SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

PARTISIPASI DISSOS DIY DALAM FGD PENGEMBANGAN KOMPETENSI SDM KESSOS : ASPEK KEWIRAUSAHAAN SOSIAL DAN PENANGGULANGAN BENCANA

(Last Updated On: 24 Mei 2021)
Penyampaian materi oleh Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dissos DIY, Sigit Alifianto, SE, MM terkait Kebijakan, Program dan Kegiatan Penanggulangan Bencana di DIY

Kamis, 20 Mei 2021 Dinas Sosial (DISSOS) DIY turut berpartisipasi dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Pengembangan Kompetensi SDM Kesejahteraan Sosial Dalam Kewirausahaan Sosial Dan Penanggulangan Bencana, yang di selenggarakan oleh Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Regional III Yogyakarta.

Bertempat di Aula BBPPKS (Jalan Veteran) Yogyakarta, kegiatan tersebut diikuti oleh 30 orang peserta yang merupakan perwakilan dari Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Penyuluh Sosial Masyarakat (Pensosmas), Pendamping Kelompok Usaha Bersama (KUBE), Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Karang Taruna, Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat (WKSBM), Pendamping Program keluarga Harapan (PKH), Pendamping Disabilitas, Kampung Siaga Bencana, Tenaga Pelopor Perdamaian, Taruna Siaga Bencana( Tagana), serta Difabel Siaga Bencana (Difagana).

Pada kegiatan tersebut, turut bertindak sebagai narasumber yaitu Agus Setyanto, SE, MA selaku Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin (PFM). Agus berkesempatan untuk membawakan materi Kewirausahaan dan Pengembangan Jejaring. Kemudian dilanjutkan oleh penyajian materi oleh Sigit Alifianto, SE, MM selaku Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) terkait Kebijakan, Program dan Kegiatan Penanggulangan Bencana di DIY.

Sebagai panitia penyelenggara, Dra Pristi Yudawati, MM menyampaikan bahwasannya agenda tersebut merupakan sosialisasi adanya Pusat Layanan Kompetensi (Pusyantensi) Pengembangan Sumber Daya Manusia Kesejahteraan Sosial, yang rencananya akan diluncurkan oleh Menteri Sosial RI, Dr. (H.C.) Ir. Tri Rismaharini, M. T.
Sesuai arahan Menteri, yang perlu menjadi perhatian seluruh UPT Satker di lingkungan Kementerian Sosial bahwa tidak hanya melaksanakan pekerjaan sesuai tupoksinya saja, namun juga multi pelayanan dan berperan aktif menyentuh masyarakat.

Sambutan dari Kepala BBPPKS Regional III DIY, Dra. Murhardjani, MP

Kepala BBPPKS Regional III DIY, Dra. Murhardjani, MP menyatakan bahwa kesejahteraan sosial merupakan sesuatu yang akan diraih. “Kita nantinya akan mempunyai Pusyantensi “Omah Guyub” sebagai tempat bersama meningkatkan dan mengembangkan SDM Kesejahteraan Sosial dan dampingannya”. kata Murhardjani dalam sambutannya. Hal ini sesuai penjabaran tentang tercukupinya kebutuhan material (hak hidup layak, spiritual, sosial) sehingga siap untuk mengembangkan diri dan melaksanakan fungsi sosial ditengah masyarakat

========================
(Agus Cahyono)

1 1 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar