SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI-HOTLINE BANSOS COVID-19-WA : 0812 2683 9099-Email: dissosdiy.bansoscovid19@jogjaprov.go.id

LK3 Bantu Keluarga Yang Bermasalah

(Last Updated On: 30 November 2020)
Kegiatan Sosialisasi LK3

Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) hadir di tengah masyarakat sebagai salah satu solusi untuk permasalahan psikososial keluarga. LK3  menyasar Keluarga yang membutuhkan pelayanan informasi, konsultasi, pendampingan dan perlindungan. LK3 lebih pada permasalahan psikososial keluarga atau berkaitan dengan relasi sosial di lingkungannya.

Kepala Seksi Pemberdayaan Sosial Perorangan, Keluarga, Kelembagaan Masyarakat dan Sumber Dana Sosial Dinas Sosial DIY, Suparmin, menyebutkan bahwa konseling, konsultasi, informasi, penjangkauan, perlindungan, pendampingan, dan rujukan merupakan jenis pelayanan yang ditawarkan kepada masyarakat. Terutama yang memiliki masalah sosial dalam keluarga. Ia menyebutkan masalah bisa saja dialami oleh semua keluarga, tidak peduli strata ekonominya.

Oleh karenanya, LK3 hadir ditengah masyarakat menjadi wadah bercerita dan ditangani langsung oleh profesional guna memberikan solusi atas permasalahan yang dialami anggota masyarakat. ”Identitas dan permasalahan yang dihadapi akan terjaga kerahasiaannya,” tegas Suparmin.

Sementara itu, Muhammad Ikbal, Ketua Forum LK3 DIY menyebutkan di DIY ada 12 LK3 , dimana 5 LK3 berbasis masyarakat, 5 berbasis kabupaten/kota dan 2 dari perguruan tinggi. Ia menyebut Masing masing LK3 punya ciri khas tersendiri terkait penanganan kasus psikosial keluarga, tak terkecuali terkait permasalahan hukum.

”Setiap LK3 Punya website yang bisa dipakai untuk berkonsultasi. Selain itu dengan bantuan mobil ada layanan jemput bola yang bisa mendatangi masyarakat yang membutuhkan layanan LK3,” terangnya. Menurutnya, mobil LK3 ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung antara lain, ruang konsultasi, LCD TV, genset dan fasilitas penunjang lainnya. Mobil LK3 akan memberikan layanan jemput bola untuk memberikan kemudahan akses bagi penerima layanan.

Artikel ini telah tayang di starjogja.com dengan judul LK3 Bantu Keluarga Yang Bermasalah

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar