SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

Kulonprogo Tambah 1 Lagi Kampung Siaga Bencana (KSB)

(Last Updated On: 17 Mei 2016)

bim1Untuk mengefektifkan penanggulangan bencana di wilayah perbukitan Kulonprogo, selain sudah ada Desa Tangguh Bencana, saat ini setidaknya dua desa telah ditetapkan sebagai Kampung Siaga Bencana pada Tahun 2016. Setelah beberapa waktu lalu Desa Hargowilis Kokap diresmikan, kini Desa Pendoworejo Girimulyo menyusul ditetapkan sebagai Kampung Siaga Bencana.

Pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) di Pendoworejo tersebut dilakukan Dinas Sosial DIY bersama Dinas Sosial Kulonprogo, selama tiga hari, hingga Minggu (1/5/2016). Selain memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai penanggulangan bencana, pembentukan KSB juga diisi dengan simulasi. KSB dimaksudkan agar masyarakat dapat terlibat dalam penanggulangan dan pengurangan risiko bencana. Dengan mendasarkannya pada masyarakat setempat, diharapkan penanggulangan bencana akan lebih efektif dan cepat.

Kasi Bantuan Sosial Korban Bencana Dinsos DIY, Sigit Alifiyanto, mengatakan dengan adanya KSB tersebut, diharapkan respon terhadap bencana alam akan semakin cepat. Demikian juga penyaluran bantuan peralatan dan logistik lain akan sampai ke lokasi dalam waktu tidak lebih dari satu jam. Setelah Pendoworejo nanti menyusul Pagerharjo Samigaluh. KSB ini akan saling melengkapi dengan Desa Tangguh Bencana yang sudah ada.

0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar