SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

LANSIA BPSTW BERKARYA MELALUI JOKERS

(Last Updated On: 29 Maret 2021)

Sabtu, 20 Maret 2021, tiba giliran PPKS BPSTW di Unit Abiyoso Pakem untuk melakukan kegiatan Pojok Kreativitas dan Seni (JOKERS). Aktivitas yang dilakukan di antaranya pertanian atau bercocok tanam, pembuatan batik ecoprint dan pembuatan sabun cuci piring. Kegiatan ini melibatkan 6 PPKS di sesi pembuatan batik ecoprint dan 6 PPKS di sesi pembuatan sabun cuci piring. Sedangkan aktivitas pertanian dilakukan oleh semua PPKS yang masuk kategori Potensial dan Resiko Tinggi.

Sebelumnya, program JOKERS telah diujicobakan di BPSTW Yogyakarta Unit Budi Luhur Kasongan mulai bulan September 2020. Kegiatan yang dilakukan secara umum sama, yaitu pertanian, pembuatan sabun cuci piring, pembuatan batik ecoprint serta pembuatan hanger kawat. Sampai hari ini semua kegiatan telah berhasil menghasilkan produk dan dipasarkan.

PPKS Lansia Potensial harus diberdayakan sesuai dengan hobi dan  kemampuannya untuk kegiatan pengisian waktu luang. JOKERS (Pojok Kreatifitas dan Seni) adalah inovasi yang dilakukan di BPSTW dimana PPKS Lansia Potensial difasiitasi untuk tetap dapat beraktifitas dan berkreatifitas yang menghasilkan karya berupa produk bernilai ekonomi. Sehingga produk yang dihasilkan dari kegiatan ini dapat menjadi salah satu sumber penghasilan bagi mereka.

Kegiatan JOKERS ini disponsori beberapa pihak antara lain Dinas Pertanian, Pangan Kelautan dan Perikanan (PPKP) Bantul, Bank Pembangunan Daerah (BPD) DIY Cabang Bantul, Owner Warung Tempoe Doeloe dan stakeholder lain yang memiliki kepedulian terhadap PPKS Lansia. (ttn)

0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar