SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

PEGAWAI BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS MENGIKUTI PELATIHAN PUBLIC SPEAKING

(Last Updated On: 27 August 2022)

YOGYAKARTA – Balai Rehabilitasi Sosial Bina Karya dan Laras mengikuti pelatihan Public Speaking yang dilaksanakan oleh BKD yang bekerjasama dengan Mitra Optima Talenta pada tanggal 24-25 Agustus 2022 bertempat di Hotel Ros In Yogyakarta. Pelatihan Public Speaking dibawakan oleh Ridwan Budiyanto (CP. NNLP., CPS., CPTNA). Peserta adalah perwakilan 5 pegawai atas nama Agus Hardi Nata, A.Md.Kep., Senda Firanda, S.Psi., Hesti Septianingtyas, S.Psi., Dwi Astuti Evyaningrum, A.Md.Kep., dan Shinta Yulianti Wahyuningtyas, A.Md. Pelatihan ini didasari pada kebutuhan Pegawai Balai RSBKL dalam melakukan sosialisasi program maupun pelaksanaan kegiatan Balai kepada masyarakat.

Pelatihan dilakukan selama dua hari. Hari pertama diisi dengan materi-materi. Dalam penyampaian materinya, Trainer Ridwan menjelaskan apa saja yang perlu diperhatikan oleh seorangPublic Speaker mulai dari bagaimana membangun kesan pertama dengan audien yang baik, pemilihan diksi yang tepat, pemilihan pakaian yang baik serta gestur tubuh yang nyaman dilihat. Selain itu, dijelaskan pula tentang tips untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta yang dirasa masih belum maksimal.

 Trainer Ridwan juga menjelaskan poin-poin penting dalam melakukan pembukaan saat melakukan greeting karena poin penting memberikan kesan audien agar tertarik dengan public speaker adalah di menit awal.

Di hari kedua, pelatihan diisi dengan melakukan praktik public speaking oleh setiap peserta. Peserta mempraktikan menjadi pemateri atau pembawa acara. Setelah praktik, Trainer Ridwan dan peserta saling memberikan masukan dan saran kepada praktikan.

Dengan pelatihan ini diharapkan mampu menambah wawasan menjadi public speaker yang profesional serta mampu meningkat kemampuan pegawai dalam menyampaikan materi sehingga informasi dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat. (Agus Hardy)