SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

Hasil Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Dinas Sosial DIY

(Last Updated On: 2 October 2020)

Dinas Sosial DIY melakukan Survei Kepuasan Masyarakat sesuai Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 32 Tahun 2019 tentang Pedoman Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat. Adapun  Tujuan Indeks / Survei Kepuasan Masyarakat adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan. SKM dapat digunakan  bahan  penetapan  kebijakan  yang  perlu  diambil  dan  upaya  tindak  lanjut  yang  perlu  dilakukan  atas  hasil  Survei Kepuasan Masyarakat serta mendorong dan memotivasi unit pelayanan agar selalu menjaga dan meningkatkan fungsi dan kinerja pelayanan.

Survei ini dilakukan pada 11 jenis layanan yang ada di Dinas Sosial DIY yaitu:

  1. Layanan Ijin Penelitian dan PKL
  2. Layanan Permohonan Informasi Publik
  3. Layanan Pengaduan
  4. Layanan Ziarah di TMPN Kusumanegara
  5. Layanan Pemakaman di TMPN Kusumanegara
  6. Layanan Standar Pelayanan Pengangkatan Anak
  7. Layanan Rehabilitasi Sosial Bagi Eks Penyandang Penyakit Sosial Penanganan Gepeng melalui RPS (Camp Assesment)
  8. Layanan Rehabilitasi Sosial Bagi Eks Penyandang Penyakit Sosial melalui Shelter ODHA
  9. Layanan Bantuan Biaya Pemakaman Jenazah Terlantar
  10. Layanan Bantuan Biaya Visum Jenazah Terlantar
  11. Layanan Bantuan Biaya Transportasi Pemulangan Orang Terlantar Kehabisan Bekal

Indikator yang diukur dalam survei ini  diantaranyan adalah: Persyaratan, Prosedur Waktu Pelayanan, Biaya/Tarif, Produk Layanan, Kompetensi Pelaksana, Perilaku Pelaksana, Sarana dan Prasarana dan  dan yang terakir Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukan.

Berdasarkan survei tersebut Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan Dinsos DIY sebesar 84,27 termasuk dalam kategori kinerja B (Baik). 

Sesuai Pergub DIY Nomor 32 Tahun 2019  kategori  nilai Mutu Pelayanan sebagai berikut: A (Sangat Baik) : 88,31 – 100, B (Baik) : 76,61 – 88,30 C (Kurang Baik) : 65,00 – 76,60, D (Tidak Baik) : 25,00 – 64,99

Semoga kedepan dapat meningkat lebih baik. (*)

79830cookie-checkHasil Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Dinas Sosial DIY

Tentang penulis

Pekerja Sosial di BRSPA DIY merangkap admin website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jawab dulu 48 − 41 =