SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

KEPALA DINAS SOSIAL DIY MEMIMPIN MUSYAWARAH PEMBENTUKAN FK TAGANA DIY MASA BHAKTI 2021-2024

(Last Updated On: 29 Juni 2021)
Dokumentasi oleh TAGANA

Jumat 25 Juni 2021 bertempat di tiga lokasi yaitu di Aula Barat, Aula Timur dan Halaman Parkir Dinas Sosial DIY, diselenggarakan Musyawarah Pembentukan Forum Koordinasi Taruna Siaga Bencana (FK Tagana) Daerah Istimewa Yogyakarta untuk masa bhakti 2021-2024. Endang Patmintarsih, SH, M.Si selaku Kepala Dinas Sosial DIY memimpin langsung tahapan kegiatan tersebut, yang meliputi :

  1. Laporan Pertanggungjawaban kepengurusan Tagana DIY masa bhakti 2018-2021.
  2. Pengenalan dan penyampaian komitmen para kandidat Ketua FK Tagana DIY Masa Bhakti 2021-2024, yang mana para kandidat merupakan hasil koordinasi Dinas Sosial Kabupaten/Kota dengan FK Tagana Kabupaten/Kota.
  3. Pemilihan Ketua FK Tagana DIY Masa Bhakti 2021-2024.
  4. Apel pelepasan pengurus FK Tagana DIY Masa Bhakti 2018-2024 untuk kembali ke FK Tagana Kabupaten/Kota masing-masing.

Di hadapan peserta musyawarah, Sigit Alifianto, SE, MM selaku Kepala Bidang Perlindungan Dan Jaminan Sosial Dinas Sosial DIY, menyampaikan dalam laporan penyelenggaraan, bahwa dengan berakhirnya kepengurusan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Daerah Istimewa Yogyakarta Masa Bhakti 2018-2021, dan telah dilaksanakannya Musyawarah Pembentukan FK Tagana tingkat Kabupaten/Kota, maka perlu segera diadakan musyawarah pembentukan FK Tagana tingkat DIY, sebagai wujud pengambilan keputusan tertinggi untuk keberlangsungan periodesasi kepengurusan.


Dokumentasi oleh TAGANA

Menurutnya lebih lanjut menerangkan bahwa, FK Tagana DIY yang selanjutnya disebut Forum Koordinasi Tingkat DIY adalah wadah kelembagaan tempat tukar informasi, pengalaman, serta koordinasi kegiatan antar anggota Tagana tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta. Musyawarah Pembentukan FK Tagana DIY bertujuan untuk :

  1. Penyerahan Laporan Pertanggungjawaban Kepengurusan FK Tagana DIY Masa Bhakti 2018-2021.
  2. Pemilihan Ketua FK Tagana DIY Masa Bhakti 2021-2024.

Untuk kelengkapan struktur pengurusnya, menjadi tugas ketua terpilih bersama tim pengisian, dengan pertimbangan dari Dinas Sosial DIY.

Disampaikan pula oleh Sigit, bahwa peserta musyawarah yang memiliki hak suara untuk memilih, terdiri dari :

  • 3 (tiga) orang unsur/pejabat dari Dinas Sosial DIY (Kepala Dinas Sosial, Kepala Bidang Linjamsos, Kepala Seksi PKBA-KBS);
  • 1 (satu) orang unsur/pejabat dari Dinas/Instansi Sosial masing–masing Kabupaten/Kota dengan membawa Surat Tugas dari Dinas/Instansi Sosial yang bersangkutan;
  • 1 (satu) orang unsur Pengurus FK Tagana Kabupaten/Kota yang baru terbentuk (2021-2024) atau yang mewakili, dengan membawa Surat Tugas dari Ketua FK Tagana Kabupaten/Kota.

Diamanat saat apel, Kepala Dinas Sosial DIY mengutarakan bahwa, setiap masa punya cerita, ada suka ada duka, ada pertemuan dan perpisahan, semua tidak ada yang abadi, termasuk sebuah amanah yang kita jalani, akan tiba waktunya kita pertanggungjawabkan. Oleh karenanya perlu kita pahami bersama bahwa periode kepengurusan diperlukan sebagai kontrol, batasan yang melindungi kita dan memberi ruang yang akan memudahkan kita dalam mempertanggungjawabkannya. Keterbukaan dan kejujuranlah yang akan menyelamatkan kita, dari selisih paham dan konflik batin yang mendera diri kita sendiri akibat bayangan dan jejak atas apa yang sudah kita perbuat.

Keberadaan pengurus FK Tagana DIY Masa Bhakti 2018-2021 telah mewarnai penanganan dalam penanggulangan bencana di wilayah Yogyakarta. Kebersamaan didalamnya tersirat dari keberhasilannya memberikan dedikasi, sikap loyal dan komitmen dalam kemanusiaan. Pengembangan kegiatan merupakan suatu kebutuhan. Inilah momentum untuk menggairahkan dan menghidupkan semangat. Melalui tindakan nyata, melayani masyarakat dan mrantasi menyelesaikan tugas dengan berbagai kondisi dan situasi yang dihadapi. imbuhnya

Kepala Dinas Sosial DIY, di akhir amanatnya, menyampaikan terima kasih kepada Kepala Dinas Sosial Kabupaten/Kota, Ketua FK Tagana Kabupaten/Kota atas teladan baik, dan kerjasama selama ini, dalam mengharumkan nama Tagana. Dan juga kepada mas Budiman Setya Nugraha, Mas Murdiyono beserta jajaran, yang sudah mendarma bhaktikan jiwa raga dengan merawat kekerabatan dan nilai kearifan lokal
sehingga kiprah Tagana mampu membangkitkan masyarakat sadar bencana. Kepada seluruh anggota pengurus FK Tagana DIY Masa Bhakti 2018-2021, kami sampaikan hormat dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dedikasi, loyalitas dan komitmennya terhadap nilai-nilai kemanusiaan. Terima kasih atas senergitas semua pihak, untuk memajukan Tagana.

Kemudian secara khusus beliau langsung mengumumkan hasil musyawarah para pemilik suara yang telah memilih Miskijo sebagai Ketua FK Tagana DIY Masa Bhakti 2021-2024, yang sontak disambut tepuk tangan oleh peserta apel.

====================
AC

5 1 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar