SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI-HOTLINE BANSOS COVID-19-WA : 0812 2683 9099-Email: dissosdiy.bansoscovid19@jogjaprov.go.id

Kadinsos DIY: WKSBM Perlu Dikembangkan

(Last Updated On: 5 Januari 2013)

Yogyakarta – WKSBM yang merupakan sistem jaringan antar Keperangkatan Pelayanan Sosial (KPS) dalam masyarakat tingkat akar rumput dalam upaya pelayanan kesejahteraan sosial bagi PMKS setempat dapat dikatakan sebagai salah satu investasi sosial yang sangat berharga, sehingga perlu sekali untuk dikembangkan dan dilestarikan. WKSBM yang telah masuk klasifikasi mandiri nantinya akan ditingkatkan menjadi Puskesos, yakni pusat aksi pelayanan sosial bersama secara sinergis dan terpadu antar unsur WKSBM di tingkat desa/kelurahan.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Sosial Provinsi DIY, Drs. Sulistiyo, SH, CN, M.Si dalam sambutan pengarahan pada acara Bimbingan Teknis Puskesos Provinsi DIY yang diselenggarakan Direktorat Pemberdayaan Kelembagaan Sosial Masyarakat Depsos RI, Senin (28/12), di Wisma Melati, Jl. Pakelbaru Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti sebanyak 30 orang peserta, berasal dari para pengelola dan pendamping WKSBM di 5 Kabupaten/Kota se DIY serta dari Dinas Sosial Provinsi DIY.

Menurut Kepala Dinas yang sekaligus sebagai narasumber pada acara tersebut, dalam mengatasi permasalahan sosial diperlukan adanya koordinasi dan sinergi bersama baik dari unsur pemerintah, masyarakat, maupun dunia usaha.

Pada saat ini, menurut Kepala Dinas, telah ada 2 Puskesos di Provinsi DIY, yaitu Puskesos Sorosutan Umbulharja Yogyakarta yang berdiri pada 2008 dan Puskesos Merdikorejo Tempel Sleman yang terbentuk pada 2009. Sedangkan pada 2010 yang akan datang direncanakan akan difasilitasi berdirinya dua Puskesos baru lagi.

Sementara itu, narasumber dari Depsos RI, Siwi Sanggari, SIP, MSi yang juga sebagai Kasi Monev Subdit WKSBM Direktorat PKSM Depsos RI memberikan apresiasi yang tinggi kepada segenap peserta bimtek yang selama ini telah berpartisipasi aktif dalam upaya pengentasan dan pemberdayaan PMKS di lingkungannya melalui WKSBM-ya masing-masing.

Ada beberapa langkah yang bisa ditempuh bagi segenap pengelola WKSBM maupun Puskesos dalam rangka mencapai tujuan, antara lain: (1) Membangun kesepakatan dan membuat program/kegiatan bersama; (2) Melakukan pemutakhiran data PMKS dan sumber-sumber maupun potensi yang ada yang bisa dimobilisasi; (3) Melakukan kajian/pendalaman sebelum menentukan prioritas; dan (4) Melaksanakan program/kegiatan sebagai tindak lanjut. (Spt).

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar