SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

KIPRAH LANSIA BALAI PSTW MELALUI JOKERS

(Last Updated On: 18 Mei 2021)

Adanya Covid 19 dari awal tahun 2020  berdampak terhadap kondisi PPKS Lansia di Balai PSTW. Sesuai dengan regulasi yg ada, Balai PSTW YOGYAKARTA membatasi kegiatan PPKS lansia yang membutuhkan interaksi langsung dengan masyarakat  dan keluarga. Bahkan beberapa kegiatan rutin seperti rekreasi, ditiadakan. Hal menimbulkan kejenuhan, stres, perasaan tidak diperhatikan keluarga. Dampaknya sering terjadi pertengkaran antar PPKS lansia.

Untuk mengatasi permasalah tersebut, Pekerja Sosial Balai PSTW YOGYAKARTA melakukan pengembangan model pelayanan. Terciptalah JOKERS.  JOKERS singkatan dari Pojok Kreatifitas dan Seni.  JOKERS adalah INOVASI yg dilakukan di Balai PSTW YOGYAKARTA dalam rangka memberdayakan PPKS Lansia Potensial agar dapat mengisi waktu luang dengan kegiatan sesuai dengan hobi dan kemampuannya.  Adapun kegiatan pada program JOKERS antara lain pertanian, budidaya Lele Cendol, pembuatan batik ecoprint, pembuatan hanger kawat, pembuatan sabun cuci piring, dan handwash. Program ini telah diujicobakan dari bulan Juni 2020.

Program JOKERS didanai dari kerajsama Balai PSTW YOGYAKARTA dengan beberapa instansi antara lain Dinas Pertanian Pangan, Kelautan dan Perikanan Bantul, Bank BPD DIY cabang Bantul, Warung Selera Tempoe Doeloe dan stakeholder yang peduli terhadap PPKS Lansia.

Produk program JOKERS telah dipasarkan. Hasil dari penjualannya sebagian dijadikan modal untuk pengembangan program, dan sebagian lainnya diberikan kepada PPKS Lansia yang mengikuti program ini. (WDA)

Audiensi Tim JOKERS Balai PSTW dengan Kepala Dinas Sosial DIY


0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar