SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

KARTINI “PKH” SEDAYU

(Last Updated On: 16 November 2018)

Yogyakarta (02/05/2017). Puncak acara peringatan Hari Kartini prakarsa pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Kecamatan Sedayu dipusatkan di Lapangan Desa Argorejo, hari Kamis tanggal 27 April 2017. Peringatan Hari Kartini tahun ini mengambil tema “Menggali Potensi Bersama Menuju Sejahtera”.

Informasi dari pendamping PKH Kecamatan Sedayu Sugiyarti, S.Si yang lebih akrab dipanggil dengan sebutan mbak Ugik menyampaikan bahwa tujuan peringatan Hari Kartini tahun 2017 adalah peserta PKH memahami makna dari Peringatan Hari Kartini; menjadi salah satu apresiasi dan kreativitas pengurus peserta PKH; mengakrabkan tali persaudaraan, rasa kebersamaan, kekompakan dan kekeluargaan terhadap sesama peserta PKH; meningkatkan rasa nasionalisme dan menggali potensi keterampilan yang dimiliki para peserta PKH.

Masih menurut Ugik, acara di lapangan Argorejo ini adalah puncak acaranya. Sebelumnya telah didahului dengan berbagai kegiatan lain seperti lomba Mars PKH, Lomba kreasi daur ulang, barang bekas atau barang tidak terpakai, lomba kreasi tumpeng, senam dan pemeriksaan kesehatan. Lomba-lomba tersebut tentu saja melahirkan para juara. Semua rangkaian kegiatan tidak cukup sehari tetapi secara maraton dilaksanakan sejak tanggal 20 sampai dengan 27 Maret 2017 yang puncak acaranya dilaksanakan di lapangan Desa Argorejo.

 

 

Ugik juga mengatakan bahwa rangkaian kegiatan ini menghabiskan dana sebesar dua belas juta rupiah lebih yang ditanggung oleh berbagai pihak termasuk sponsor. Bahkan sponsor memberikan anggaran lebih dari 90%. Sebuah kepercayaan sponsor yang besar terhadap pendamping PKH.

Kepala Dinas Sosial DIY yang diwakili oleh Kepala Seksi KTK, PM dan Jamsos Budhi Wibowo, A.KS, M.Si dalam sambutan puncak acara tersebut menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas ide, kreativitas dan kerja pendamping PKH Kecamatan Sedayu. Sambutan disampaikan menyambung sambutan yang disampaikan oleh Camat Sedayu dan Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bantul yang diwakili Kepala Seksi Perlindungan dan Jaminan Sosial, Rahayu Martiningtyas, SH.

Acara resmi berakhir dilanjutkan peninjauan tempat pameran hasil karya KPM PKH dari barang bekas yang disulap menjadi hiasan bermanfaat. Demikian pula produk lain seperti olahan pangan dan sebagainya yang dijajakan dengan murah meriah dalam bazar.

Ini adalah karya nyata tim pendamping PKH Kecamatan Sedayu yang berkolaborasi dengan KPM PKH. Sebuah upaya menepati adagium pekerjaan sosial yang mengutamakan pelayanan yang bekerja dengan klien, bukan bekerja untuk klien. Selamat untuk PKH Kecamatan Sedayu. (wieb’2017).

0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar