SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI-HOTLINE BANSOS COVID-19-WA : 0812 2683 9099-Email: dissosdiy.bansoscovid19@jogjaprov.go.id

Pembinaan Lanjut KUBE PKH

(Last Updated On: 4 Januari 2013)

YOGYAKARTA (Juli 2011)—Kelompok Usaha Bersama Program Keluarga Harapan (KUBE PKH) penumbuhan tahun 2008 dan 2009 mendapatkan Pembinaan Lanjut melalui Kegiatan Pembinaan dan Pemantauan Pelaksanaan Program Keluarga Harapan oleh Tim tahun 2011. Untuk bulan Juli ini, Pembinaan Lanjut KUBE PKH dilaksanakan di 4 tempat yakni di Kantor Kecamatan Wonosari, Kantor Kecamatan Imogiri, Kantor Kecamatan Godean dan Kantor Kecamatan Sewon. Tetapi sebenarnya kegiatan tersebut dilaksanakan dengan peserta dari Kecamatan Godean Kecamatan Seyegan, Kecamatan Minggir, Kecamatan Gamping, Kecamatan Wonosari, Kecamatan Semanu, Kecamatan Paliyan, Kecamatan Playen, Kecamatan Imogiri, Kecamatan Dlingo, Kecamatan Kasihan, Kecamatan Sanden, dan Kecamatan Sewon tetapi dipusatkan di 4 kecamatan.

Menurut Budhi Wibowo, A.KS, M.Si selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan Pembinaan dan Pemantauan Pelaksanaan Program Keluarga Harapan oleh Tim tahun 2011 di Seksi KTK, PM dan Jaminan Sosial, Jumlah KUBE PKH di seluruh wilayah Provinsi D.I.Yogyakarta sampai dengan tahun 2011 tercatat sebanyak 110 kelompok. Masing-masing KUBE PKH mendapatkan bantuan modal usaha sebesar Rp. 30.000.000,- dari Kementerian Sosial R.I., yang langsung ditransfer ke masing-masing rekening kelompok.

Masih menurut Budhi, pembinaan lanjut akan dilaksanakan dalam 8 angkatan yang terbagi dalam 2 bulan yaitu bulan Juli dan bulan Agustus 2011 dan untuk bulan Juli telah dilaksanakan. Peserta Pembinaan Lanjut KUBE PKH adalah Ketua dan Sekretaris atau Bendahara KUBE PKH. Sebelumnya, pada tahun 2010 KUBE PKH ini telah mendapatkan Bimbingan Motivasi Penumbuhan KUBE PKH dan Pelatihan Administrasi untuk KUBE PKH. Budhi selanjutnya mengatakan bahwa tujuan Pembinaan Lanjut KUBE PKH ini untuk memantapkan pengurus dan anggota KUBE PKH untuk mengelola usaha yang dilakukan. Disamping tujuan tersebut, pembinaan lanjut ini juga untuk menyiapkan KUBE PKH menuju pengembangan KUBE PKH tahun 2012.

Pemantauan dan pembinaan KUBE PKH ini telah dilakukan sejak tahun 2009 dan tahun ini memasuki tahun ketiga. Disamping menyesuaikan dengan anggaran dari APBD Provinsi D.I.Y pemantauan yang terus menerus juga dimaksudkan untuk mewujudkan pelayanan dan pembinaan KUBE PKH yang tuntas, berkesinambungan dan terkonsentrasi. Kegiatan tersebut didukung sepenuhnya oleh pendamping dan operator PKH,Unit Pelaksana Program Keluarga Harapan baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten
(Seksi KTK, PM dan Jamsos Dinas Sosial Prov. D.I.Y.).

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar