SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

KUBE KURANGI ANGKA KEMISKINAN

(Last Updated On: 3 Juni 2014)

Program KUBE (Kelompok Usaha Bersama) adalah salah satu program unggulan Kementrian Sosial yang pelaksanaannya di daerah dilaksanakan oleh Dinas Sosial DIY. Diharapkan dengan pengembangan KUBE-KUBE fakir miskin ini secara perlahan akan berdampak terhadap pengurangan angka kemiskinan di DIY.

Pengembangan KUBE sebagai program penanggulangan kemiskinan mempunyai strategi mendorong PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial) supaya mampu berdaya secara sosial, ekonomi dan lingkungan.

Indikator keberdayaan sosial adalah PMKS mampu dan bisa bersosialisasi dengan masyarakat melalui forum KUBE. Selain itu para PMKS dapat mengembangkan kesejahteraan sosial dengan memupuk modal sosial berupa IKS (Iuran Kesejahteraan Sosial) dan UKS (Usaha Kesejahteraan Sosial).

Keberdayaan secara ekonomi adalah mendorong KUBE supaya bisa melakukan kegiatan ekonomi produktif sehingga mampu meningkatkan pendapatan keluarga (income generating capacity) dan secara simultan keluar dari belenggu kemiskinan.

Berdaya secara sosial dapat dilihat bagaimana KUBE mampu menata lingkungan sendiri (dari rumah layak dan sehat), dan lingkungan secara bersama-sama dengan anggota masyarakat lainnya.

Pemberdayaan masyarakat sebagai strategi kunci penanganan PMKS melalui KUBE oleh Dinas Sosial DIY tentu tidak bisa berjalan secara parsial dan sektoral. Namun lebih dari itu perlu ada kemampuan untuk menjaring  sinergitas antar instansi dan lembaga, baik pemerintah maupun lembaga non pemerintah seperti Perguruan Tinggi, LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) serta lembaga terkait lainnya termasuk didalamnya dunia usaha. Semoga.***

0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar