pengentasan kemiskinan di DIY bahwa implementasi catur pilar dapat menjadi salah satu solusi untuk menangkap tahap graduasi PKH yaitu kerja sama dan kontribusi antara Pemerintah, Masyarakat, Pengusaha dan Akademisi. Beliau berharap pendamping dapat menjalin jejaring dengan ke-empat komponen tersebut.

“Dalam bekerja di bidang sosial, kita jangan berharap banyak, tapi berbuatlah sebanyak mungkin untuk kemaslahatan”, demikian pesan Kepala Dinas Sosial kepada pendamping dan operator PKH se DIY . Beliau juga berharap bahwa PKH di DIY makin cepat selesai semakin bagus. Artinya pengentasan kemiskinan di DIY benar-benar akseleratif. (*)

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar