SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

Pengaduan Masyarakat

Berikut adalah kolom layanan bagi masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta yang bermaksud untuk menanyakan kepada Dinas Sosial DIY secara online. Silakan untuk mengisi di kolom komentar di bawah ini dan akan kami proses untuk jawabannya. Sebagai upaya respon yang tepat kami mohon dapat menyertakan identitas dengan jelas, diantaranya Nama dan Alamat. Bila terkait dengan pengaduan yang sifatnya rahasia kami mohon saudara dapat memberikan nomor HP atau email dan identitas atau pengaduan saudara tidak akan muncul di kolom komentar. Pertanyaan yang sifatnya khusus yang perlu pengecekan data atau konfirmasi ke Bidang/Dinas lain yang terkait memerlukan waktu untuk merespon. SEBELUM BERTANYA, MOHON DAPAT MELIHAT PERTANYAAN YANG SERING DIAJUKAN, MEMERIKSA PERCAKAPAN SEBELUMNYA ATAU KLIK DISINI.

Sebagai upaya tercapainya tingkat kualitas pelayanan publik yang baik kami mohon  masyarakat dapat memberikan evaluasi mengenai Layanan Permohonan Informasi atau Pengaduan kepada Dinas Sosial DIY melalui link survei berikut ini : https://s.id/skmdinsosdiy

Terimakasih

3.6 7 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
2.2K Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Nurlinda

Ass…..saya ingin bertanya ke pada bpk/ibu di tempat.
Bagaiman cara mendapatkan BANSOS dr pemerintah ?
Karena saya belum pernah dan tidak ada bantuan apapun dr pemerintah & saya dr keluarga yg tidak mampu
Bagamana cara warga yg berdomisili untuk mendapatkan BANSOS

Terimakasih

Last edited 8 days ago by Nurlinda
nat

Selamat siang Saudara Nurlinda Merespon pertanyaan Saudari tentang kepesertaan program bantuan sosial, perlu kami informasikan bahwa setiap program bantuan sosial dilaksanakan (disalurkan) sesuai aturan yang berlaku. Berdasarkan Permensos no 3 Tahun 2021 semua pelaksanaan program bantuan baik dari pemerintah pusat maupun daerah harus berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Sekilas tentang DTKS, secara umum DTKS merupakan data yang menggambarkan kondisi kesejahteraan suatu rumahtangga, dimana rumahtangga terdiri dari keluarga dan anggota rumahtangga. Sehingga pada prinsipnya sebuah rumahtangga didata berdasarkan kondisi bangunan rumah yang ditempati beserta isinya, kepemilikan aset dan demografi anggota keluarganya. Berdasarkan Permensos No 3 Tahun 2021 tersebut, dalam keadaan… Read more »

nat

Selamat pagi Saudari Lusti Merespon pertanyaan Saudari terkait program BPNT/Sembako, dapat kami informasikan bahwa Kementerian Sosial RI selaku pemilik program tersebut mulai tahun 2021 telah melakukan perbaikan data penerima bersama Dinas Sosial Kab/Kota secara rutin setiap periode penyaluran. Perbaikan yang dilakukan salah satunya mencakup validasi data kependudukan yang dilakukan bersama Dukcapil baik di tingkat Kabupaten/Kota hingga Dukcapil Pusat di Kemendagri. Melalui proses ini kasus-kasus invaliditas data kependudukan yang terdeteksi (seperti NIK sama nama beda, NIK invalid/belum rekam eKTP, NIK ganda, dll) secara otomatis data KPM menjadi tidak valid, sehingga tidak muncul dalam daftar KPM periode salur berjalan. Selain karena proses… Read more »

Yunia rika rahayu

Assalamuallaikum.
Dengan hormat kepada petugas dinas sosial saya mau menanyakan jika mengajukan bantuan anak disabilitas (downsindrom) caranya gimana njih. Atau mengajukan bantuan PKH caranya gimana njih mohon masukannya, karna keluarga sya benar2 tidak mampu dan tidak pernah mendapatkan bantuan apapun sedangkan anak sya disabilatas dan tidak pernah mendapatkan bantuan khusus disabilitas.
Dapat bantuan itupun saat masa pendemi ini dapat BLT.
Mohon masukannya petugas Dinas sosial sya benar2 berterimakasih jika ada yg menyarankan untuk bisa mendapatkan bantuan apapun sya trima karna sya berkeluarga tidak mampu.
Mohon maaf jika ada kata2 yg tdk berkenan. Terima kasih.

nat

Selamat siang Saudari Yunia Apabila keluarga Saudari merupakan warga miskin di wilayah Saudari dan merasa membutuhkan akses program bantuan dari Kementerian Sosial Saudari dapat mengajukan diri sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan datang langsung ke Sekretariat Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) yang ada di kantor Dinas Sosial Kabupaten/Kota sesuai alamat KTP Saudari dengan membawa bukti identitas (KTP dan KK yang berlaku). Di sana petugas akan mengajukan beberapa pertanyaan untuk memastikan bahwa keluarga Saudari sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh Kementerian Sosial berdasarkan Permensos No 3 Tahun 2021 yang mulai berlaku bulan Mei ini. Pengajuan KPM bansos akan diikuti dengan pengusulan… Read more »

Dyah arini

Saya dyah arini alamat sorekan, malangan, srigading, sanden, bantul. Saya seorang single parent dengan 2anak usia sekolah yg tdk mndapat bantuan apapun pkh pun tdk dpt. BLT prnah dpt tp entah knapa terus dicoret. Mohon ditinjau ulang soal pkh bnyak yg tdk tepat sasaran. Saya juga mau mngadu. Ibu saya hanya ibu rumah tangga, bpk sy buruh tani kami orang tdk mampu n masih ada nenek yg kami urus. Kmarin ibu sy smpat dpt pkh lansia komponen nenek saya. Tp bulan juli ini pkh tsb tidak cair lagi hanya karena nenek saya tidak satu kk dengan pengurus alias ibu sy.… Read more »

nat

Selamat siang Saudari Dyah Merespon pertanyaan Saudari terkait kepesertaan PKH nenek Saudari, perlu kami informasikan bahwa berdasarkan Buku Pedoman Pelaksanaan PKH Tahun 2021, ada perubahan untuk komponen lansia. Dalam aturan yang baru lansia yang masuk sebagai kriteria komponen adalah lansia yang berada (satu KK) dalam keluarga miskin. Sehingga lansia dengan KK tunggal tidak lagi ada dalam kriteria PKH. Secara umum mulai tahun 2021, perbaikan data penerima bantuan sosial mulai mengalami perbaikan secara rutin setiap bulan yang dilakukan oleh Kementerian Sosial dan Dinas Sosial Kabupaten/Kota. Perbaikan yang dilakukan salah satunya mencakup validasi data kependudukan yang dilakukan bersama Dukcapil baik di tingkat… Read more »

Novi

Assalamualaikum. Di awal pandemi saya pernah mendapat BST (3x) setelah itu sudah gak pernah dpt lagi. Tadi saya cek di daftar Kemensos penerima Bansos, dan disitu nama saya terdaftar ya / sudah disalurkan bank/pos, periode Juli 2021. Padahal setelah 3x itu saya gak pernah dpt undangan dan tidak pernah menerima bansos lagi. Gmn ini,Mau mengadu kemana lagi kalo seperti ini. Mohon ditanggapi terimakasih.

nat

Selamat siang Saudari Novi Merespon pertanyaan Saudari terkait BST, perlu kami informasikan bahwa seiring dengan hasil evaluasi pelaksanaan program-program bansos, serta dinamika aturan Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang mulanya diatur dalam Permensos No 5 tahun 2019 yang kemudian mengalami perubahan melalui Permensos No 11 Tahun 2019 dan terakhir yang berlaku saat ini adalah Permensos No 3 Tahun 2021 sedikit banyak berakibat pada dinamika data penerima bantuan sosial. Sehingga dampaknya adalah penghentian penyaluran bagi sebagian KPM. Secara umum mulai tahun 2021, perbaikan data penerima bantuan sosial mulai mengalami perbaikan secara rutin setiap bulan yang dilakukan oleh Kementerian Sosial dan… Read more »

Teguh yuwono

Selamat siang admin …saya punya masalah yang sama dengan saudari novi diatas ,pertanyaan saya …kalau nama ada di daftar berarti saya merupakan kpm bst periode juli 2021 ya ..berapa lama saya menunggu undangan(paling lama)?kalau via bank penyaluran bagaimana karena saya cek berkali belum ada di atm (kartu keluarga sejahtera) ,masih kosong … terimakasih atas pencerahannya ..

nat

Selamat sore Saudara Teguh Terkait hasil pengecekan data Saudara di cekbansos.kemensos.go.id., perlu kami sampaikan bahwa halaman tersebut menampilkan nama seluruh penerima bantuan sosial di lingkup desa/kelurahan sesuai pengaturan alamat dan nama yang Saudara ketikkan. Tujuannya memberikan keleluasaan bagi masyarakat untuk dapat mengetahui nama penerima bantuan di sekitarnya, sehingga dapat turut menjalankan fungsi pengawasan akan ketepatan sasaran bantuan di lingkungannya. Jadi pastikan mengetikkan nama lengkap sesuai KTP untuk memastikan data yang keluar adalah data Saudara. Apabila nama lengkap dan usia yang keluar sama persis lebih dari satu, atau merasa bukan penerima tapi nama lengkap dan usia muncul di cekbansos, Saudara bisa… Read more »

Andi

Assalamualaikum selamat malam, izin bertanya mengenai bagaimana proses pembuatan SKTM guna keperluan pendidikan, apakah dapat di buat di dinsos kota Yogyakarta, dikarenakan saat saya mengajukan pembuatan SKTM ke keluaran, pihak kelurahan langsung mengarahkan ke dinas sosial. Terimakasi

nat

Wa’alaikumussalam wr wb.
Selamat pagi Saudara Andi

Perlu kami informasikan bahwa ini adalah website Dinas Sosial Provinsi DIY. Jadi silakan langsung menghubungi Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Yogyakarta, untuk dapat segera ditindaklanjuti, karena ini di luar kewenangan kami.

Terimakasih.

Bangun cahyono putro

Selamat sore. Sdh seminggu lebih istri saya sakit tdk dpat bekerja diresto. Kemarin pagi saya bawa kerumah sakit katanya terpapar virus dan disuruh swab pcr tp saya tdk ada uang buat tes swab nya. Sementara isoman dirumah dan sepertinya saya sdh tertular juga karna sdh mulai flu. Sedang tulang punggung hanya kami berdua,sementara tdk ada satupun bantuan dari pemerintah pusat atupun daerah buat leluarga saya selama virus covid ini ada tdk pernah dapat bantuan. Sementara anak saya juga baru daftar masuk sekolah SMA ditambah ppkm ini semakin sulit karna saya hanya buruh parkir dan satpam caffe yg terdampak. Saya harap… Read more »

nat

Selamat pagi Saudara Bangun Kami turut merasa prihatin dengan kondisi keluarga Saudara. Merespon permasalahan keluarga Saudara, apabila Saudara merupakan warga DIY kami sarankan Saudara segera melapor melalui Ketua RT/RW/dukuh setempat untuk mendapatkan bantuan kebutuhan pokok selama isoman. Hal ini sesuai dengan isi Surat Edaran Gubernur DIY No. 443/13429 tentang Optimalisasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro di tingkat RT/RW, Kampung, hingga Padukuhan yang termasuk didalamnya dijelaskan pembiayaan terhadap kebutuhan operasional Satuan Tugas Penanganan Covid-19 di Padukuhan, Rukun Kampung, Rukun Warga dan Rukun Tetangga agar mempergunakan swadaya masyarakat dengan semangat gotong royong dan jaga warga (dana jimpitan atau sumber lain… Read more »

titin kartini

selamat siang saya mau bertanya saudara saya yg terkena wabah corona kenapa bulan juni/juli tidak dapat bantuan lagi masalahnya di mana ya sedangkan keluarga adik sgt terdampak sekali karena dia bedangang kecil keliling biasanya dia dapat bantuan kenapa sekarang nama dia tidak tercantum lagi dengankan kehidupan dia tambah susah

nat

Selamat siang Saudari Titin

Mohon diperjelas pertanyaannya, bantuan apa yang dimaksud. Karena tidak semua bantuan pemerintah merupakan kewenangan kami.

Terimakasih

Ari

Selamat malam, mau menanyakan perihal bantuan PKH. Atas nama seperti foto ektp terlampir merupakan nama yang sama dengan nama penerima bantuan PKH saat saya cek di website kemensos. Sebelumnya pernah kami upayakan prakerja tidak disetujui dengan keterangan karena penerima bantuan dari kemensos. Yg kami tanyakan apakah benar nama tersebut dlm fotp ktp terlampir merupakan penerima PKH. Jika iya sejak kapan? Karena selama ini yang bersangkutan belum pernah menerima bantuan apapun. Trimakasih banyak atas responnya

IMG-20210721-WA0011.jpg
nat

Selamat pagi Saudara Ari Menjawab pertanyaan Saudara, perlu kami sampaikan bahwa setelah kami lakukan pengecekan, data yang dimaksud dalam KTP tersebut tidak ada dalam data kami (bukan peserta/penerima bantuan PKH). Data yang muncul saat pengecekan nama JUMIRAH di cekbansos.kemensos.go.id adalah milik KPM yang bernama sama, namun dengan usia yang sedikit berbeda dan beralamat di Tegalpriyan. Perlu kami sampaikan bahwa halaman tersebut menampilkan nama seluruh penerima bantuan sosial di lingkup desa/kelurahan sesuai pengaturan alamat dan nama yang Saudara ketikkan. Tujuannya memberikan keleluasaan bagi masyarakat untuk dapat mengetahui nama penerima bantuan di sekitarnya, sehingga dapat turut menjalankan fungsi pengawasan akan ketepatan sasaran… Read more »

Abigail putri permatasari

Assalamualaikum
Saya mau bertanya, dari awal wabah korona sampai skrg saya tidak dpt bantuan sembako/uang tunai. Saya dpt KMS juga pengajuan dr tahun lama. KMS juga gak pure gratis, padahal suami saya korban PHK, baru aja dapat kerja sudah kena ppkm jadi kerja gak tiap hari. Ada yg cuma anak 1 tp ya dpt KMS ya PKH. Saya anak 3 tp gak dapat. Gimana solusinya ya. Terimakasih 🙏

nat

Selamat siang Saudari Abigail Merespon apa yang Saudari sampaikan terkait bantuan pemerintah, apabila yang dimaksud adalah bantuan sosial dari Kementerian Sosial, maka dapat kami informasikan bahwa jika keluarga Saudari memang termasuk warga miskin di wilayah Saudari, dan merasa membutuhkan bantuan tersebut, Saudari dapat mengajukan diri sebagai keluarga penerima manfaat (KPM) dengan datang langsung ke Sekretariat Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) yang ada di kantor Dinas Sosial Kabupaten/Kota sesuai alamat KTP Saudari dengan membawa bukti identitas (KTP dan KK yang berlaku). Di sana petugas akan mengajukan beberapa pertanyaan untuk memastikan bahwa keluarga saudari sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh Kementerian Sosial… Read more »

Eka Pipin Afriyanti

Assalamualaikum wr.wb
Kenapa anak saya tidak mendapat bantuan sama sekali padahal ada bantuan untuk anak usia dini dan penyandang disabilitas ? Setiap tanya sma kepala desa jwabannya slalu data dari dinas sosial giliran tnya sma petugas bilangnya data dari kepala desa,,

nat

Wa’alaikumussalam wr wb Selamat pagi Saudara Eka Merespon permasalahan Saudari, perlu kami sampaikan bahwa pengusulan seorang warga untuk mendapatkan bantuan pemerintah, khususnya bantuan dari Kementerian Sosial yang diperuntukkan bagi keluarga miskin dapat dilakukan oleh pemerintah tingkat desa/kelurahan setempat (sesuai KTP). Sehingga apabila Saudari merasa layak dan perlu mendapatkan bantuan, serta belum terdata di desa/kelurahan setempat (sesuai KTP), Saudari bisa mengajukan diri sebagai penerima bantuan (PKH/BST/Sembako) melalui kantor Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) yang ada di Dinas Sosial Kabupaten/Kota setempat (sesuai alamat KTP). Namun perlu kami sampaikan bahwa salah satu syarat dapat diusulkan sebagai penerima bantuan sosial, Saudari juga harus diusulkan… Read more »

Mita

Assalamualaikum saya mau tanya selama pandemi covid19 ini saya sama sekali belum mendapatkan bantuan ..bahkan kemarin tggal 5juli 2021 saya dinyatakan positif covid19 dengan swab antigen .. saya dan keluarga (suami, anak 2, bapak dan ibu)di isolasi mandiri selama 14hari ..dan selama itu tidak ada pemasukan sama sekali .. apa memang kalau isolasi mandiri itu lepas dari pemerintah? Kalau misal mau pengajuan bantuan gimana caranya syarat ?dan sya pengajuan dimana?

nat

Wa’alaikumsalam wr wb
Selamat pagi Saudari Mita

Merespon pertanyaan Saudari terkait bantuan untuk warga yang isoman, apabila Saudari merupakan warga (berKTP DIY) dapat kami sampaikan bahwa ada bantuan berupa Sembako yang dikoordinir oleh Pemerintah Desa/Kelurahan. Untuk mengaksesnya, Saudari bisa melapor ke Ketua RT/RW/kepala Dukuh/Dusun setempat. Selain itu Pemda DIY juga menyediakan shelter karantina untuk penderita Covid-19 yang infonya bisa diakses di web ini.

Terimakasih.

Susilowati

Saya dari pekalongan dari dulu belim pernah dapat bantuan uang dari pemrentah padahal udah beberapakali ngadu kebaledesa usaha saya kecil kecilan seret dampak korona lewat bppum juga gakbisa terus

admin 2

selamat siang… terkait bantuan kami sarankan saudara langsung dapat menghubungi Dinas Sosial Kabupaten Pekalongan untuk memperoleh informasi lebih lanjut. Terimakasih

Widi

Assalamu’alaikum.. Mau tanya untuk link cek bansos kemensos apakah data tersebut valid? Karena saya cek nama saya status pkh YA tp tidak ada pemberitahuan apa2.. Mohon pencerahannya.. Terima kasih

nat

Selamat siang Saudara/i Widi Merespon pertanyaan Saudara/i terkait info di cekbansos, dapat kami informasikan bahwa laman tersebut memunculkan sejumlah nama di wilayah desa/kelurahan sesuai yang diminta. Sehingga pastikan untuk mengetikkan nama lengkap Saudara/i. Sedangkan terkait status kepesertaan PKH, perlu kami informasikan bahwa : 1) Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program reguler Kementerian sosial yang memiliki kegiatan rutin. Keikutsertaan KPM dalam kegiatan tersebut merupakan syarat pencairan bantuan. Setiap KPM tergabung dalam kelompok yang tiap kelompoknya didampingi oleh seorang petugas pendamping PKH. Sehingga jika Saudara/i atau keluarga Saudara/i merupakan KPM PKH aktif, maka seharusnya info bantuan telah disosialisasikan oleh pendamping kelompoknya. 2)… Read more »

Eko

Selamat sore,saya ingin menanyakan status bansos saya.saya sudah tidak mendapatkan bantuan bpnt sejak bulan april 2021 sampai saat ini.sebelumnya bulan januari saya mendapatkan undangan verivikasi pkh tetapi sampai saat ini juga belum ada kabar,sementara yg lain sudah mendapat.saya ada komponen 1 smp dan 2 Balita.sebelumnya dith 2016 saya juga melakukan verivikasi pkh dan dinyatakan tidak lolos.sudah saya tanyakan ke pendamping dan memberikan jawaban untuk menunggu.setiap saya cek bansos nama saya tidak terdaftar sbg pm.kks a/n eko firyanto tetapi diktp eko feryanto.terimakasih atas jawaban yg diberikan

nat

Selamat siang Saudara Eko Merespon pertanyaan Saudara terkait Sembako dan PKH, perlu kami sampaikan bahwa meskipun sama-sama merupakan program bantuan sosial yang berasal dari Kementerian Sosial RI, Sembako dan PKH merupakan program yang berbeda yang memiliki kebijakan, pedoman dan kriteria penyaluran masing-masing. Seiring dengan hasil evaluasi pelaksanaan program-program bansos, serta dinamika aturan Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang mulanya diatur dalam Permensos No 5 tahun 2019 yang kemudian mengalami perubahan melalui Permensos No 11 Tahun 2019 dan terakhir yang berlaku saat ini adalah Permensos No 3 Tahun 2021 sedikit banyak berakibat pada dinamika data penerima bantuan sosial. Sehingga dampaknya… Read more »

umu isti chomah

Assalamualaikum,
Kenapa kami tidak mendapatkan bantuan program pemerintah?
Dari hamil sampe lahiran, belom pernah mendapatkan bantuan program pemerintah.
mengingat hanya 1 orang yg bekerja,
dirumah ini ada lansia yg rutin hd dan meggunakan obat rutin,
Ada 1 bayi,
ada 1 balita.
Bahkan sudah 2x isolasi.

nat

Wa’alaikumussalam. Selamat sore Saudari Umu Merespon permasalahan Saudari, perlu kami sampaikan bahwa pengusulan seorang warga untuk mendapatkan bantuan pemerintah, khususnya bantuan dari Kementerian Sosial yang diperuntukkan bagi keluarga miskin dapat dilakukan oleh pemerintah tingkat desa/kelurahan setempat (sesuai KTP). Sehingga apabila Saudari merasa layak dan perlu mendapatkan bantuan, serta belum terdata di desa/kelurahan setempat (sesuai KTP), Saudari bisa mengajukan diri sebagai penerima bantuan (PKH/BST/Sembako) melalui kantor Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) yang ada di Dinas Sosial Kabupaten/Kota setempat (sesuai alamat KTP). Namun perlu kami sampaikan bahwa salah satu syarat dapat diusulkan sebagai penerima bantuan sosial, Saudari juga harus diusulkan oleh pemerintah… Read more »

Bernadheta Siska Rahayu Ningsih

Sy bernadheta usia 34th ibu rmh tangga anak 3 suami sy sopir travel tinggal di Bangunjiwo kasihan Bantul.kami berniat mengajukan bantuan dr pemerinta Krn kami sangat membutuhkan bantuan itu.tlg bs dikabulkan permohonan sy .sy bingung mau mengadu ke siapa.mohon sekali… trimakasih

nat

Selamat siang Saudari Siska Merespon apa yang Saudari sampaikan terkait bantuan pemerintah, apabila yang dimaksud adalah bantuan sosial dari Kementerian Sosial, maka dapat kami informasikan bahwa jika keluarga Saudari memang termasuk warga miskin di wilayah Saudari, dan merasa membutuhkan bantuan tersebut, Saudari dapat mengajukan diri sebagai keluarga penerima manfaat (KPM) dengan datang langsung ke Sekretariat Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) yang ada di kantor Dinas Sosial Kabupaten/Kota sesuai alamat KTP Saudari dengan membawa bukti identitas (KTP dan KK yang berlaku). Di sana petugas akan mengajukan beberapa pertanyaan untuk memastikan bahwa keluarga saudari sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh Kementerian Sosial… Read more »

1 22 23 24