SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

PENINGKATAN KAPASITAS TENAGA PELOPOR PERDAMAIAN (TPP)

(Last Updated On: 16 November 2018)

Untuk menjadi baik, butuh proses itulah salah satu kalimat yang mengemuka saat diskusi di penghujung malam terakhir rangkaian Kegiatan Peningkatan Kapasitas Tenaga Pelopor Perdamaian (TPP), Minggu 16 September 2018 pukul 00.45 WIB. Diskusi yang bertema “Ijinkan aku mengenalmu lebih dekat”, di ikuti para peserta pelatihan peningkatan kapasitas taktis (Shelter, Dapur Umum Lapangan, Psikososial) bagi anggota TPP DIY. Pelaksanaan Pelatihan Peningkatan Kapasitas bagi anggota Tenaga Pelopor Perdamaian, merupakan inisiasi Dinas Sosial DIY untuk memberikan bekal kepada TPP terhadap pelayanan pengungsian bagi masyarakat terdampak korban bencana alam dan sosial.

“Hal yang harus diketahui dan dikuasai oleh setiap anggota TPP nantinya mampu bersinergi dan mempunyai ketrampilan taktis tentang mendirikan tenda sebagai hunian sementara di pengungsian, mendirikan Dapur Umum Lapangan, dan melaksanakan pendampingan psikososial bagi penyintas (korban), selain dari tugas pokok dan fungsinya dalam penanganan konflik sosial. Karena bukan tidak mungkin, semua Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) di Dinas Sosial DIY akan dikerahkan, termasuk Pelopor Perdamaian bilamana terjadi pengungsian yang besar, meskipun di Dinas Sosial DIY sudah ada TAGANA sebagai gugus depan penanggulangan bencana di klaster Pengungsian dan Perlindungan Sosial, serta Klaster Logistik” demikian menurut penuturan Plt. Kabid Banjamsos Dinas Sosial DIY (Bapak Sigit Alifianto SE. MM) di dalam sambutannya saat upacara pembukaan  Jumat 14 September 2018 pukul 19.00 WIB, yang kemudian di lanjutkan dengan materi pembinaan tentang VISI MISI Gubernur DIY tahun 2017-2022, tentang Pembagian tugas dalam Klaster Nasional Bidang Penanggulangan Bencana, dan Sosialisasi Peraturan Menteri Sosial RI Nomor 26 Tahun 2017 tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Konflik Sosial di Bidang Sosial.

Pelatihan Peningkatan Kapasitas diadakan di Komplek Balai Rehabilitasi Sosial Bina Karya dan Laras (BRSBKL) Purwomartani Kalasan Sleman, mulai tanggal 14 – 16 September 2018. Di ikuti oleh 20 peserta dan sebagai pemateri dari Personel TAGANA DIY, meliputi tentang materi Assesment, Sistem Komando Tanggap Darurat, Shelter (hunian sementara), Dapur Umum Lapangan, Pendampingan Psikososial dan Advokasi Sosial. Kemudian diadakan simulasi table top tentang manajemen pengungsian.

 

Maksud dan tujuan peningkatan kapasitas ini yaitu sebagai upaya dukungan pemberdayaan personal bagi anggota Pelopor Perdamaian serta menguatkan aspek sinergitas dalam pelaksanaan tugasnya. Dengan metode pembelajaran di dalam maupun diluar kelas.

Secara resmi kegiatan ini, di tutup oleh Plt. Kabid Banjamsos Dinas Sosial DIY, hari Minggu, 16 September 2018 pukul 10.30 WIB

0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar