SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

KONSELING INDIVIDU MAHASISWA KKN STIPSI JOGJA DENGAN KLIEN BPRSW YOGYAKARTA

(Last Updated On: 12 Maret 2021)


Mahasiswa KKN Sekolah Tinggi Psikologi Yogyakarta melaksanakan program kerja individu yaitu konseling individu terhadap klien BPRSW Yogyakarta. Konseling dilaksanakan pada saat jam keterampilan selesai atau pada waktu klien istirahat. Mahasiswa KKN Sekolah Tinggi Psikologi datang ke setiap wisma untuk mengenal lebih jauh, menjalin komunikasi, dan melakukan pendekatan kepada klien BPRSW Yogyakarta sebelum melakukan konseling.

Berbagai karakter klien di BPRSW Yogyakarta dihadapi oleh Mahasiswa KKN Sekolah Tinggi Psikologi Yogyakarta. Tidak memutus semangat para mahasiswa KKN, mereka mencoba menerobos itu semua dengan berbagai teknik dan trik yang sudah dipelajari.

Klien BPRSW memiliki antusiasme yang tinggi saat penawaran konseling diberikan oleh Mahasiswa KKN Sekolah Tinggi Psikologi Yogyakarta. Tidak sedikit klien BPRSW yang datang kepada Mahasiswa KKN untuk sekedar bercerita atau melakukan konseling.Mahasiswa KKN Sekolah Tinggi Psikologi Yogyakarta juga berusaha menjemput klien BPSRW untuk diajak bercerita dan melakukan konseling. Konseling dilakukan lebih dari satu kali hingga klien merasa lebih baik/lega.

 Mahasiswa KKN Sekolah Tinggi Psikologi Yogyakarta berusaha dengan sebaik mungkin dalam memberikan pelayanan konseling dan membantu rehabilitasi sosial klien BPRSW Yogyakarta, sesuai dengan kaidah Ilmu Psikologi yang sudah didapatkan di kampus untuk diterapkan.

Konseling dilaksanakan bertujuan untuk memberi fasilitas dan menimbulkan pertumbuhan kepribadian; Menolong pribadi-pribadi untuk mengubah pola-pola kehidupan yang menyebabkan mereka tidak berbahagia, dan menyediakan suasana persaudaraan dan kebijaksanaan bagi pribadi-pribadi yang sedang menghadapi kehilangan dan kekecewaan. membantu klien untuk merasa lebih baik/ nyaman. Konselor menetapkan tujuan untuk membantu kliennya memiliki kemampuan menolong diri sendiri, sehingga dapat menghadapi situasi hidup selanjutnya dengan lebih konstruktif. (Oates, 1974:9).

Berdasarkan hasil observasi, bahwa klien BPRSW membutuhkan wadah untuk bercerita, berbagi kisah hidup, dan perasaan yang sedang dirasakan. Maka dari hal tersebut konseling sangat penting bagi klien BPRSW Yogyakarta.

Harapan diadakannya konseling individu tersebut, adalah untuk membantu klien BPRSW Yogyakarta dalam rehabilitasi sosial, serta membantu klien untuk dapat menjadi lebih baik dari masa lalunya. Dapat menjadi bekal masa depan kelak ketika klien sudah turun ke lapangan dan berhadapan dengan masyarakat.

Besar harapan Balai dan juga Mahasiswa KKN Sekolah Tinggi Psikologi Yogyakarta, kelak klien yang sudah selesai belajar di BPRSW Yogyakarta akan menjadi pribadi wanita yang baik, tangguh, beretika, dan dapat menebarkan kebermanfaatan di lingkungan, masyarakat, Agama, Nusa, dan Bangsa.(*)

0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar