SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI

GIAT PAGI RINAI HUMANIS DI BPSTW

(Last Updated On: 10 September 2021)

Senin pagi, 15 Maret 2021, ada hal yang menarik di Balai Pelayanan Sosial Tresna Werdha (BPSTW) Yogyakarta. Tampak beberapa klien didudukkan di luar ruangan setelah dimandikan oleh petugas. Mereka sedang mendapatkan layanan terapi SPA dengan menggunakan baby oil agar kulit menjadi lembab. Hal ini dilakukan untuk mencegah resiko terhadap iritasi kulit. Selanjutnya klien dikondisikan untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi. Saat itulah mereka diberikan kesempatan untuk berinteraksi sosial secara aktif.

Dalam kesempatan tersebut para klien dapat saling bercerita sesuai kemampuanya walau terkadang tidak nyambung. Bagi klien, ini adalah saat-saat yang paling ditunggu setiap harinya. Rangkaian kegiatan pagi ini sangat berdampak terhadap kebahagian klien, kesehatan fisik klien dan kondisi lingkungan klien di ruangan isolasi. Kegiatan pagi hari diakhiri dengan memberikan snack pagi yang dinikmati bersama-sama.

Serangkaian kegiatan di atas merupakan salah satu bentuk ujicoba program Ruang Isolasi Nyaman Aman Indah dan Humanis (RINAI HUMANIS) yang sedang dikembangkan di BPSTW. Program ini bertujuan untuk mengupayakan pelayanan dan pendampingan untuk klien kategori Non Potensial, di mana semua kebutuhan harian dasar atau activity daily living (ADL) dibantu oleh petugas. Adapun kapasitas ruang isolasi di unit Budi Luhur Kasongan 13 orang lansia, sementara unit Abiyoso sebanyak 20 orang klien.

Di BPSTW, kegiatan-kegiatan rutin klien seperti RINAI HUMANIS, Bimbingan Sosial Konseling dan Pendampingan Spiritual baik secara induvidu maupun kelompok telah terjadwalkan. Dengan demikian Tim Penggiat Cinta Lansia dan RINAI HUMANIS dapat melaksanakan kegiatan sesuai rencana, dan setiap klien akan mendapatkan jadwal kegiatan sesuai kondisinya. (ttn)

0 0 votes
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar