SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI-HOTLINE BANSOS COVID-19-WA : 0812 2683 9099-Email: dissosdiy.bansoscovid19@jogjaprov.go.id

KEBIJAKAN DAN PROGRAM PEMBERDAYAAN WAHANA KESEJAHTERAAN SOSIAL BERBASIS MASYARAKAT (WKSBM)

(Last Updated On: 3 Juli 2015)

POLA OPERASIONAL PEMBERDAYAAN SOSIAL WKSBM

Kesejahteraan sosial tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, tetapi juga dilakukan oleh masyarakat antara lain berbagai perkumpulan, kelompok, Iembaga maupun pranata sosial di tingkat lokal. Disadari sepenuhnya, bahwa upaya yang telah dilakukan oleh perkumpulan, kelompok, Iembaga maupun pranata sosial yang berbasiskan masyarakat pada akar rumput tersebut masih memiliki kelemahan, baik sarana, prasarana, maupun kegiatannya.

Menyadari hal yang demikian, maka perlu adanya suatu media atau wahana kesejahteraan sosial berbasis masyarakat yang dapat mempertemukan atau menjembatani jalinan kerja sama sinergis untuk saling bertukar informasi dan pengalaman dibidang kesejahteraan sosial antar kelompok masyarakat pada akar rumput.

PENGERTIAN

Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat (WKSBM) adalah alat, wadah, saran maupun media yang digunakan oleh masyarakat untuk melaksanakan usaha kesejahteraan social secara berkelanjut. Wahana ini berupa jaringan kerja kelembagaan sosial komunitas lokal baik yang tumbuh melalui proses alamiah dan tradisional maupun Iembaga yang sengaja dibentuk untuk mensinergikan pelaksanaan tugas dibidang usaha kesejahteraan sosiai seperti kelompok arisan, kelompok usaha bersama, lumbung desa dan nilai budaya lokal.

 TUJUAN

  1. Meningkatnya kepekaan, kepedulian dan kesetiakawanan sosial.
  2. Meningkatnya peran aktif masyarakat dibidang kesejahteraan sosial.
  3. Terciptanya pelembagaan kesejahteraan sosial oleh kelompok masyarakat secara berkelanjutan di tingkat lokal.

 

 

 

(bersambung)

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar