SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI-HOTLINE BANSOS COVID-19-WA : 0812 2683 9099-Email: dissosdiy.bansoscovid19@jogjaprov.go.id

PELANTIKAN DAN PENGUKUHAN FK TAGANA DIY MASA BAKTI 2018- 2021

(Last Updated On: 16 November 2018)

(Epicentrum/15.07.0699)  Daerah Istimewa Yogyakarta dengan luas 3. 185,80 km2 terletak di tengah Pulau Jawa sisi selatan. Sebelah utara disuguhi pemandangan Gunung Merapi yang kokoh tapi indah serta sisi selatan membujur dari barat ke timur lautan Samudera Hindia yang luas. Di wilayah utara, barat dan timur berjejer dengan elok perbukitan yang menghiasi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari segala anugerah keindahan alam tersebut tersimpan potensi bencana yang mengancam warga di Daerah Istimewa Yogyakarta. Gempa bumi, erupsi gunung berapi, angin ribut, kebakaran dan sebagainya. Maka diperlukan kesadaran pemerintah dan masyarakat dalam menyikapi potensi tersebut.

Sebagai jawaban kesiapsiagaan masyarakat sebagai pengurangan resiko bencana; Kementerian Sosial Republik Indonesia melalui Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta membentuk satuan gugus tugas penanggulangan, penanganan bencana. Satuan tugas ini dibawah koodinasi dan pembinaan Kementerian Sosial dan Dinas Sosial yaitu Taruna Siaga Bencana atau lebih dikenal dimasyarakat dengan sebutan TAGANA. Tagana terbentuk di Indonesia pada tahun 2006.

Tanggal 22 September 2018 berlokasi di lapangan Desa Gari, Wonosari Gunungkidul bersamaan dengan kegiatan Kemah Kebangsaan Karang Taruna se- Daerah Istimewa Yogyakarta dilantik dan dikukuhkan kepengurusan FK TAGANA DIY 2018s.d. 2021. Kepengurusan berdasarkan Keputusan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta  Nomor : 188 / KEP/ 2018 Tentang Forum Koordinasi Taruna Siaga Bencana Daerah Istimewa Yogyakarta masabakti tahun 2018 s.d. 2021.

Pengukuhan FK Tagana dilakukan oleh Kepala Dinas Sosial DIY atas nama Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Drs. Untung Sukaryadi, MM. Pengukuhan menjadi istimewa karena saat itu disematkan tanda anggota kehormatan kepada GKR Condro Kirono Ketua Karang Taruna DIY sebagai anggota kehormatan TAGANA DIY.

Diharapkan kedepan kepengurusan yang telah dikukuhkan untuk melaksanakan inovasi-inovasi pengurangan resiko bencana di Daerah Istimewa Yogyakarta pada saat pra hingga pasca bencana terjadi dan menjadi garda terdepan penanggulangan, penanganan bencana di Daerah Istimewa Yogyakarta khususnya perlindungan sosial korban bencana.

Pelantikan dan pengukuhan dihadiri oleh jajaran pejabat Dinas Sosial DIY khususnya Bidang Bantuan dan Jaminan Sosial. Sedangkan dari Kementerian Sosial RI dihadiri oleh Drs. Iyan Kusumadiyana MPs.Sp Kasubdit penanganan korban bencana alam dit PSKBA Ditjen Linjamsos Kementerian Sosial R.I.

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar