SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI-HOTLINE BANSOS COVID-19-WA : 0812 2683 9099-Email: dissosdiy.bansoscovid19@jogjaprov.go.id

KUBE BERKUMPULNYA ORANG MISKIN Untuk MANDIRI

(Last Updated On: 7 Juni 2014)

KUBE (Kelompok Usaha Bersama) merupakan program strategis yang dilakukan Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta untuk upaya penaggulangan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat miskin di DIY.

Program ini bertujuan untuk mengurangi angka kemiskinan di DIY. Program ini diluncurkan dengan pendekatan spesifik  melalui tahapan membangun kesadaran berkelompok untuk kemandirian masyarakat miskin, kebersamaan dan kesetiakawanan sosial, dan ekonomi produktif.  Dengan kata lain, KUBE adalah program yang dicanangkan dengan mengembangkan usaha yang mampu memberi  nilai tambah ekonomis dan kemandirian melalui insfrastruktur ekonomi sosial yang berkelanjutan.

Pendekatan pola kelompok KUBE menjadi menarik karena kegiatannya mendorong agar bagaimana masyarakat miskin mampu berdaya  secara mandiri dan bersama-sama dengan masyarakat lainnya.

Budaya khas masyarakat Indonesia yang mengedepankan kegotong-royongan justru menjadi pilar utama dalam pengembangan KUBE. Pola KUBE memberi ruang yang luas dalam hal budaya lokal masyarakat (local wisdom). Lebih jauh lagi, peran KUBE adalah mentransformasikan budaya lokal tersebut menjadi sarana dan sumberdaya dalam rangka mempercepat upaya penanggulangan kemiskinan.***

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar