SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

LOMBA KARYA ILMIAH KEPAHLAWANAN TINGKAT DIY

(Last Updated On: 11 Agustus 2021)

” MENUMBUHKAN NILAI KEPAHLAWANAN PADA GENERASI MUDA”

Poster lomba

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan selalu mengingat betapa besarnya pengorbanan yang telah dipersembahkan para pahlawan untuk negara tercinta Indonesia sehingga pada saat ini kita dapat menghirup udara bebas.

Sehubungan dengan hal tersebut, sudah selayaknya kita menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan yang dengan telah tulus ikhlas dan tanpa pamrih menegakkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Nilai-nilai Kepahlawanan, Keperintisan, dan Kesetiakawanan Sosial yang telah diwariskan para pahlawan, seperti sifat rela berkorban, pantang menyerah, bekerja keras, suka menolong dan lain-lain, hendaknya terus ditumbuhkembangkan di kalangan masyarakat khususnya generasi muda. Apalagi di era globalisasi saat ini yang sarat dengan berbagai pengaruh, yang apabila tidak disikapi dengan hati-hati maka dikhawatirkan dapat membawa generasi muda ke arah yang tidak diinginkan.


Berkenaan dengan hal tersebut, maka sangatlah tepat apabila dilakukan Lomba Karya Ilmiah Kepahlawanan di kalangan generasi muda, khususnya para Pelajar SMA atau sederajat. Melalui lomba ini diharapkan dapat mengeksplore pemikiran generasi muda mengenai pandangan mereka tentang rasa nasionalisme dan dapat melihat sejauh mana pemahaman mereka terhadap nilai-nilai kepahlawanan dan implementasinya di dalam kehidupan sehari-hari.

Diharapkan melalui kegiatan ini dapat menemukan pemikiran-pemikiran emas untuk menanamkan dan meningkatkan nilai-nilai kepahlawanan pada generasi muda khususnya. Hasil karya yang terbaik diharapkan juga dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda lainnya untuk memahami nilai kepahlawanan dan selanjutnya dapat diwujudkan dalam aksi nyata kehidupan sehari-hari.

Maksud dan Tujuan


Maksud
Menambah wawasan pengetahuan kepahlawanan dan meningkatkan rasa kecintaan terhadap tanah air.


Tujuan
Tersosialisasikan dan terpahaminya Nilai-nilai Kepahlawanan, Keperintisan, dan Kesetiakawanan di kalangan generasi muda untuk kemudian diimplementasikan di dalam kehidupan sehari-hari.

Dasar Hukum

  1. Undang-Undang Nomor: 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial.
  2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan.
  3. Undang-Undang Nomor: 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.
  4. Peraturan Pemerintah Nomor: 25 Tahun 2000 tentang Kewenangan Pemerintah Pusat dan Kewenangan Provinsi sebagai Daerah Otonom.
  5. Keputusan Presiden RI Nomor: 09 Tahun 2005 tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi, Kewenangan, Susunan Organisasi dan Tata Kerja Departemen.
  6. Keputusan Menteri Sosial RI Nomor: 22/HUK/1997, tanggal 13 Mei 1997 tentang Pembinaan Nilai Kepahlawanan, Keperintisan dan Kepeloporan.
  7. Peraturan Gubernur DIY no 72 tahun 2018 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi, dan Tata Kerja Dinas Sosial DIY.

Ketentuan Umum

  1. Peserta merupakan pelajar tingkat SMA/SMK/MA di Daerah Istimewa Yogyakarta dibuktikan dengan kartu pelajar; (file pdf/jpg diunggah pada saat pendaftaran online)
  2. Peserta mengikuti lomba ini dengan diketahui dan mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah dibuktikan dengan surat rekomendasi; (file pdf diunggah pada saat pendaftaran online)
  3. Essai merupakan karya perorangan, dan setiap peserta hanya dapat mengirimkan satu naskah;
  4. Essai memuat materi tentang kepahlawanan dengan tema Langkah Nyata Menumbuhkan Nilai Kepahlawanan Pada Generasi Muda;
  5. Essai ditulis dengan Bahasa Indonesia sesuai dengan PUEBI dengan format kertas A4, spasi 1,5, menggunakan ukuran huruf Tahoma 12, dan dengan format file PDF;
  6. Panjang naskah essai 2500 3000 kata;
  7. Essai bersifat orisinal, tidak plagiasi, dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya;
  8. Peserta diwajibkan mengikuti akun instagram @dinassosialdiy
  9. Ketentuan lebih lanjut dapat diunduh pada tautan bit.ly/juknislombadinsosdiy yang tercantum pada bio profil instagram @dinassosialdiy

Penghargaan


Sepuluh naskah terbaik akan mendapatkan uang pembinaan, piala pemenang, dan piagam penghargaan, dengan rincian uang pembinaan setiap pemenang sebagai berikut:

  1. Terbaik I : uang pembinaan Rp 3.000.000,-
  2. Terbaik II : uang pembinaan Rp 2.500.000,-
  3. Terbaik III : uang pembinaan Rp 2.000.000,-
  4. Terbaik IV : uang pembinaan Rp 1.500.000,-
  5. Terbaik V : uang pembinaan Rp 1.000.000,-
  6. Terbaik VI X : uang pembinaan Rp 500.000,-

Catatan penting: Terbaik pertama akan mewakili Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta untuk mengikuti Lomba Karya Ilmiah Kepahlawanan Tingkat Nasional yang diadakan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia pada bulan Oktober 2021.

Lini Masa
Pendaftaran dan pengumpulan naskah :

  1. 9 Agustus 17 September 2021, secara online pada tautan bit.ly/lombaessaidinsosdiy
  2. Penilaian naskah: 20 21 September 2021
  3. Pengumuman 10 naskah terbaik: 22 September 2021
  4. Penjurian/ pendalaman 10 naskah terbaik: 28 September 2021 secara daring melalui zoom meeting
  5. Pengumuman pemenang: 28 September 2021
  6. Catatan penting: Semua pengumuman dan informasi penting akan disampaikan melalui media sosial instagram dan laman elektronik Dinas Sosial DIY

Penilaian Naskah Terbaik

  1. Penilaian meliputi berbagai unsur:
  2. Gagasan dan kesesuaian tema (20%)
  3. Topik yang ditulis sesuai dengan tema essai yang telah ditentukan, bersifat orisinil, menyajikan gagasan yang relatif baru dan unik, serta kreatif sesuai perkembangan zaman saat ini yaitu digitalisasi. Essai harus memuat latar belakang permasalahan dengan didukung data/ fakta dan langkah solutif dengan argumentasi yang kuat.
  4. Argumentasi (50%)
  5. Sistematika gagasan runtut, tertib dan jelas. Kemampuan menganalisis serta merumuskan kesimpulan yang mengandung makna atau solusi untuk permasalahan dewasa ini, langkah nyata penyelesaian masalah.
  6. Penulisan (20%)
  7. Kerapihan dalam pengetikan, tata letak, jumlah halaman, sistematika tulisan, bahasa Indonesia baku yang baik dan benar sesuai dengan PUEBI, komunikatif dan mudah untuk dipahami.
  8. Kredibilitas dan keakuratan sumber yang digunakan (10%)
  9. Menyantumkan referensi buku/ daftar pustaka.

Segera daftar, ikuti, dan menangkan. (*)

4.4 9 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar