SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI-HOTLINE BANSOS COVID-19-WA : 0812 2683 9099-Email: dissosdiy.bansoscovid19@jogjaprov.go.id

PEMBINAAN SATRIYA INTEGRITAS BIDANG BANJAMSOS

(Last Updated On: 16 November 2018)

Yogyakarta, (13/03/2017). “Semangat pagiii……..”. Salam itu dijawab dengan keras seluruh staf Bidang Banjamsos Dinas Sosial DIY dengan …”Pagi, Pagi, Pagi…….” Semangat setiap peserta dapat dirasakan dengan nada suara yang makin meninggi dalam memberikan jawaban salam tersebut.

 Acara pembinaan SATRIYA Integritas Bidang Banjamsos dikemas dengan cantik oleh seluruh staf Bidang Banjamsos Dinas Sosial DIY. Bidang yang dinahkodai oleh Drs. SURYANA, M.Si ini ngemban dawuh Kepala Dinas Sosial DIY untuk melakukan pembinaan bersama.

Kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 10 Maret 2017 ini dilaksanakan di lokasi pemancingan Kadisoka Purwomartani Sleman Yogyakarta. Diikuti oleh seluruh pejabat struktural mulai dari Kepala Bidang, Kepala Seksi, Staf dan Staf Sekretariat Program Keluarga Harapan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk menyemarakkan suasana, kegiatan diawali dengan mancing bersama. Setiap peserta membawa alat pancing masing-masing. Suasana menjadi sangat meriah ketika salah satu peserta pancingnya disambar ikan. Saling ejek tentang kemampuan memancing tidak dapat dielakkan. Tetapi masih dalam suasana …ha..ha..hi..hi.. bersama. Suasana akrab yang terlahir spontan.

Acara sempat terpotong oleh Shollat Jum’at yang dilaksanakan di Masjid tidak jauh dari tempat pemancingan. Sementara shollat ditunaikan, hasil mancing hari itu dimasak oleh petugas yang biasa melayani di rumah makan yang menjadi satu manajemen dengan pemancingan.

Shollat Jum’at selesai ditunaikan. Kepala Bidang Banjamsos mengawali sambutan dengan menyampaikan slogan kebersamaan oleh beliau disebut manajemen ndeso. Pesan-pesan kecintaan terhadap tugas-tugas di Bidang Banjamsos. Manajemen ndeso, sebuah istilah untuk menjelaskan prinsip-prinsip yang mengedepankan rembugan, saling ngajeni, menang tanpa ada yg merasa dikalahke, rasa pangrasa ditepakke awake dewe, ora negakke sedulur, mengutamakan kekancan lan paseduluran, ….ora nganggo nesu.

Pembinaan SATRIYA integritas dilanjutkan dengan memainkan beberapa permainan bermakna untuk meningkatkan ketahanan pribadi staf Bidang Banjamsos agar mampu menjauhi praktek Korupsi, Kolusi dan Nepotisme. Sebuah proses mempertahankan sifat dasar manusia yang jujur dan menerapkan dalam pelaksanaan ketugasan sehari-hari.

Peserta kegiatan siang itu juga melakukan ekspresi tepuk tangan untuk mengubur dalam-dalam kebiasaan buruk masa lalu dengan menepuk keras telapak tangan kiri dengan tangan kanan dan meneriakkan kalimat masa lalu….masa lalu…masa lalu….. Untuk menyambut perkataan Kepala Bidang yang menyebutkan perilaku buruk yang harusnya ditinggalkan. Semangat terpancar dari seluruh ekspresi peserta pembinaan hari itu.

Selain untuk membina integritas, kegiatan ini juga untuk saling memahami siapa sebenarnya diri masing-masing-masing di Bidang Banjamsos. Sebuah upaya pemahaman posisi diri dan semangat kebersamaan, semangat perubahan yang dikemas di lokasi pemancingan saat itu. Kekancan, paseduluran, ora nganggo nesu untuk saling mengingatkan yen ora jujur mesthi hancur. Berani jujur itu Hebat. (wieb’2017).

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar