SEMUA BENTUK PELAYANAN DI DINAS SOSIAL DIY TIDAK DIPUNGUT BIAYA-MEMBANTU MASYARAKAT ADALAH KEPUASAN KAMI-HOTLINE BANSOS COVID-19-WA : 0812 2683 9099-Email: dissosdiy.bansoscovid19@jogjaprov.go.id

EDUKASI PENGASUHAN ANAK UNTUK PELAYANAN BALAI RSPA YANG LEBIH BAIK

(Last Updated On: 16 Maret 2020)

Balai Rehabilitasi Sosial dan Pengasuhan Anak sebagai Unit Pelayanan Teknis Dinas Sosial DIY terus meningkatkan pelayanan kepada anak asuh dengan berbagai cara. Salah satunya, yang baru-baru ini dilaksanakan di Balai RSPA adalah Kegiatan Edukasi tentang pengasuhan anak kepada para pengasuh (pramu sosial) Balai. Kegiatan dilaksanakan dalam dua sesi kegiatan yaitu pada hari Kamis, 12 Maret 2020 dan hari Jumat, 13 Maret 2020. Edukasi diikuti tidak hanya oleh pramu sosial namun juga para staff Seksi Perlindungan dan Pengembangan Sosial, pekerja sosial bahkan Kepala Balai RSPA juga turut hadir dalam acara ini karena pada prinsipnya pendidikan kepengasuhan merupakan pendidikan yang berlangsung seumur hidup.

Kegiatan dipandu oleh Psikolog Yogi Kusprayogi, S.Psi., M.Psi., Psikologdan Ika Aprilistari, S.Psi., M.Psi., Psikolog dengan materi perkembangan kognitif, psikoseksual dan psikososial anak. Materi terkait dengan pengasuhan untuk beberapa fase pertumbuhan anak, diantaranya; tahap usia 0-18 bulan, tahap usia 18 bulan – 3 tahun, tahap usia 3-6 tahun, tahap usia 6-12 tahun, tahap usia 12 tahun ke atas. 

Kegiatan didominasi dengan diskusi tentang materi tersebut. Materi yang disampaikan oleh para psikolog, dikaitkan dengan kasus yang dialami dalam pengasuhan di Balai sehari-hari. Diskusi berlangsung dengan cukup seru karena beberapa teori tentang pengasuhan disandingkan dengan pengalaman yang ditemui sehari-hari, terutama dengan kondisi terbatasnya pengasuh jika dibandingkan dengan anak yang harus diasuh.

Edukasi yang dikemas dengan cukup santai membuat para pengasuh mampu menyampaikan permasalahannya tanpa merasa sungkan. Pengetahuan tentang apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan dalam pengasuhan sehari-hari. Pada akhirnya, solusi-solusi dicari dan disepakati setelah adanya edukasi ini, yaitu bagaimana untuk tetap menjalankan pengasuhan yang ideal dengan kondisi yang dialami di lapangan.  Harapannya, semakin hari, pengasuhan yang dilaksanakan oleh Balai RSPA menjadi lebih baik dan lebih baik lagi.

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Diskusi
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar