SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

MENJALIN KOMUNIKASI PUBLIK MELALUI MEDIA DI BALAI REHABILITASI SOSIAL BINA KARYA DAN LARAS

(Last Updated On: 4 November 2021)

Balai Rehabilitasi Sosial Bina Karya dan Laras telah menjalin dan menjaga relasi dengan media. Menjalin komunikasi publik melaui media atau Media relations  adalah cara yang berhasil untuk membangun, menjaga, dan memajukan citra atau reputasi organisasi di mata stakeholder. Media relations sangat penting artinya sebagai bentuk komunikasi dan perantara antara suatu instansi dengan publiknya.

Program media relations yang bisa dilaksanakan oleh instansi mencakup dua jenis kegiatan utama, yaitu kegiatan non penulisan dan penulisan.

Kegiatan non penulisan bisa dengan mengundang wartawan untuk melaksanakan meliput acara yang kita selenggarakan. Wartawan diinginkan mengamati langsung kegiatan yang berlangsung. Umumnya instansi mengirim undangan peliputan untuk media-media yang jarang/tidak bersedia memuat pers rilis.

Kegiatan penulisan salah satunya dengan Penulisan Press Release, yaitu informasi tertulis yang dikeluarkan oleh suatu instansi atau organisasi untuk dipublikasikan di media massa. Dengan pemuatan siaran pers, instansi mendapatkan publisitas sehubungan dengan event yang diselenggarakan atau berita yang diangkat.

Balai RSBKLmemandang penting untuk menjalankan relasi dengan media dengan alasan :

  • Media bisa digunakan untuk membangun citra positif instansi di mata publik.
  • Media bisa dimanfaatkan sebagai alat promosi instansi.
  • Media dianggap mempunyai peran sebagai perpanjangan tangan untuk berdialog dengan publik, sehingga publik bisa mengenal kegiatan instansi.
  • Media diukur bisa menolong instansi dalam menosialisasikan kebijakan terhadap masyarakat luas.
  • Instansi bisa lebih diketahui (menjadi terkenal) di mata publik bila diberitakan oleh media.

Berkaitan hal ini Balai Rehabilitasi Sosial Bina Karya dan Laras telah memulai melakukan program media relations melalui kegiatan  nonpenulisan dan penulisan.

Untuk Kegiatan non penulisan Balai RSBKL telah mengundang wartawan dari Media Radar Jogja guna meliput kegiatan perekaman E-KTP bagi penduduk rentan Warga Binaan Sosial Bina Laras sejumlah 144 orang oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman, bertempat di Balai Bina Laras. Perekaman E-KTP dilaksanakan secara bertahap pada tanggal 30 September 2021 dan selesai Bulan Oktober 2021. Liputan tersebut dan sudah tayang di Media Radar Jogja tanggal 1 Oktober 2021.

Sedangkan untuk Penulisan Press Release, Balai RSBKL telah mengirimkan  informasi tertulis mengenai kegiatan  pelayanan yang ada di Balai Binas Laras dalam perlindungan sosial, jaminan sosial, dan rehabilitasi sosial bagi penyandang masalah kesejahteraan eks penyandang disabilitas mental. Press realease yang dikirimkan ke Media Tribun Jogja adalah Kegiatan Ketrampilan Batik yang diutamakan disamping pemberian ketrampilan yang lain dengan tujuan untuk melestarikan warisan budaya.  Ketrampilan batik yang diberikan adalah Batik Jumputan dan Batik Ciprat yang sesuai dengan potensi dan kemampuan para penyandang disabilitas mental. Penulisan Press Realease sudah tayang di Media Tribun Togja pada tanggal 2 November 2021.

Oleh: (Suryatmiati, S.H /Kasie PRS.Bina Laras Balai RSBKL)

5 1 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar