SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

PEMBENTUKAN KAMPUNG SIAGA BENCANA (3)

(Last Updated On: 5 Agustus 2014)

KSB (KAMPUNG SIAGA BENCANA) merupakan program nasional yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. KSB adalah wadah formal penanggulangan bencana berbasis masyarakat dalam kawasan/tempat untuk program penanggulangan bencana.

Tahapan Pembentukan

1). Pra Pembentukan

Kegiatan ini merupakan kegiatan penyebaran informasi pada tingkat pembuat kebijakan (provinsi) serta para pihak yang memiliki kepentingan dalam penanggulangan bencana. Berikut beberapa hal penting untuk dibahas menyangkut hal-hal penting di bawah ini:

a). Sosialisasi informasi yang menggambarkan betapa pentingnya penanggulangan bencana dan kesiap-siagaan masyarakat dalam menghadapi bencana kepada pemerintah provinsi/kabupaten/kota dan masyarakat yang ada di daerah rawan bencana.

b). Mengidentifikasi dan menginventarisasi tentang potensi dan sumber daya yang ada pada wilayah tersebut untuk penanggulangan bencana.

c). Mengenali berbagai ancaman yang menimbulkan bencana dan data ini umumnya ditampilkan dalam peta ancaman dan risiko bencana. Untuk mengetahui tingkat/skala bahayanya dinyatakan dalam bentuk tinggi, sedang, rendah.

d). Setelah pada point 1 s/d 3 terpenuhi maka langkah selanjutnya adalah persiapan penetapan lokasi dengan cara berkoordinasi dengan pihak-pihak yang berwenang untuk proses selanjutnya. Dalam hal ini telah diperoleh kesepakatan mengenai lokasi Gardu Sosial dan Lumbung Sosial.

0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar