SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

KECAMATAN PENGEMBANGAN PKH DIY 2014

(Last Updated On: 27 Oktober 2014)

Program Keluarga Harapan (PKH) di Daerah Istimewa Yogyakarta mendapat program pengembangan kecamatan tahun 2014. Sebanyak 5 (lima) Kecamatan di Kota Yogyakarta terpilih menjadi Kecamatan Pengembangan PKH tahun 2014. Kecamatan tersebut adalah Ngampilan, Kraton, Gondokusuman, Gondomanan dan Jetis. Masing-masing pendamping kecamatan pengembangan tersebut memulai kegiatan Distribusi Surat Undangan Pertemuan Awal (SUPA) ke Keluarga Sangat Miskin (KSM), pertemuan awal, validasi, entry data mulai Rabu, 8 s.d. Jum’at, 17 Oktober 2014.

ngamp
Validasi PKH adalah Kegiatan klarifikasi dan pemutakhiran data PPLS 2011 dengan kondisi  calon peserta PKH sebenarnya. Validasi bertujuan untuk mendapatkan kondisi terkini dari calon peserta PKH yang hadir pertemuan awal. Pertemuan awal adalah pertemuan terbuka yang dilakukan pendamping dengan calon peserta PKH, proses tersebut bertujuan mensosialisasikan PKH kepada masyarakat. Target pertemuan awal adalah RTSM Calon peserta PKH, Perangkat desa/Kelurahan dan atau Kecamatan.

Rangkaian pertemuan awal dan validasi yang pelaksanaannya dibantu oleh pendamping kecamatan PKH lama diberikan perhatian penuh dari Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi  Kota Yogyakarta sekaligus monitoring langsung dari Dinas Sosial DIY.

Bagi calon peserta PKH yang tidak hadir maka menjadi tugas pendamping melakukan home visit atau kunjungan ke rumah calon peserta PKH untuk bertemu dan memperoleh informasi detail kondisi KSM terkini. Seluruh pekerjaan hingga final closing data terbaru siap dikirim ke pusat sesuai jadwal pada 20 Oktober 2014.

Menurut Koordinator Wilayah PKH DIY rencana penyaluran direncanakan akhir November 2014. Sehingga walau tahapan pekerjaan dilaksanakan dalam waktu singkat tetapi seluruh proses terselesaikan sesuai jadwal.

0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar