SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

PEMANFAATAN HOTEL MUTIARA SEBAGAI SHELTER COVID-19 PEMDA DIY

(Last Updated On: 10 March 2022)

Dinas Sosial DIY telah menyelenggarakan usaha aktivasi shelter Covid-19 menggunakan Hotel Mutiara Jalan Malioboro 18 Yogyakarta. Aktivasi shelter ini merupakan usaha pemenuhan peran pemerintah memberikan perlindungan sosial bagi korban bencana non alam di DIY.

“Tujuan dari aktivasi shelter di Hotel Mutiara ini demi menekan angka penyebaran pada klaster keluarga. Ini mengingat beberapa warga tidak memiliki rumah yang memadai untuk melaksanakan isolasi mandiri (isoman),” ujar Kepala Dinas Sosial DIY Endang Patmintarsih di ruang kerjanya kemarin (9/3).

Pertimbangan lainnya sebagai usaha memantau kesehatan pasien Covid-19 sehingga tidak terjadi kasus gejala berat yang tiba-tiba meningkat tajam tanpa ada kontrol pemerintah. Aktivasi ini merupakan kerja sama Dinas Sosial DIY dengan organisasi perangkat daerah (OPD) lain di lingkungan Pemda DIY.

Endang menjelaskan target atau sasaran di shelter Hotel Mutiara adalah mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19 tanpa gejala atau bergejala ringan. Orang tersebut merupakan warga masyarakat baik yang ber-KTP DIY maupun non DIY dan pelaku perjalanan atau dinas. “Jadi yang kami layani tidak terbatas warga DIY,” terang Endang.

Selama berada di shelter tersebut, mereka yang menjalani isolasi di Hotel Mutiara mendapatkan sejumlah fasilitas. Di antaranya, permakanan tiga kali sehari, obat-obatan di bawah pengawasan dan perawatan dokter. Kemudian toiletries serta asupan tambahan untuk kesehatan.

Jangka waktu isolasi selama 10 hari (terhitung terkonfirmasi positif dari hasil tes) sesuai aturan pemerintah pusat mengenai isolasi/karantina pasien positif Covid-19. Mengutip Keputusan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 32/KEP/2021 tentang Perubahan Atas Keputusan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 3/KEP/2021 tentang Pembentukan Satuan Tugas Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan aktivasi Shelter bagi Pasien positif Covid-19 yang tidak bergejala atau bergejala ringan.

Dinas Sosial DIY bertindak sebagai koordinator bidang relawan telah mengerahkan Taruna Siaga Bencana (Tagana) untuk mengelola secara teknis pelayanan di shelter. Penyelenggaraan shelter Hotel Mutiara direncanakan berlangsung selama enam bulan. Dari Februari hingga Agustus 2022. Itu dilakukan lantaran Covid-19 sangat fluktuatif. Tidak dapat diduga penyebarannya.

Endang juga menerangkan alur layanan shelter Hotel Mutiara. Pertama, registrasi. Melaporkan kepada petugas/piket jaga untuk registrasi dan pengecekan data yang diperlukan serta pengecekan suhu. Kadar oskigen, tekanan darah serta riwayat kesehatan lainnya.

Kedua, penempatan kamar yang telah ditentukan dengan mematuhi tata tertib sesuai agenda/kegiatan yang telah ditetapkan. Ketiga, isolasi. Menjalani masa isolasi selama 10 hari serta wajib menjalani kegiatan. Arahan dari petugas shelter dan imbauan dari petugas kesehatan. Mendapatkan fasilitas makanan, minuman, multivitamin dan lainnya.

Empat, pelayanan keluhan medis. Jika terdapat keluhan segera menghubungi petugas dan akan dilakukan pemeriksaan oleh petugas kesehatan. Bila kondisi buruk atas kondisi penyintas, petugas kesehatan akan merujuk ke fasilitas kesehatan yang tersedia.

Lima, selesai isolasi. Setelah menjalani isolasi selama 10 hari, petugas kesehatan berwenang memeriksa kembali kondisi kesehatan penyintas dan penentuan telah selesai atau belum menjalani isolasi. Bagi penyintas yang dinyatakan selesai isolasi, akan mendapatkan surat keterangan atas rekomendasi petugas kesehatan serta diperbolehkan kembali ke keluarga.

Hingga Rabu 9 Maret 2022 shelter Hotel Mutiara terisi 80 orang. Sisa daya tampung 32 dan bed siap dihuni 12. Total yang terlayani 302 pasien. Hal yang membedakan Hotel Mutiara dengan isolasi mandiri terpusat (isoter) lainnya, setiap pagi para pasien diajak melakukan outbond. Dibimbing petugas dari Dinas Sosial DIY. Endang mengimbau saat Hotel Mutiara penuh diharapkan shelter isoter yang ada di kabupaten dan kota se-DIY agar diaktifkan kembali. (sce/kus/ila)

Artikel ini telah tayang di radarjogja.jawapos.com di laman : https://radarjogja.jawapos.com/pemerintahan/2022/03/10/kegiatan-shelter-covid-19-hotel-mutiara-dinas-sosial-diy/

0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar