SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

PARTISIPASI KLIEN BINA LARAS DALAM LOMBA 17 AGUSTUS DI KANTOR KELURAHAN PURWOMARTANI SLEMAN

(Last Updated On: 8 August 2022)

SLEMAN – Balai Rehabilitasi Sosial Bina Karya dan Laras Unit Bina Laras pada tanggal 6 Agustus 2022 menghadiri undangan dari Pusat Rehabilitasi YAKKUM berupa kegiatan perlombaan, memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-77yang dilaksanakan di Kantor Kelurahan Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Sleman. Peserta lomba adalah ODDP Purwomartani, perwakilan ODDP Bina Laras dan Kelompok Difable Purwomartani. Balai RSBKL Bina Laras diwakili oleh 5 Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) yang didampingi oleh Kepala Seksi Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Bina Laras Suryatmiati, S.H, Pekerja Sosial Bapak Drs. Sutoyo dan Setyo Hari Purnomo, S.Sos dan beberapa Staf.

Acara Lomba Perayaan HUT RI ke-77 oleh YAKKUM bertujuan untuk menumbuhkan semangat bagi Orang Dengan Disabilitas Psikososial (ODDP), membangun konsep diri, serta melatih kemampuan adaptasi dengan lingkungan. Selaras dengan Program Open The Gate yang dilakukan oleh Pusat rehabilitasi YAKKUM bersama Balai RSBKL unit Bina Laras yang bertujuan meningkatkan fungsi dan peran balai dalam pelayanan agar lebih terbuka sesuai dengan prinsip Hak Asasi Manusia, yaitu mengembalikan kebebasan, martabat ODDP dan kesehatan jiwa berbasis masyarakat.

Acara dibuka dengan sambutan dari YAKKUM dan Kamituwo Kelurahan Purwomartani. Setelah itu melakukan pembagian kelompok. Peserta dibagi menjadi 5 kelompok dengan beranggotakan 7 orang.

Sebelum dilaksanakan perlombaan, didahului dengan kegiatan membersihkan telur asin, dan mengukus telur asin, yang merupakan produk unggulan dari kelompok binaan Kader Swabantu Laras Jiwa Kalurahan Purwomartani. Jenis permainan yang dilombakan adalah memisahkan biji-bijian, estafet karet dan estafet kelereng. Dengan diadakan acara ini diharapkan mampu meningkatkan semangat kerja sama, rasa berbagi, serta melatih kemampuan motorik dan pemecahan masalah. (Senda Firanda)