SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI-HOTLINE BANSOS COVID-19-WA : 0812 2683 9099-Email: dissosdiy.bansoscovid19@jogjaprov.go.id

KUNJUNGAN KOMISI 8 DPR RI KE DIY

(Last Updated On: 11 November 2015)

Yogyakarta – Senin, 2 November 2015 di Gedung Pracimosono, Komplek Kepatihan, Yogyakarta anggota Komisi 8 DPR RI melakukan kunjungan ke D.I.Yogyakarta. Dihadirkan kepala-kepala instansi pemerintah daerah yang sesuai dengan lingkup bidang Agama, Sosial dan Pemberdayaan Perempuan meliputi Kementerian Agama, BPPM, BNPB, termasuk Dinas Sosial DIY

Sebelumnya di Gedung Wilis anggota dewan menyerahkan secara simbolis dana sebesar Rp 48.900.581.250,- untuk 28.849 Keluarga Sangat Miskin di DIY melalui Program Keluarga Harapan (PKH). Total bantuan tersebut telah disalurkan untuk tahap 1 pada bulan April dan tahap 2 pada bulan Juni 2015. Tahap 3 sudah terealisasi untuk Kabupaten Gunungkidul dan Kulonprogo Pada Bulan Oktober 2015, untuk 3 kabupaten lain direncanakan Bulan November 2015. Dan tahap 4 diberikan pada Bulan Desember 2015.

Dalam kesempatan baik itu Kepala Dinas Sosial DIY memaparkan beberapa hal terkait program-program yang berorientasi pada kesejahteraan di masyarakat DIY. Kepala Dinas Sosial DIY Drs. Untung Sukaryadi, MM menyampaikan program-program yang sedang difokuskan di DIY, serta gagasan atau rekomendasi kepada anggota DRP RI. Harapannya usulan yang disampaikan tersebut nantinya dapat direalisasikan pada waktu yang akan datang.

Beberapa hal yang disampaikan oleh Drs. Untung Sukaryadi, MM bahwa konsentrasi Dinas Sosial DIY dalam bidangnya antara lain masalah NAPZA, Lanjut Usia, Gelandangan dan Pengemis, pengentasan kemiskinan melalui PKH dan pemberdayaan Potensi Sumber Kesejahteran Sosial (PSKS). Diutarakan pula bahwa Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) agar dapat segera diatur dalam Keputusan Presiden, dalam rangka penanaman Wawasan Kebangsaan.

Program pengentasan kemiskinan di DIY melalui PKH, walaupun beberapa waktu lalu menjadi kontroversi ternyata merupakan program yang masih dibutuhkan, sehingga di DIY PKH masih terus berjalan. Dalam kesempatan yang singkat ini anggota DPR RI mengunjungi penerima bantuanPKH di Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman.

Para anggota dewan melihat kegiatan Familly Development Session / pertemuan peningkatan kapasitas keluarga (FDS) di Rumah Ibu Sri Suwarni, Kedung, Sembungan, Wukirsari, Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman salah seorang penerima bantuan PKH. Kecamatan Cangkringan terpilih menjadi tempat kunjungan anggota dewan karena terdapat potensi KUBE PKH dan PKH Kecamatan Cangkringan adalah PKH yang pertama kali sudah melaksanakan FDS. Dalam kesempatan itu peserta PKH dan Pendamping juga melakukan dialog secara langsung dengan anggota dewan. Dengan kunjungan ini peserta PKH secara khusus dan masyarakat secara menyampaikan bahwa pesan dan harapan masa depan dapat didengar serta dipenuhi oleh pemerintah.

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar