SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

“MANUNGGAL RAHARJA”, STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN KESEJAHTERAAN SOSIAL

(Last Updated On: 14 November 2021)
Logo Manunggal Raharja

Manunggal Raharja merupakan akronim dari MANajemen Validasi UNGgul Berbasis DiGitAL dengan Rumah DatA SejaHterA MasyaRakat JogJA. Secara harfiah, kata manunggal memiliki arti menjadi satu atau bersatu, sedangkan raharja berarti kesejahteraan. Sehingga, Manunggal Raharja dapat dimaknai “Bersatu untuk Kesejahteraan”. Proyek perubahan ini diharapkan dapat menjadi entry point bersatunya pemahaman dan komitmen kerjasama lintas stakeholder dalam pelayanan kesejahteraan sosial yang dipayungi oleh sebuah kebijakan.

Pemilihan kata manunggal juga terinspirasi dari Trilogi filosofi Keistimewaan DIY yaitu “Manunggaling Kawula Gusti”, yang bermakna harmonis antara Tuhan dan manusia, kesatuan Tuhan dengan Raja, dan Raja dengan rakyatnya sebagai perwujudan hubungan yang harmonis antara Tuhan dan manusia.Filosofi ini memberi kekuatan nilai-nilai budaya yang luhur dalam proyek perubahan ini, yang mana dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat haruslah dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat penerima manfaat, terlebih kepada Tuhan YME sebagai cerminan keharmonisan pemimpin dengan rakyatnya (akuntabel). Spirit kebudayaan ini sekaligus menjadi nilai tambah dalam proyek perubahan.

Manunggal Raharja, dimaksudkan untuk menjawab kebutuhan penting terkait masalah ketidakvalidan data yang menyebabkan ketidaktepatan sasaran pelayanan kesejahteraan sosial. Manunggal Raharja merupakan upaya perbaikan validasi dengan membangun sinergi lintas stakeholder yang memiliki peran vital dalam pengelolaan data kependudukan melalui sebuah kebijakan.

Dukungan teknologi informasi pada era digital ini dimanfaatkan sebagai media implementasi kebijakan yang dihasilkan dalam proyek perubahan ini secara komprehensif. (Des)

0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar