Rabu, 13 Desember 2017

-motto: MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI-*    -JOGJA ISTIMEWA-*    -SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-*    -motto: MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI-*    -SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-*    -JOGJA ISTIMEWA-*

Kelompok Usaha Bersama (KUBE): Berkumpulnya Orang Miskin untuk Mandiri

Ditulis oleh dalam Artikel pada hari Jum'at, 03 Juli 2015 pukul 5:52:06 dan ada komentar

KUBE adalah salah satu program strategis yang dilakukan Dinas Sosial D.l. Yogyakarta untuk upaya penanggulangan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat miskin di DlY. Program ini bertujuan untuk mengurangi angka kemiskinan di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan pendekatan spesifik melalui tahapan membangun kesadaran berkelompok untuk kemandirian masyarakat miskin, kebersamaan dan kesetiakawanan sosial, ekonomi produktif dengan mengembangkan usaha yang mampu memberi nilai tambah ekonomis dan kemandirian melalui infrastruktur ekonomi-sosial yang berkelanjutan.

Pendekatan pola kelompok KUBE dimana justru mendorong bagaimana masyarakat miskin mampu berdaya secara mandiri dan bersama-sama dengan masyarakat miskin lainnya. Budaya khas masyarakat Indonesia yang mengedepankan kegotong royongan, justru menjadi pilar utama dalam pengembangan KUBE ini. Pola KUBE justru memberi ruang yang luas dalam hal budaya lokal masyarakat (local wisdom). Peran KUBE adalah menstrasformasikan budaya Iokal tersebut menjadi sarana dan sumberdaya dalam rangka mempercepat upaya penanggulangan kemiskinan.
Lembaga Keuangan Mikro KUBE (LKM KUBE), memandirikan KUBE. Lembaga Keuangan Mikro KUBE (LKM KUBE) adalah institusi keuangan yang berfungsi sebagai lembaga perantara (intermediasi) keuangan, yang mempertemukan antara unit surplus (penyimpan) dan unit minus (peminjam), sehingga terjadi keseimbangan.
TAHAPAN PROGRAM KEGIATAN
TAHAP PERSIAPAN
– Orientasi Dan Observasi.
– Registrasi Dan ldentifikasi.
– Perencanaan Program Pelaksanaan.
– Penyuluhan Sosial Umum,
– Bimbingan Pengenalan Masalah.
– Bimbingan Motivasi dan
– Evaluasi Persiapan

TAHAP PELAKSANAAN
– Seleksi Calon Keluarga Binaan Sosia! (kbs)
– Pembentukan Pra Kelompok Dan Kelompok;
– Pemilihan/penentuan Jenis Usaha Peralihan
– Peralihan Ketrampilan Anggota Kube,
– Pemberian Bantuan Makanan Atau Santunan
– Bantuan Stimulan Permodalan,
– Pendampingan Dan Evaluasi
TAHAP PENGEMBANGAN USAHA :
– Bimbingan pengembangan usaha
– Pemberian bantuan pengembangan usaha
– Pendampingan dan evaluasi
TAHAP KEMITRAAN USAHA
– lnventarisasi sumber-sumber yang ada
– Membuat kesepakatan-kesepakatan
– Pelaksanaan kemitraan usaha
– Bimbingan kemitraan usaha
– Perluasan jaringan kemitraan usaha
– Evaluasi

TAHAP MONITORING DAN EVALUASI
– Pengendalian dan monitoring proses pelaksanaan yang sedang berjalan
– Evaluasi terhadap keberhasilan yang sudah dicapai

Peran startegis LKM KUBE sebagai lembaga perantara keuangan dengan menjembatani masyarakat miskin melakukan transaksi keuangan (simpan-pinjam), diharapkan mampu mendorong percepatan dan kemudahan akses layanan keuangan kepada masyarakat miskin dalam KUBE dan masyarakat miskin bukan anggota KUBE. Harapannya dengan dikembangkan LKM KUBE berada dekat di wilayah KUBE adalah mendekatkan akses KUBE kepada LKM KUBE, mempermudah layanan dan mendidik KUBE supaya terbiasa berhubungan dengan lembaga keuangan, sehingga apabila suatu saat usaha mereka berkembang dan membutuhkan layanan kepada perbankan mereka sudah terbiasa. Dalam jangka pendek dan jangka panjang berdampak langsung dengan peningkatan pendapatan (income generating capacity) dan pengurangan angka kemiskinan. LKM KUBE yang merupakan kelembagaan keuangan milik KUBE memiliki sifat:
– Mandiri. LKM KUBE berdiri dan berkembang dengankemandirian. Pada tahap penumbuhan LKM KUBE harus ada keswadayaan modal dari KUBE dan orang kaya di desa (aghniya) yang peduli dengan permasalahan kemiskinan.
Pada tahap operasional dan kegiatan usaha LKM KUBE mendorong budaya menabung di masyarakat dan tidak berharap dari bantuan dari pihak manapun.
 Dari, Oleh dan Untuk Masyarakat (DOUM) LKM KUBE merupakan lembaga yang ditumbuhkan oleh KUBE, untuk KUBE dan KUBE dan masyarakat miskin lainnya di sekitar LKM KUBE.
 Memberdayakan LKM KUBE tumbuh dan berkembang dalam rangka memberi layanan keuangan (simpan-pinjam) kepada KUBE dan masyarakat miskin lainnya. Selain itu LKM KUBE juga memberi pendampingan dalam kegiatan KUBE dan usaha anggota, sehingga akan mampu meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dan produktivitas usaha
 Berkelanjutan, LKM KUBE ditumbuh dan dikembangkan tidak hanya pada saat program saja, tetapi terus akan melakukan kegiatan usaha dan pemberdayaan kepada KUBE dan masyarakat miskin secara terus menerus, tidak kenal lelah dan penuh dengan dedikasi professional (istiqomah). (*)

Pencarian dari mesin pencari: kelompok usaha bersama, KUBE adalah, permasalahan kube, program kube kemensos 2016, pengertian kelompok usaha bersama, pengertian kube, macam jenis makanan kube, Tinjauan program kube, sejarah kube, program kube di yogyakarta.

Ada komentar untuk Kelompok Usaha Bersama (KUBE): Berkumpulnya Orang Miskin untuk Mandiri